10 Tips Memilih AC yang Awet dan Sesuai dengan Kebutuhan

Berbagai merk AC terbaik banyak dijual di pasaran dan setiap merk memiliki value masing masing dan harga yang berbeda-beda. Banyaknya pilihan sering kali membuat konsumen bingung pada saat memilihnya.

Apalagi konsumen tersebut baru pertama kali membeli AC, belum mempunyai pengalaman membeli ac sebelumnya. Apakah anda mempunyai keinginan membeli AC dalam waktu dekat?

Jika iya, tips dan cara memilih AC dari Dimasfan akan sangat membantu anda. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa panduan agar anda tidak salah waktu membeli AC. Langsung saja cek tips membeli AC berikut ini.

1. Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Jika anda ingin membeli AC baru untuk kamar tidur, ruang tamu, atau ruangan lainya? sebelum membeli AC anda perhitungkan dulu luas ruangan yang akan dipasani AC. Tips memilih AC yang tepat adalah menyesuaikan ukuran PK AC dengan luas ruangan yang akan ditempati.

Ukuran PK harus disesuaikan dengan luas ruangan agar suhu tetap dingin dari AC bisa menyebar secara merata. Ruangan yang memiliki ukuran 10 m2 kompatibel pada AC ½ PK, 14 m2 dengan AC ¾ PK, 18 m2 dengan AC 1 PK, 24 m2 dengan AC 1 ½ PK, dan 36 m2 dengan AC 2 PK.

Jika luas ruangan lebih dari 36 m2 maka Anda dapat mempertimbangkan kembali untuk membeli lebih dari satu buah AC untuk satu ruangan tersebut.

2. Pilih Jenis AC yang Sesuai dengan Kebutuhan

Taukah anda bahwa AC ternyata mempunyai jenis yang berbeda-beda. Setiap jenisnya mempunyai keunggulan masing-masing. AC yang biasa digunakan untuk ruangan yakni AC split. Sebelum AC Split ada dulu hadir AC Window yang pada saat ini sudah sangat langka kita temui di pasaran.

Untuk gedung kantor anda dapat memilih AC Split atau AC Cassette yang bisa di pasang di langit-langit ruangan. Sementara untuk pusat perbelanjaan contohnya seperti mall, apartement, hotel dapat menggunakan AC Central yang memiliki kompresor besar.

3. Pertimbangkan AC yang memiliki Daya Listrik Rendah (Hemat Listrik)

Berbagai perusahaan produsen AC banyak yang mempromosikan produknya yang memiliki keunggulan hemat energi listrik. Sebagai konsumen kita memang harus memilih AC yang hemat listik agar tagihan listrik tidak meledak.

Sebelum membeli AC jangan ragu untuk menanyakan apakah pemakaian daya litrik (Watt) tinggi atau tidak. Meskipun anda membeli AC yang hemat listrik hal tersebut tidak mempengaruhi AC dalam mendinginkan suatu ruangan.

Bahkan untuk kamar tidur anda bisa membeli AC yang hemat listrik lalu dikombinasikan dengan fitur auto yang bisa membuat AC mati dengan sendirinya ketika suhu ruangan sudah dingin. Dan akan kembali menyala secara otomatis pada saat suhu ruangan mulai panas.

4. Ketahuilah Fitur AC Apa Saja yang Benar-benar Anda Butuhkan

Cara memilih AC yang awet adalah memastikan bahwa fitur yang terdapat pada AC benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Percuma jika anda membeli AC ternyata fitur yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Jadi tips membeli AC untuk kamar tidur atau ruang tamu adalah cermati fitur yang ada pada AC dan pikirkan apakah anda benar-benar sudah membutuhkan AC untuk ruangan tersebut. Contohnya seperti Merk SHARP yang memperkenalkan fitur Plasmacluster yang bisa memurnikan udara, membersihkan alergen dan menghancurkan jamur di udara.

Penting atau tidaknya keunggulan ini tergantung dari setiap kebutuhan dari konsumen masing-masing. Jika ruangan anda sudah terdapat penjernih udara, maka fitur Plasmacluster ini memang tidak terlalu dibutuhkan.

5. Belilah AC dari Merk Ternama dan Terpercaya

Pada saat memasuki toko elektronik anda pasti akan bingung dengan banyaknya merk yang dipertunjukan disana sini. Namun jika anda sudah cocok memilih satu merk sebaiknya pilih tipe AC yang anda sudah rencanakan dari awal.

