9+ Cara Mengatasi Tantangan Bisnis Online yang Sering Dihadapi Pemula

Ada banyak sekali alasan yang mendasari seseorang untuk bergabung dalam dunia wirausaha, diantaranya karena bosan dengan pekerjaan kantoran yang terus monoton. Alasan lainya, karena ingin bebas melakoni pekerjaan yang disukai, dan mengembangkan bakat dagang yang ada pada dirinya.

Sayangnya tidak banyak wirausahawan yang menyadari betapa beratnya tantangan bisnis online yang harus dihadapi. Alhasil, semangat yang berkobar di awal akhirnya meredup dan bahkan berujung pada kerugian dan bangkrut.

Tentunya, ini bukanlah hasil yang ingin anda raih. Maka dari itu, Dimasfan mengingatkan kembali kepada anda ada beberapa tantangan bisnis online yang akan anda hadapi ketika akan memulai sebuah usaha atau bisnis berikut contohnya.

1. Tidak Mampu Melihat Potensi yang Ada Pada Diri Sendiri

Pasti anda pernah memiliki ide wirausaha yang sangat berlian dan tanpa cela saat mereka pertama kali muncul dalam benak anda. Namun sesungguhnya, masalah akan mulai bermunculan dan akan terus meningkat dengan jumlah yang sangat banyak, saat anda mulai memasuki 7 fase berikut ini.

  • Merefleksikan kembali ide wirausaha yang muncul di kepala Anda, dan memvalidasi potensi ide-ide cemerlang anda secara pribadi.
  • Berbagi ide wirausaha anda dengan orang-orang disekitar anda, peduli siapa mereka mempunyai pengetahuan yang cukup seputar dunia wirausaha atau tidak.
  • Berbagi ide wirausaha dengan orang-orang yang menurut anda mempunyai visi / misi dan pemikiran yang serupa seperti anda.
  • Melakukan riset pasar secara pribadi untuk mengetahui adanya kompetitor baru.
  • Merekrut teman-teman wirausaha yang nantinya akan anda bayar (termasuk vendor-vendor ternama dan adanya pihak ketiga lainya).
  • Berbicara dengan prospek kedepanya yang potensial.
  • Berbicara dengan investor yang ternama.

Pada kenyataanya, jika anda tidak memahami tingkat potensi masalah di setiap fase yang akan anda jalani tersebut, anda akan menyadari bahwa anda memasuki setiap fasenya dalam keadaan belum siap, yang pada akhirnya akan mengantarkan anda pada sebuah kegagalan dalam menyelesaikan tantangan bisnis online.

2. Menyalah Artikan Aktivitas Sebagian Dari Sebuah Proses

Sebagai wirausaha pemula, ada banyak sekali hal yang harus anda lakukan meski awalnya semua itu tidak anda rencanakan. Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan dan banyak juga aktivitas yang kita lakukan namun sia-sia hasilnya.

Yang menyedihkan sering kali penguasaha yang masih awam menyalahartikan aktivitas dan pekerjaan-pekerjaan yang padat itu sebagian dari proses.

Sekedar saran dari Admin, segala bentuk aktivitas yang tidak menghasilkan nilai tambah yang dapat terukur bagi konsumen anda harus dipertanyakan. Ada kemungkinan itu semua hanyalah aktivitas yang tidak berujung kemana-mana.

3. Kekurangan Pencapaian-Pencapaian yang Berharga

Kenapa judul ke 3 seperti ini? Apabila anda menciptakan satu produk baru yang sangat banyak diminati orang, anda perlu menciptakan sebuah identitas untuk meningkatkan kredibilitas wirausaha anda. Jika mereka kurang percaya kepada anda, tak perlu waktu lama untuk kehilangan kepercayaan mereka pada wirausaha lainya.

Pada kenyataanya publik, masih menilai sebuah buku dari sampulnya dan menilai seorang wirausaha dari hasil dan kerja keras mereka. Jadi anda sebaiknya mempersiapkan diri untuk menghadapi semua tantangan bisnis online tersebut.

4. Tidak Seharusnya Tau, Apa yang Tidak Dilakukan

Waktu merupakan aset paling berharga yang pernah anda miliki saat ini. Jadi, hal yang terpenting untuk anda adalah tidak hanya mengetahui hal apa saja yang harus anda lakukan, namun lebih penting jika anda mengetahui hal apa yang tidak anda lakukan.

