622

35+ Sketsa Pemandangan Alam yang Mudah Dibuat

Hallo semua, kalian pasti sudah pernah kan membuat sketsa entah itu sketsa pemandangan, sketsa rumah, dan masih banyak yang lainya. Sketsa adalah sqqengan warna hitam dan putih saja.

Gambar sketsa sendiri mempunyai tujuan yaitu merekam kejadian yang di lihat oleh seniman melalui sebuah lukisan. Pada lukisan itu harus mengandung 3 unsur utama yaitu citra, gagasan & prinsip. Sketsa sendiri bisa dibuat dari beberapa media gambar yang ada.

Lalu bagaimana cara menciptakan hasil sketsa dengan baik? apakah sudah tau caranya? 

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara gambar sketsa dengan hasil yang baik. Simak penjelasanya di bawah ini:

Cara Gambar Pemandangan

Dalam menggambar sketsa pemandangan ada beberapa langkah yang harus kamu kuasai. Diantaranya simak penjelasanya sebagai berikut:

Lihat Juga Gambar Sketsa Naruto Terbaru

Mencari Sebuah Inspirasi

Semua seniman pasti sebelum mengerjakan karya seninya. Sama halnya dengan orang yang berkeinginan untuk menggambar sketsa tetapi belum mempunyai inspirsai. Hasilnya sudah bisa di tebak pasti hasil karyanya tidak memuaskan. Tips buat kamu yang belum memiliki inspirasi, kamu bisa keluar dari rumah untuk menemukan inspirasi.

Jika rumah mu berada di pedesaan kamu bisa melihat pemandangan alam yang masih alami. Contohnya gunung, bukit, area pedesaan, dan sawah. Setelah kamu berjalan jalan pasti ada satu ide yang masuk dan menjadi inspirasimu ketika itu.

Membuat Sketsa Dasar

Jika inspirasi sudah ada, sekarang kamu harus membuat sebuah sketsa dari ide yang kamu miliki. Tahap ini mempunyai fungsi guna mengatur komposisi gambar. Dalam tahap ini jangan langsung menggunakan bulpoin atau spidol. Mulailah tahap ini dengan menggunakan pensil terlebih dahulu. Agar bila terjadi kesalahan mudah untuk di hapus kembali.

Bentuk Seperti Hasil Asilnya

Setelah sketsa dasar sudah dibuat sekarang waktunya membuat hasil aslinya. Menggambar seperti hasil aslinya memang sangat sulit. Maka dari itu kamu harus banyak belajar terlebih dahulu. Dalam menggambar hasil aslinya kamu bersabar karna tak semudah menggambar sketsa dasar.

Kenapa harus membuat hasil aslinya ? supaya gambaran yang kamu buat enak di pandang orang. Selain membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama jam terbang sangat di butuhkan dalam membuat obyek aslinya.

Memilih Warna

Bentuk asilnya sudah terselesaikan sekarang memasuki tahap teakhir yaitu sesi pewarnaan. Dalam tahap ini semua seniman pasti memiliki selera yang berbeda dalam pemilihan warna. Alat yang digunakan untuk mewarnai yaitu crayon, pensil warna & cat air.

Bagi kamu yang masih belajar dalam tahap pewanaan alangkah baiknya menggunakan pensil warna terlebih dahulu. Penjelasan tentang cara membuat pemandangan sudah selesai. Sekarang saya akan memberikan sedikit contoh gambar sketsa.

Gambar Sketsa Singa

Sketsa Pemandangan

https://dimasfan.com/

Jika kamu ingin membuat sketsa raja hutan ini alangkah baiknya kamu membeli gambar singa lalu di buat inspirasi. Atau bisa juga mencari gambar sang raja hutan ini di internet lalu kamu simpan di handphone. Jika kamu sudah bisa menggambar sketsa yang berbentuk hewan mualilah dengan sketsa yang lebih sulit lagi. Agar kemampuan kamu berkembang terus-menerus.

Gambar Sketsa Burung

Sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Tadi gambar yang di atas adalah sang raja hutan sekarang adalah teman dari singa yaitu burung. Jenis burung yang terdapat pada sketsa di atas adalah burung cendrawasih.

Burung ini memiliki bulu dengan warna yang beraneka ragam. Populalitasnya sudah menurut sekarang di Indonesia. Burung yang satu ini termasuk burung yang di lindungi.

Gambar Sketsa Cheetah

Sketsa pemandangan alam

https://dimasfan.com/

Selain ada burung yang tinggal di dalam hutan, ada sebuah predator yang ganas yang hidup di dalam hutan. Nama dari predator tersebut adalah cheetah hewan ini memiliki kecepatan berlari yang sangat cepat. Cheetah ini bisa menjadi inspirasi kalian yang ingin membuat sketsa. Bentuk tubuh dari cheetah sama dengan singa tapi cheetah lebih panjang dan kurus.

