Contoh Usaha Dari Ternak Kambing Yang Sukses

Kambing – Pasti anda sudah tau tentang hewan kambing, yakni hewan yang mempunyai banyak sekali jenis dan berasal dari berbagai negara di dunia. Jumlah ternak kambing yang ada di indonesia tiap – tahunnya meningat baik jumlah kambing maupun harga jualnya.

Kambing yang hidup di negara beriklim tropis seperti negara indonesia ini terdapat berbagai macam jenisnya. Mengapa jenis kambing yang berada di indonesia beragam jenisnya? Karena ada juga kambing yang di kawin kan silang. Contohnya kambing luar negeri dengan kambing asli indonesia supaya menghasilkan jenis kambing yang baru dari perkawinan silang tersebut.

Jenis- Jenis Kambing di Indonesia

Berikut adalah jenis-jenis kambing yang berada di berbagai belahan dunia termsauk negara kita Indonesia :

1. Kambing Etawa

kambing etawa

Jenis kambing etawa ini sudah tersebar di seluruh penjuru pulau jawa terutama. Kambing ini mempunyai harga yang relatif murah dan ada juga yang mahal. Kambing Etawa ini berasal dari negara India di negara sana kambing ini bernama jamnapari.

Ciri – ciri dari kambing etawa ini adalah sebagai berikut : tinggi kambing etawa 100 s/d 127 cm, beratnya hingga 91 kg. Sedangkan untuk kambing betina tingginya sampai 92 cm dan beratnya mencapai 63 kg saja.

2. Kambing PE

kambing pe

Kambing ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang di lakukan kambing etawa dengan kambing lokal. Ukuran dari kambing PE ini tidak jauh berbeda dengan kambing etawa pada umumnya. Kambing jenis ini sangan cepat beradaptasi dengan iklim yang ada di negara Indonesa.

Kambing PE sendiri sudah tersebar di berbagai pelosok pulau jawa dan yang memiliki populitas paling banyak adalah daerah jawa timur. Ciri-ciri dari kambing PE ini adalah mempunyai warna bulu yang belang, telinganya sedikit panjang, mempunyai badan yang begitu besar.

3. Kambing Kacang

kambing kacang

Jenis kambing kacang ini merupakan jenis kambing yang mempunyai jumlah paling banyak di negara kita (Indonesia) karena kambing inilah yang pertama kali di budidayakan di indoneisa. Kambing ini mempunyai daging yang sangat banyak di bandingkan dengan kambing pada umumnya.

Ciri – ciri dari kambing kacang ini adalah mempunyai ukuran yang sedikit lebih kecil dari kambing etawa. Warna bulu dari kambing kacang ini ada tiga warna yakni warna putih, warna hitam dan warna coklat. Berat yang dimiliki oleh kambing ini kurang lebih sekitar 30kg sampai 25kg.

Kambing jenis ini yakni ukuran tubuhnya hanya mencapai 60 s/d 65 cm saja. Ciri-ciri yang paling menonjol dari kambing kacang ini adalah mempunyai tanduk yang kecil di atas kepalanya baik kambing jantan maupun kambing betina.

4. Kambing Boer

kambing boer super

Kambing jenis ini biasanya sering di budidayakan oleh masyarakat indonesia, negara asli dari kambing boer ini yakni berasal dari daerah Afrika Selatan. Kambing jenis ini sudah tersebar di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau bagi yang ingin membelinya.

Ciri-ciri kambing boer ini adalah sebagai berikut:

– Mempunyai badan yang lebih besar dari kambing pada umumnya.
– Kambing boer ini memiliki keistimewaan yakni pertumbuhanya yang begitu cepat berbeda dengan kambing yang lainya.
– Berat dari kambing boer ini sendiri 120 kg s/d 150 kg untuk kambing jantan
– Berat dari kambing boer betina mencapai 80 s/d 90kg

Kambing ini sering di ambil dagingnya oleh para penjagal ciri-ciri yang lebih menonjol dari kambing boer ini tubuhnya yang lebar, kakinya yang pendek, dan kulitnya yang berwarna coklat.