Tidak dapat dipungkiri bahwa merk memang menjamin kualitas dan keawetan AC. Jadi, usahakan untuk membeli AC dari merk yang sudah benar-benar ternama dan terpercaya. Di indonesia sendiri sudah banyak merk AC yang terbaik di jual di pasaran contohnya seperti Sharp, Samsung, Panasonic, dan LG.

6. Sesuaikan AC dengan Budget yang Anda Punya

Sebelum membeli AC sebaiknya anda menghitung berapa budget yang anda punya, apakah cukup untuk membeli AC yang anda inginkan? Jika dana yang anda punya belum cukup untuk membeli AC dengan merk yang anda inginkan, alangkah baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli AC lain yang lebih murah harganya.

Meskipun mencari AC yang murah, tapi jangan sampai anda tergiur dengan AC yang di jual dengan harga sangat murah. Kalau sampai anda tergiur sangat merugikan anda nantinya jika kualitas AC tersebut tidak sebagus yang anda inginkan.

Jadi lebih baik anda tunggu dulu sampai budget anda benar-benar cukup untuk membeli AC impian anda dengan kualitas yang benar-benar tidak diragukan lagi.

7. Tentukan Tipe AC mana yang Anda Inginkan?

Tips memilih AC yang awet selanjutnya kita beralih ke tipe AC. Anda mungkin ingin membeli AC low watt atau yang memiliki watt kecil. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa saat ini ada 2 tipe AC lain yang memang beredar di pasaran, yaknik tipe standart dan tipe inverter.

Pada dasarnya AC low watt merupakan jenis AC standart yang ukuran kompresinya dikurangi agar lebh hemat dalam penggunaan daya listrik.

Sedangkan AC inverter bekerja dengan sangat keras saat baru dinyalakan dan mengurangi kinerjanya agar lebih hemat listrik pada saat suhu rungan sudah dingin. Penggunaan AC lebih dari 6 jam sebaiknya menggunakan tipe AC inverter.

8. Pastikan Garansi AC Ada dan Jelas bukan Abal-Abal

Saat berada di dalam toko AC, anda tidak perlu ragu untuk bertanya-tanya tentang garansi AC yang akan dibeli. Setiap AC baru harus memberikan garansi resmi dari brand-nya. Jadi, jika ada kerusakan maka anda tidak perlu membayar biaya-biaya tambahan cukup menggunakan garansi tersebut.

Lama garansi AC dari setiap merk berbeda-beda. Pastikan anda membutuhkan garansi yang berapa lama sebelum membeli AC. Keuntungan atau value dari brand yang sudah ternama dan terpercaya adalah garansinya jelas dan pasti adanya.

9. Pilihlah Desain yang Sederhana, Agar Mudah di Bersihkan

Melihat banyaknya merk AC yang dipertunjukan di toko elektronik, anda pasti tau bahwa saat ini AC mempunyai desain yang berbeda beda dari satu brand. Untuk penggunaan pribadi sebaiknya pilih AC dengan desain sederhana agar mudah untuk membersihkanya.

Semakin banyak desain yang apik, maka semakin sulit juga AC tersebut dibersihkan. Pembersihan AC dapat dilakukan sendiri dengan melepas filter AC dan mencucinya sampai bersih.

10. Belilah AC di Toko yang Sudah Dipercaya Banyak Orang

Kelihatanya simple namun tips memilih AC yang awet dan tahan lama ada di no 10 ini. Anda harus membeli AC di toko yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan harga promo atau diskon.

Pastikan bahwa toko tersebut memang mempunyai banyak pelanggan dan kualitas barang yang terjamin apik. Untuk apa membeli AC murah jika dalam waktu beberapa bulan AC sudah bermasalah ini itu?

Membeli AC bekas juga merupakan sebuah solusi bagi anda yang ingin mendapatkan AC dengan harga yang lebih murah. Akan tetapi anda harus tau bahwa ada sejumlah resiko yang harus ada tanggung nantinya jika membeli AC bekas, seperti ac bermasalah, komponen yang tidak ori lagi dll.

Nah dengan adanya artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk anda tips memilih AC yang awet dan tahan lama. Jika ada masukan atau kritikan dari artikel ini anda bisa menulis komentar di kolom bawah ya. Terima kasih sudah berkunjung ke website ini jika anda perlu informasi tentang AC anda bisa Klik Disini.

Tinggalkan komentar