Hewan ini adalah predator di alam contohnya padang savana, hutan dan alam liar. Hewan ini pemakan daging dan ia mencari mangsa pada malam hari.

Gambar Sketsa Pedesaan

Gambar Sketsa Pemandangan alam

https://dimasfan.com/

Hewan hewan di atas memiliki tempat tinggal di alam yang luas. Jika kamu sudah mahir menggambar hewan buas sekarang coba gambar hewan yang tinggal di pedesaan. Dengan background rumah atau rerumputan yang luas, bisa dengan background pegunungan. Semakin kamu pintar bermain kreativitas maka kamu akan semakin mahir dalam membuat sketsa.

Sketsa Pemandangan Alam yang Simple

Sketsa pemandangan

gambarmewarnai.com

Banyak sekali pemandangan yang bisa kamu jadikan sketsa salah satunya pemandangan gunung yang indah. Pada sketsa di atas menjelaskan tentang indahnya pemandangan pegunungan dengan hamparan sawah didekatnya. Sawah pada gambar tersebut di bentuk dengan sistem terasering.

Sketsa ini sangat mudah di buat bagi kalian yang masih belajar membuat sketsa. Sudah bisa di tebak udaranya pasti sejuk dan segar karna jauh dari asap pabrik.

Sketsa Pemandangan Pedesaan

Sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Jika tadi sudah menggambar sketsa tentang pemandangan gunung sekarang suasana pedesaan. Bisa kita ketahui pedesaan memiliki suasana yang tenang, sepi & nyaman. Berbeda jauh dengan keadaan kota yang berisik, panas & Kumuh. Kamu bisa membuat sketsa dengan tema pedesaan.

Backgroundnya terserah kamu mau kasih apa asal yang masih ada sangkut pautnya sama pedesaan. Misalnya pegunungan, sawah, dan pepohonan. Semakin kamu banyak menggambar sketsa maka inspirasi kamu akan bertamah dengan sendiinya.

Sketsa Suasana Perkampungan

sketsa pemandangan

gambar-abc.com

Kamu bisa bisa berkreasi sesukamu dalam membuat sketsa suasana di pedesaan. Pemandangan di pedesaan sangat identik dengan adanya sawah. Jadi kamu bisa menambahkan sawah dalam sketsa yang nanti akan kamu buat.

Sketsa Pemandangan Alam yang Mudah Dibuat

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Masih kesulitan dalam menggambar sketsa, contoh di atas adalah gambaran sketsa yang mudah dibuat. Tetatpi kalian juga harus mempunyai kreativitas tersendiri. Misalnya menambahkan suatu obyek ke dalam pemandangan alam di atas.

Kalian bisa menambahkan matahari dibalik pegunungan agar sketsa yang kamu buat terlihat lebih bagus. Bisa juga kamu menambahkan awan & matahari di atas pegununugan.

Sketsa Pemandangan Gunung yang Indah

sketsa pemandangan

www.MewarnaiGambar.Com;

Sketsa gunung yang berada di atas tadi sudah bagus buat kalian yang masih pemula. Sekarang sketsa pemandangan alam yang satu ini lebih bagus karena banyak obyek didalamnya. Kalian bisa menambahkan benda apa saja yang menurut kalian bagus.

Sketsa ini menggabarkan tentang pegunugan yang di lerengnya terdapat sebuah jemabatan. Di bawah jemabatan tersebut mengalir sebuah air yang bersumber dari mata air yang alami.

Sketsa Pegunungan yang Indah

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Gambar di atas bisa kamu jadikan referensi, gambar sketsa pegunungan dari yang kecil sampai terbesar. Dan kamu bisa menambahkan salah satu obyek agar terlihat bagus.

Tetapi jika kamu kesulitan untuk membuat sketsa dengan gambar ini buat seperti pegunungan di atas.

Sketsa Pantai

sketsa pemandangan pantai

https://dimasfan.com/

Gambar ini cocok bagi kamu yang masih belajar membuat sketsa. Gambar ini mungkin tidak terlalu rumit bentuk dan warna bisa kalian sesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Sketsa Pemandangan Air Terjun yang Sederhana

sketsa pemandangan air terjun

https://dimasfan.com/

Sketsa ini menurut saya adalah yang paling mudah di kerjakan dari pada yang lainya. Sketsa ini sangat cocok bagi kamu yang masih belajar membuat sketsa.

Bentuk sesuai keinginan kamu bisa merubah bebatuanya atau aliran airnya. Intinya kalian di dalam membuat sketsa di tuntut untuk kreatif. Supaya sketsa yang di hasilkan enak untuk di pandang.

Sketsa Pemandangan Kota yang Simple

sketsa pemadangan

https://dimasfan.com/

Sketsa yang satu ini untuk membuatnya memperlukan keahlian khusus. Karena sketsa ini menggambarkan suatu kota yang penuh dengan apartement.