5. Kambing Jawarandu

kambing jawarandu

Kambing ini hampir sama dengan kambing kacang yakni mempunyai ukuran tubuh yang kecil. Selain itu kambing jawarandu mempunyai keunggulan pada berat badan. Berat badan kambing jawarandu ini mencapai 40kg baik kambing jantan maupun kambing betina.

Kambing jawarandu ini ciri khas yakni ukuran telinganya yang terbuka begitu lebar dan panjang. Keistimewaan dari kambing jawarandu ini adalah penghasil daging dan susu terbanyak di antara kambing yang lainya.

6. Kambing Saanen

kambing saanen

Kambing saanen ini berasal dari negara swiss barat, kambing ini tidak bisa adaptasi dengan iklim tropis seperti di negara kita (Indonesia). Kenpa seperti itu? Karena kambing jenis saanen ini sensitif apabila terkena sinar matahari.
Di negara swiss sendiri kambing saanen sangat populer dan namanya sudah terkenal. Kambing ini di sana dijadikan sebagai kambing penghasil susu terbesar. Kambing ini sudah tersebar di beberapa negara tetangga yakni daerah amerika, indonesia dan sekitarnya.

Ciri-ciri dari kambing jenis ini adalah sebagai berikut :

– Kambing ini mempunyai bulu yang berwarna putih dan bulunya tidak terlalu panjang atau bisa terbilang pendek.
– Ekornya tidak terlalu panjang dan relatif pendek.
– Kambing saanen jantan maupun yang betina masing-masing mempunyai tanduk yang berada di atas kepalanya.
– Tinggi yang di miliki kambing saanen ini yakni sekitar 81 cm dengan berat yang mencapai kurang lebih sekitar 62kg.
– Berat kambing saneen jantan dan betina berbeda untuk kambing saanen jantan beratnya mencapai 91kg sedangkan untuk kambing saanen betina beratnya kurang lebih sekitar 63 kg.

7. Kambing Pigmy

kambing pygmi

Kambing jenis ini asalnya dari negara cameron kambing ini berbeda dengan kambing pada umumnya. Jika kambing pada umumnya untuk di jadikan hewan ternak berbeda dengan kambing pygmy yang dijadikan hewan peliharaan oleh warga kamerun.

Bentuknya yang kecil, lucu dan menggemaskan tersebut merupakan alasan sebagian orang untuk memlih memelihara kambing pygmy dari pada menjadikanya hewan ternak.
Kambing pygmy mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat. Kambing pygmy mampu bertahan di beberapa cuaca itulah keistimewaan yang dimiliki oleh kambing pygmy.

8. Kambing Gembrong

kambing gembrong

Jenis kambing yang ini mempunyai bulu yang sangat tebal dengan bentuk tubuh yang tidak terlalu besar. Kambing ini berasal dari daerah timur wilayah indonesia yakni bali. Sebagian orang mengatakan bahwa hewan ini bukanlah kambing melainkan kambing.

Kenapa orang bisa mengatakan bahwa ini adalah anjing? Karena hewan ini mempunyai bentuk yang lucu dengan bulu yang tebal dan bentuk tubuh yang relatif lebih rendah dari pada kambing pada umumnya. Bulu yang ada pada badanya harus dicukur setiap 12 bulan sekali agar tidak terlalu banyak di tubuhnya.

Ciri ciri dari kambing gembrong ini diantaranya adalah:

– Mempunyai warna bulu putih yang mengkilat
– Mempunyai bulu yang tebal
– Ukuran tinggi tubuhnya bisa mencapai 65 cm
– Berat dari kambing ini kurang lebih sekitar 35 sampai 45 kgbaik yang jantan maupun betina.

9. Kambing Kiko

kambing kiko

Kambing ini mempunyai ukuran badan yang begitu besar dari pada kambing pada umumnya. Kambing ini berasal dari Selandia Baru dan kambing jenis kiko ini di budidayakan pada tahun 1980.
Keistimewaan dari kambing kiko ini adalah pintar dalam hal memanjat. Terdengar aneh dan tidak mungkin karena badannya yang besar dan lebar tersebut. Namun keseimbangan pada tubuhnya tetap terjaga.