Dan bagaimana cara mencari taunya? Semua kembali ke pengalaman dan jam terbang pribadi masing-masing.

Namun, jika anda baru pertama kali menjalani bisnis wirausaha, maka pengalaman bukanlah kekuatan utama. Jadi, cobalah anda bertukar pikiran dengan orang yang wirausahanya sudah besar dan memiliki pengalaman yang matang untuk anda gali.

5. Tidak Mau Mengakui Kesalahan yang Sudah di Perbuat

Anda harus mulai belajar untuk mengenali sebuah kesalahan dan mengakui kesalahan tersebut. Saat anda terlalu lama berjibaku dalam mencai siapa yang salah dan siapa yang benar, hanya sekedar untuk mencari siapa yang berada di posisi paling benar.

Jika anda di kelilingi oleh orang-orang yang cerdas, mereka tidak akan menanggapi hal seperti ini. Lumrah saja jika kondisi pertama anda masuk dalam dunia wirausaha merasa tidak nyaman.

Namun anda harus tau bahwa semua itu adalah bagian dari proses. Dan semakin bisnis wirausaha anda jalan maka akan jalan juga masalah demi masalah yang akan menerpa.

6. Mencoba Memperbaiki Kelemahan Diri Sendiri Secara Instan

Mencoba memperbaiki kelamahan saat pertama kali masuk dalam dunia wirausaha ibara mencoba memperbaiki ban yang bocor saat berkendara. Sadarilah dalam dunia wirausaha tidak ada yang namanya “masa uji coba” semuanya nyata.

Satu-satunya cara untuk dapat menenangkan permainan ini bisa dengan cara menggunakan kekuatan anda. Caranya dengan berinvetasi pada kekuatan anda dan berinvestasi pada tim yang dapat menutupi kelemahan anda pribadi.

7. Meyakini Bahwa Semuanya Dapat Anda Awasi

Ini sebenarnya sebuah masalah klasik yang masih terus dihadapi oleh orang yang baru masuk dalam dunia bisnis online. Kenyataanya, kepercaayan diri dan kesombongan hanya dipisahkan dengan garis yang sangat tipis.

Anda dapat saja berkata bahwa anda mempunyai kepercayaan diri yang luar biasa, sampai pada akhirnya anda dipaksa untuk mengakui kesombongan anda oleh sebuah kegagalan yang menimpa anda waktu itu. Ada sebuah pepatah dari Afrika yang cocok untuk menggambarkan situasi seperti ini.

” Jika anda ingin melaju kencang berkendaralah seorang diri, Jika anda ingin melaju dengan jauh, berkendaralah bersama-sama “

8. Bisnis yang Tidak Berdasarkan Passion Anda

Segala sesuatu jika dikerjaan tidak berdasarkan passion, hobi atau kecintaan akan tidak maksimal. Kinerja akan akan tidak maksimal nantinya jika memilih bisnis online atau wirausaha yang tidak sesuai passion anda.

Jadi usahakan dalam memilih bisnis online sesuai dengan hobby, passion, dan minat anda. Karena ini lah yang menjadi tantangan bagi pebisnis online pemula. Mereka kebanyakan pasti salah dalam memilih produk atau bisnis yang mereka kerjakan.

9. Dihinggapi Oleh Rasa Malas yang Luar Biasa

Rasa malas yang dimaksud di sini adalah rasa malas untuk berinovasi dan belajar mencari hal baru. Seperti halnya rasa takut, rasa malas juga akan membawa anda menuju kepada kerugian dan gulung tikar. Selain para penakut para pemalas juga akan mendapatkan tempat yang baik di dalam dunia usaha.

Rasa malas hanya akan membuat usaha kita bakal mengalami dua hal, yakni menjadi tidak berkembang atau akan gulung tikar (bangkrut). Dunia usaha adalah dunia yang penuh persaingan, tiap hari akan lahir usaha usaha baru yang kelak akan menjadi pesaing kita di masa yang akan datang.

Tentu saja untuk dapat bertahan di dalam dunia seperti ini kita diwajibkan untuk membuang sejuah mungkin rasa malas dalam diri agar terus belajar dan menimbulkan rasa haus ilmu dalam diri kita.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan tantangan bisnis online yang sedang anda hadapi. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat share ke teman-teman kalian yang baru memulai bisnis atau wirausaha ya ayo semangat..

Tinggalkan komentar