Bagaimana Cara Membuat Surat Izin Tempat Usaha yang Baik dan Benar?

Pada kesempatan kali ini masih tentang seputar artikel usaha dimasfan akan membagikan informasi penting untuk anda yang sedang membuat bisnis. Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas apa itu surat izin usaha perdagangan? kalau anda belum tau bisa cek di bawah ini.

Baca Juga : Apa yang Dimaksud Surat Izin Usaha dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Tidak usah berlama-lama mari kita pelajari apa itu SITU dan bagaimana cara membuat SITU yang baik dan benar. Berikut ini adalah definisi dan penjelasan singkat seputar surat izin tempat usaha atau yang sering disingkat dengan istilah SITU.

Apa yang Dimaksud Surat Izin Tempat Usaha?

Untuk anda yang baru memulai bisnis atau ada yang sudah berjalan lama bergelut dalam dunia bisnis, apakah ada yang sudah pernah membuat Surat Izin Usaha? Jika belum, anda harus segera membuatnya dikarenakan kedepanya akan mempengaruhi hasil dari usaha anda nantinya.

Lah kok bisa mempengaruhi apa penyebabnya? apabila anda tidak memiliki Surat Izin Usaha dalam perusahaan maka tidak dianggap ada oleh masyarakat atau pemerintah. Pada intinya di pertanyakan tentang legalitas dari perusahaan atau bisnis yang sedang anda jalankan.

Bagi anda yang belum tau apa itu Surat Izin Tempat Usaha yang sering disingkat SITU ini merupakan izin yang diberikan kepada perusahaan untuk memperoleh tempat usaha sesuai dengan tata ruang wilayah yang diperlukan untuk usaha.

Fungsi Surat Izin Tempat Usaha

Surat izin usaha ini memiliki fungsi yang berperan penting untuk perusahaan yang anda buat. Fungsinya yakni agar perusahaan anda memiliki izin atas pendirian usaha atau kantor. Dengan adanya SITU ini anda terhindar dari gangguan pihak lain.

Syarat-Syarat untuk Membuat Surat Izin Tempat Usaha

Nah bagi anda yang ingin membuat Surat Izin Usaha alangkah baiknya memperhatikan dengan benar apa saja persyaratan yang wajib disiapkan sebelum membuat Surat Izin Usaha.

Berikut ada 9 Persyaratan yang bisa anda pahami di bawah ini :

  • Surat permohonan yang disertai materai 6.000 lengkap dengan stempel atau cap dari perusahaan tersebut.
  • Fotocopy Kartu Tanda Pendudul (KTP) dari Direktur Utama/Pemilik Perusahaan/Penanggung Jawab Perusahaan dan surat izin khusus bagi warga negara asing.
  • Harus ada surat kuasa dan fotocopy KTP penerima kuasa jika pengurusan SITU tersebut diserahkan kepada orang lain.
  • Fotocopy IMBG yang sesuai dengan aktivitas usaha yang masih berlaku.
  • Fotocopy evidensi penguasaan hak tanah yang diantaranya perjanjian sewa, sertifikat, perjanjian pakai pinjam. dan perjanjian lainya yang masih ada kaitanya dengan pembuatan Surat Izin Usaha.
  • Fotocopy STTS PBB dan DPPT tahun terakhir.
  • Fotocopy akta endiri perusahaan, akta perubahan, dan Akta pengesahanya.
  • Adanya persetujuan dari lingkungan sekitar contoh misalnya dari warga, atau masyarkat yang berjarak kurang lebih 200 meter dari lokasi temapt usaha yang telah diketahui oleh Lurah,RT,RW dan Camat.
  • Adanya surat keterangan domisili dari usaha yang diberdirikan tersebut.

Prosedur Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha

Jika anda ingin tau cara membuat surat izin tempat usaha yang baik dan benar, silakan simak penjelasan 5 prosedur yang harus di perhatikan dalam membuat SITU.

  • Mengisi formulir SITU dengan dilampiri keterangan izin surat tertulis dari warga sekitar tempat usaha. Izin dari warga berupa tanda tangan dan menyatakan tidak keberatan dengan adanya tempat usaha yang akan anda jalankan nantinya.
  • Meminta pengesahan terhadap formulir permohonan SITU yang diketahui oleh pejabat kelurahan setempat untuk memperkuat Surat Izin Usaha Anda.
  • Setelah izin tersebut sudah terpenuhi dan diketahui oleh perangkat desa setempat, langkah berikutnya adalah isi formulir permohonan yang harus diurus ke KotaMadya atau Kabupaten.
  • Membayar izin usaha dengan cara mendaftar ulang untuk verifikasi.
  • Setelah semua selesai, anda tinggal menunggu panggilan dari petugas atau kantor yang mengeluarkan surat izin usaha tersebut.

Contoh SITU yang Baik dan Benar

Apabila anda masih bingung dengan penjelasan diatas untuk membuat surat izin ini, anda bisa melihat contoh visualnya dibawah ini.

contoh-surat-izin-tempat-usaha
sumber gambar : etalasebisnis.com

Tinggalkan komentar