Kambing ini begitu cerdas dan sering peternak di selandia baru lelah akan perbuatan kambing kiko yang sering keluar pagar dengan cara memanjat pagar tersebut. Ciri khas dari kambing kiko ini adalah tumbuhnya tanduk yang ada di kepalanya yang menjulang lurus ke atas kurang lebih sekitar 15cm.

10. Kambing Muara

ternak kambing

Kambing muara ini bisa kita jumpai di daerah Sumatera Utara karena di sana adalah habitat terbesarnya. Kambing jenis ini sangat terlihat gagah jika sekilas kita lihat. Tubuhnya mempunyai warna bulu yang sedikit coklat kemerahan, dan ada juga warna yang lainya.

Kambing muara ini berbeda dengan kambing pada umumnya, jenis kambing ini bisa melahirkan anak hingga 4 dalam sekali masa kelahiran. Biasanya kambing yang beranak lebih dari 2 akan mati dalam jangka watu yang tidak terlalu lama. Namun kambing muara ini bisa dipastikan keempat anaknya akan hidup sampai besar dengan keadaan yang sehat dan baik-baik saja.

11. Kambing Belgian

ternak kambing

Kambing ini berasal dari daerah swiss dan masih merupakan keturunan kambing chamois. Kambing ini mempunyai bentuk tubuh seperti keladai yang berbentuk kecil dan kurus. Ciri ciri dari kambing ini mudah untuk di kenali oleh semua orang.

Kambing ini mempunyai bulu yang berwarna coklat dan ada yang unik pada kambing jenis ini. Seluruh tubuhnya berwarna coklat sedangkan pada bagian kakinya berwarna putih.

12. Kambing Kosta

ternak kambing

Kambing ini adalah kambing yang berasal dari negara kita sendiri yakni di Indonesia. Kambing jenis ini tersebar di wilayah jakarta dan sekitarnya. Kambing kosta sendiri mempunyai ciri khas diantaranya adalah tubuhnya yang tidak terlalu besar dan bulunya juga yang tidak terlalu tebal.

Kambing ini bisa anda tandai dengan adanya bulu yang beda dengan bulu yang ada pada tubuhnya yakni pada sektar kakinya. Bulu yang ada pada kakinya adalah bulu rewos namanya.

13. Kambing Murciano

ternak kambing

Kambing jenis murciano ini berasal dari negara Spanyol yang lebih tepatnya habitatnya di daerah yang kering dan gersang. Kambing Murciano ini mempunyai berat badan kurang lebih sekitar 60kg untuk kambing jantan dan sedangkan untuk kambing yang betina beratnya mencapai 50kg.

Ciri khas yang ada pada tubuh kambing ini adalah warna hitam pekat yang ada pada tubuhnya. Selain warna bulunya yang hitam pekat ada juga ciri khas dari kambing yang satu ini yaitu telinga serta ekornya berdiri tegak menjulang ke atas.

Kambing ini sering sekali dibudidayakan oleh masyarakat guna untuk di ambil dagingnya. Jenis kambing Murciano ini kaya akan daging dan susunya. Susu dari kambing ini sudah populer dan mengandung banyak sekali manfaat untuk manusia.

14. Kambing Marica

ternak kambing

Kambing marica adalah kambing yang berasal dari provinsi sulawesi selatan dan kambing jenis ini merupakan kambing asli dari Indonesia. Jenis kambing marica adalah kambing yang masuk dalam kategori kambing yang dilindungi atau bisa di bilang hampir punah.

Kambing ini bisa beradaptasi di daerah yang gersang serta kering. Keungguln dari kambing ini adalah bisa bertahan dalam cuaca yang dingin maupun cuaca yang panas. Ciri khas dari kambing marica bisa anda lihat ukuran tubuhnya yang pendek dan tidak begitu besar.