Dan bagi kamu yang pemula jangan mencoba menggambar sketsa ini. Nantinya kamu akan kesulitan, tapi kalau inigin mencobanya silakan saja.

Gambar Pemandangan Bawah Laut

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Gambar di atas menunjukan sebuah aktivitas di dalam dasar laut. Terdapat banyak sekali hewan dan tumbuhan bawah laut yang ada pada gambar di atas.

Bagi kalian yang ingin membuat sketsa ini bisa menambakan obyek ikan yang lebih besar lagi. Atau menambahkan kerang dan kuda laut di dalam ksetsa yang nanti akan kamu buat.

Gambar Pemandangan Sawah yang Sederhana

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Gambar di atas menggambarkan tentang seorang pak tani yang sedah membajak sawahnya. Jika kalian ingin membuat sketsa sawah ini kalian bisa menambakan obyek orang-orangan sawah.

Agar sketsa yang nantinya di hasilkan lengkap menjelaskan tentang obyek apa saja yang berada di sawah.

Gambar pemandangan Laut

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Gambar di atas adalah sketsa pemandangan laut yang mudah dibuat. Khususnya bagi kalian yang masih belajar membuat sketsa harus mencoba membuat sketsa ini.

Tetapi tidak harus sama persis dengan gambar, kalian harus bisa kreatif dengan inspirasi kalian sendiri. Nanti hasilnya pasti akan memuaskan jika kalian bersungguh-sungguh membuatnya.

Gambar Sketsa Pemandangan Pantai

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Setelah kamu bisa menggambar sketsa pemandangan laut dan gunung, kamu harus bisa menggambar sketsa pemadangan pantai yang indah.

Jika belum menemukan inspirasi untuk membuat sketsa tentang pantai, kamu bisa melihat gambar pantai di google. Nanti inspirasi akan datang dengan sendirinya.

Gambar Pemandangan Hutan

Sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Nah setelah gambar yang mudah sekarang coba buat sketsa tentang hutan. Pasti sudah kebayang di fikiran kalian akan menempatkan obyek apa saja.

Pasti hasilnya nanti akan bagus jika bingung cari di internet gambar hutan lalu jadikan referensi. Pasti nanti akan lebih mudah untuk membuat sketsanya. Kalau tidak percaya boleh di coba.

Gambar Sketsa Pohon yang Mudah Dibuat

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Sangat mudah untuk membuat sketsa yang satu ini. Jika kamu belum menemukan inspirasi bentuk pohon apa yang akan kamu buat sketsa? Maka kamu bisa keluar rumah dan mencari inspirasi pohon apa yang akan di jadikan sketsa.

Pohon bisa juga di jadikan sebagai latar belakang & obyek utamanya bisa orang atau hewan. Itu nantinya akan menjadikan hasil karyamu semakin bagus. Orang yang memlihatnya pasti akan terkagum dan mencontohnya.

Gambar Sketsa Air Terjun

sketsa pemadangan

https://dimasfan.com/

Jika tadi adalah sketsa air terjun yang mudah dibuat sekarang adalah pemadangan air terjun yang indah. Kalian bisa membuat sketsa air terjun ini dengan bentuk dan latar belakang yang berbeda.

Kamu bisa menambahkan obyek pepohonan di sekitar air terjun. Agar hasil karya kamu terlihat menarik dan disukai oleh orang yang melihatnya.

Sketsa Suasana Kebun Binatang

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Dari gambar di atas tampak seekor buaya dan dua tupai. Kalian bisa membuat sketsa ini dengan merubah obyek hewan yang terdapat pada gambar tersebut.

Contohnya yang di bawah bisa di ganti dengan jerapah sedangkan yang di atas adalah monyet. Pasti nanti akan sedikit menarik hasil akhirnya.

Gambar Sketsa Pantai yang Simple

sketsa pemandangan

https://dimasfan.com/

Bagi kamu yang ingin membuat sketsa dengan bentuk yang mudah, ini dia contohnya. Kamu bisa membuat sketsa sama seperti gambar yang di atas dengan kreativitasmu sendiri.

Misalnya gambar di atas tidak ada kapal yang berlayar, nanti kamu bisa menambahkan satu atau dua kapal yang berlayar di tengah laut.

Penutup

Nah setelah mempelajari pembahasan di atas kalian bisa terus mencobanya dirumah dengan batuan video di atas. Jika sudah dengan mode mudah seperti pemandangan sekarang anda harus berani mencoba menggambar dengan gambar 3 dimensi seperti video dibawah ini.

Jika anda bisa menggambar gambar 3 dimensi berarti anda adalah orang yang cepat tanggap dalam hal ini. Semoga sukses selalu jangan lupa share artikel ini jika menurut kalian bagus.

Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply