√ 7+ Penyebab Lampu Indikator AC Tidak Menyala

AC adalah salah satu perangkat pendingin ruangan yang bisa dibilang paling praktis dan recomended. Sebelum anda membeli AC maka langkah pertama harus mengetahui spesifikasi dari AC tersebut. Kemudian pertimbangkan merk, daya dan kepasistas kebutuhan yang anda butuhkan di rumah, kantor, atau kamar tidur misalnya.

Hal yang paling penting dalam memilih AC yang benar-benar sesuai dengan tujuan anda, contohnya ukuran PK yang harus sesuai dengan ruangan.

Namun pada saat anda sudah menggunakan AC maka beberapa masalah akan muncul dan itu pasti. Salah satunya lampu indikator AC tidak menyala, berkedip atau bahkan sebentar menyala sebentar mati. Jika ini sudah terjadi maka anda perlu melakukan perawatan dengan segera.

Berikut merupakan berbagai penyebab kenapa lampu indikator AC tidak mau menyala dan bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya.

Modul AC Sudah Berdebu atau Kotor

Penyebab pertama lampu indikator tidak menyala atau hanya berkedip adalah karena modul AC yang terlalu berdebu. Kondisi seperti ini memang sangat banyak terjadi pada AC yang jarang di service.

Semua kotoran dapat menyebabkan sensor pada modul AC tidak bekerja dengan maksimal. Bahkan kotoran ini juga dapat sangat berbahaya, dan memungkinkan menyebar ke perangkat dalam sehingga AC menyala tapi tidak dingin seperti Ciri-ciri freon AC Rumah Habis.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Anda hanya perlu mematikan power pada AC, kemudian bersihkan modul dengan lap yang bersih usahakan bisa menyerap debu dan tidak berserat ya!!. Dan jangan membersihkan modul AC dengan lap basah karena dapat merusak modul AC.

Setelah selesai dibersihkan nyalakan kembali power AC dan coba untuk menyalakan AC dengan menggunakan remote AC. Silakan mencoba semoga bermanfaat.

Modul AC Terkena atau Kemasukan Air

Salah satu masalah yang sering dijumpai ketika selesai mencuci AC, AC tidak terasa dingin penyebabnya modul ac terkena air. Indikasi seperti ini bisa kita lihat dari lampu AC yang berkedip lalu mati dengan sendiri.

Kejadian seperti ini kerap terjadi pada saat anda melakukan Service AC secara rutin yang memang diperlukan untuk menjaga kinerja AC supaya tetap normal. Namun tetap diwaspadi pada saat mencuci bagian dalam jangan sampai ada air yang masuk ke modul AC.

Jika sudah seperti ini maka anda coba matikan AC dengan cara menekan atau meremote tombol power AC selama beberapa detik, tunggu sampai power AC kering dan kemudian baru dinyalakan kembali.

Soket Modul Begitu Kurang Kencang

Pada saat perawatan AC sering kali harus membongkar beberapa perangkat AC. Ini sangat dianjurkan seperti ini untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada pada bagian dalam AC. Sayangnya proses ini tidak mudah untuk membongkar soket yang sudah di atur oleh pabrikan AC.

Hanya saja unutk mengembalikan soket mungkin memang susah-susah gampang ya, jadi harus tepat jika kurang kencang menancapkannya maka ada masalah nantinya.

Masalah ini juga sering terhadu ketika anda belum tau cara membersihkan AC yang benar. Nah cara memperbaiki masalah ini anda perlu memeriksa semua soket yang sudah terpasang.

Tujuanya untuk mengecek apakah sudah kencang semua atau masih ada yang kendor. Pastikan dengan benar bahwa semua soket sudah menancap dengan benar dan kencang agar tidak terjadi masalah seperti ini lagi.

Terjadi Kerusakan Pada PCB (Printer Circuit Board) AC

Masalah berikutnya yang terjadi ketika indikator lampu AC tidak menyala yakni terjadi kerusakan pada PCB (Printer Circuit Board). Kejadian seperti ini mungkin sekali terjadi pada saat dibersihkan atau diservice.

Pada bagian PCB mungkin akan berkarat yang dapat membuat beberapa jalur pada PCB putus termasuk lampu indikator AC. Untuk mengatasi atau memperbaiki masalah ini anda harus membuka AC dan memeriksa PCB yang terhubung dengan modul AC.

Dengan menggunakan alat multitestes maka anda dapat melihat apakah jalur ke arah lampu itu putus, berkarat atau kotor oleh debu. Salah satu tanda lagi yang sangat jelas ketika PCB mengalami karatan merupakan indikasi rusaknya Ac yang menyebabkan AC tidak dingin namun hanya mengeluarkan angin.

Kerusakan yang Terjadi Pada Blower Indoor

Kerusakan yang terjadi pada bagian Blower Indoor AC ternyata dapat menyebabkan lampu indikator AC tidak mau menyala. Hal ini terjadi karena blower sebenernya memiliki fungsi untuk memberikan udara dingin dari AC ke ruangan.

Pada saat lampu indikator AC tidak menyala maka AC tidak dapat bekerja secara maximal dan tidak ada aliran udara ke dalam ruangan. Jika masalah ini terjadi maa anda harus memeriksa blower AC apakah bergerak atau tidak. Lalu anda juga harus memeriksa arah putaran blower. Jika terjadi kerusakan maka perlu penanganan serius dari service AC tersebut.

Kerusakan yang Terjadi Pada Thermistor

Pada poin ke 6 ini jika lampu indikator AC anda tidak menyala alangkah baiknya mencoba periksa thermistornya. Kerusakan ini akan menyebabkan kompresor tidak dapat bekerja maximal. Biasanya jika terjadi kerusakan pada thermistor suhu AC menjadi tidak normal dan tidak sesuai dengan remote.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya ?

Solusinya anda bisa memeriksa thermistor AC anda, apabila rusak maka anda harus mengganti dengan yang baru. Tapi jika tidak tahu prosesnya bagaimana saran saya lebih baik menggunakan jasa service AC yang ada di kota anda.

Freon AC Habis

Pada saat terjadi masalah freon habis maka AC menjadi tidak terasa dingin, hanya mengeluarkan angin saja dan terkadang lampu indikator AC tidak menyala. Awalnya memang terlihat lampu indikator terlihat berkedip namun lama kelamaan akan mati total.

Freon sangat berperan penting pada AC karena bekerja memberikan udara dingin dari AC ke dalam ruangan. Cara untuk memeriksa masalah seperti ini dengan memeriksa tekanan dan saluran AC.

Apabila penyebabnya karena freon habis maka tambah isi freon. Namun alangkah baiknya juga periksa terjadi kebocoran atau tidak, jika bocor diisi lagi maka percuma akan habis juga.

Itulah beberapa penyebab lampu indikator AC tidak meyala dan cara memperbaikinya. Kerusakan yang dideteksi dengan lampu AC yang tidak menyala, memang masalah ini terlihat biasa namun jangan di anggap remeh ya.

Jika terjadi pada anda segera bawa ke service ac atau periksa terlebih dahulu apa penyebabnya dan cari tau solusinya atau cara memperbaikinya seperti apa. Semoga konten ini bermanfaat untuk anda semua yang sering mengalami masalah tentang AC. Jangan lupa komen atau share ke teman, sahabat atau kerabat anda supaya bermanfaat untuk orang lain juga.

Tinggalkan komentar