15. Kambing Red Kalahari

ternak kambing red kalahari

Kambing ini merupakan kambing dengan ukuran badan yang paling besar di antara yang lain. Kambing red kalahari ini mempunyai warna bulu yang sedikit coklat kemerahan. Namun tidak itu saja ada 2 tanduk yang melengkung ke bawah yang berada di atas kepalanya.

Kambing ini adalah jenis kambing yang bisa di ambil dagingnya untuk di manfaatkan. Ukuranya yang besar dari kambing pada umumnya membuat kambing jenis ini mempunyai daging yang begitu banyak.

16. Kambing Samosir

ternak kambing

Nama samosir sendiri diambil dari habitat kambing ini yakni tinggal di pulau samosir. Kambing ini berbeda dengan kambing yang lainya perbedaan tersebut ada pada bulunya yang tidak berbeda dengan kambing pada umumnya.
Kambing Samosir ini mempunyai ciri khas yaitu adalah sebagai berikut :

– Ukuran badan kambing samosir yang sudah beranjak dewasa mencapai sekitar 32kg, panjang 63cm dan tingginya mencapai 56cm.
– Bulu kambing samosir ini berwarna putih bersih
– Kambing samosir tidak memiliki tanduk pada bagian atas kepalanya

17. Kambing Tonggenburg

ternak kambing

Kambing yang mempunyai perawakan besar dan tegap ini berasal dari negara swiss. Di negaranya swiss kambing ini habitatnya berada di lembah yang jauh dari aktivitas manusia. Kambing Tonggenburg ini adalah jenis kambing perah dan susunya bisa di manfaatkan oleh manusia.

Kambing ini mempunyai ciri khas pada warna yang ada pada tubuhnya yakni warna coklat. Namun dari badannya yang berwarna coklat ada bagian pada tubuhnya yang berwarna sekalin coklat yakni bagian kaki, kepala dan juga telinga.

Ciri khas pada kambing ini adalah mempunyai berat sekitar 55kg untuk yang sudah berusia dewasa. Tinggi dari kambing ini sama sepeti kambing pada umunya yang tingginya kurang lebih 60cm s/d 70cm.

18. Kambing Anglo Nubian

ternak kambing

Kambing Anglo Nubian ini memiliki ciri khas pada tubuhnya yaitu adalah bintik putih yang ada di diantara bulu coklat. Kambing jenis ini mempunyai ciri khas pada telinganya yang panjang dan sedikit mencodong ke depan.

Kambing jenis ini tidak mempunyai tanduk itulah perbedaan antara kambing ini dengan kambing pada umumnya. Kambing ini sudah populer di negara swiss untuk di manfaatkan daging dan juga susunya yang sudah terbukti kualiatasnya.

Kambing ini sudah populer di negara swiss karena produk susunya sudah banyak menyebar di berbagai pasar di negara eropa. Kualitas usunya sudah terbukti dan sudah di uji.

19. Kambing Boerawa

ternak kambing

Kambing jenis ini adalah kambing yang dihasilkan dari sebuah perkawinan silang antara kambing boer dan kambing etawa. Hasil dari kawin silang tersebut menghasilkan jenis kambing yang sangat bagus dan berkualitas ciri-cirinya seperti di bawah ini :

– Kambing jenis ini mempunyai bulu yang berwana coklat pada seluruh tubuhnya.
– Kambing boerawa memiliki ukuran tubuh yang relatif sedang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalui pendek.
– Kambing yang satu ini mempunyai dua tanduk di bagian atas kepalanya.

Kambing boerawa bisa anda temukan di beberapa daerah saja contohnya daerah sumatera utara dan sumatera selatan saja. Karena di kedua daerah tersebut adalah habitat dari kambing boerawa.

20. Domba Priangan (Domba Garut)

ternak kambing

Kota Garut terkenal akan penghasil domba yang berkualitas dan namanya sudah populer di daerah jawabarat. Domba garut banyak sekali digunakan sebagai domba yang di ambil dagingnya, domba yang di pelihara.

Namun ada juga domba yang dari kota garut khusus untuk dijadikan domba petarung. Harga tentu berbeda harga paling mahal adalah domba petarung karena dari segi perawatanya saja harus teliti dan jeli. Berbeda dengan domba yang lainya.

21. Domba Gembel

ternak domba dan kambing

Domba yang satu ini berasal dari daerah jawa barat dan sekarang domba gembel sudah tersebar di seluruh penjuru nusantara. Domba ini sangat cepat sekali perkembanganya dan berikut adalah ciri-ciri dari domba gembel ini :

– Domba gembel mempunyai berat badan mencapi 30 sampai 50 kg untuk domba jantan.
– Domba gembel betina mempunyai berat kurang lebih sekitar 20kg.
– Bulu pada domba gembel sangat tebal dan warnanya dominan putih.
– Domba gembel yang betina tidak mempunyai tanduk pada atas kepalanya sedangkan untuk domba gembel jantan mempunyai tanduk yang bentuknya melingkar pada kepalanya.

22. Domba Texel Wonosobo

ternak domba serta kambing

Domba ini berasal dari dataran dieng kota wonosobo, domba ini hidup di daerah udara yang suhunya dingin. Ada satu keistimewaan yang dimiliki oleh domba texel wonosobo ini yaitu bulunya yang halus dan itu membedakanya dari jenis domba yang lainya.

Ciri khas domba texel wonosobo yang lainya adalah domba ini memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan badan yang besar. Domba ini mempunyai telinga yang kecil dan menghadap ke arah samping.

23. Domba Gibas

ternak kambing

Domba yang satu ini sudah banyak kita jumpai di pasaran dan banyak yang menjualnya. Domba gibas sudah tersebar di seluruh penjuru nusantara yakni diantaranya adalah jawa timur, sulawesi, madura dan masih banyak lagi yang lainya.
Domba jenis ini habitatnya berada di daerah yang kering dan tandus. Berikut adalah contoh ciri-ciri dari domba gibas :

– Postur tubuhnya lebih besar dari pada domba pada umumnya.
– Berat dari domba gibas sendiri mencapai 50-60kg untuk domba gibas jantan.
– Sedangkan untuk berat domba gibas betina mencapai 30kg-50.
– Domba gibas mempunyai bulu yang kasar.
– Warna bulunya dominan putih.

Ada satu keistimewaan dari domba yang gemuk yakni kebal terhadap panas dan mereka juga kuat bertahan hidup di tempat yang kering dan panas.

24. Domba Batur (Domas)

ternak kambing

Domba yang berasal dari daerah banjarnegara ini adalah domba hasil kawin silang antara domba lokal dengan domba ekor tipis. Domas ini ialah jenis domba potong yang untuk di ambil dagingnya. Karena kualitas daging yang dimilikinya sangat berkualitas.
Berikut adalah ciri-ciri domba batur :

– Ukuran tubuhnya yang lebih besar dibandingkan dengan domba pada umumnya.
– Bentuk kaki yang dimilikinya tidak terlaliu panjang.
– Warna bulunya yang domninan berwarna putih.
– Domba ini hampir mirip dengan domba garut dari segi warna bulu yang dimilikinya.
– Berat badanya mencapai hingga 100kg jika sudah berusia dewasa.
– Domba batur muda memiliki berat badan sekitar 60kg.

25. Domba Hampshire

ternak kambing

Domba ini berasal dari negara inggis dengan hasil perkawinan silang dari domba A. Ciri-ciri dari domba hampshire ini mudah di kenali :

– Pada bagian kepalanya warnanya cenderung lebih gelap
– Mempunyai bulu yang tebal
– Bentuk telinganya sedikit melengkung
– Bulu yang ada di badanya berwarna coklat

Itu dia jenis-jenis kambing serta domba yang sekarang di budidayakan di indonesia. Terdapat banyak sekali ada kambing ternak, kambing biasa, hingga kambing yang hanya untuk di ambil susunya saja. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda semua sekian terima kasih.

Tinggalkan komentar