Pengertian Wangsalan Lengkap Beserta Bentuk dan Jenisnya

Pada saat kelas 8 sekolah menengah pertama (SMP) banyak sekali materi salah satu nya adalah pengertian wangsalan yang ada dalam pelajaran bahasa jawa, mungkin banyak istilah asing lagi yang perlu kalian tau. Bagi kalian yang mungkin kurang paham tentang hal ini bisa mempelajarinya dengan membaca artikel ini.

Dalam materi bahasa jawa sendiri juga terdapat penulisan aksara jawa yang penulisanya menggunakan huruf khusus tidak menggunakan abjad yang. Wangsalan sendiri adalah salah satu aspek penting dalam bahasa jawa yang harus benar-benar kita pahami.

Jika kalian belum banyak mengetahui tentang bahasa jawa, jangan khawatir di artikel ini ada banyak informasi terkait wangsalan yang bisa kalian pelajari. Berikut penjelasan lengkap seputar wangsalan.

Pengertian / Definisi Wangsalan

wangsalan hampir sama dengan parikan
pexels.com

Wangsalan adalah sebuah istilah yang menjelaskan pada formula singkat yang berkaitan dengan sebuah hal. Bentuk dari formula ini sendiri saling berhubungan antara satu dengan yang lain.

Bisa di katakan wangsalan ini memiliki dua makna yang saling berhubungan. mungkin kalian masih bingung disini, namun tenang saja bukan hanya pengertian yang kita pelajari kali ini namun contoh wangsalan dan bentuknya juga kita akan mempelajarinya.

Dalam hal ini tentu masih banyak contoh lain dari wangsalan yang dapat kalian pelajari lebih jauh nantinya. Wangsalan memiliki beberapa jenis yang perlu untuk kalian pelajari. Namun sebalum melangkah lebih jauh, terlebih kalian harus paham tentang bagaimana bentuk wangsalan berikut definisinya.

Bentuk Wangsalan

bentuk wangsalan adalah
pexels.com

Dalam memahami bentuk wangsalan ini tidak bisa dikatakan mudah apa lagi bagi kalian yang bukan orang jawa timur atau jawa tengah. Dalam hal ini, jika kita perhatikan dari sebuah wangsalan yang ada, dapat di simpulkan bahwa seluruhnya memang menggunakan bentuk frase nomina atributif

Frase nomina atributif ini di bedakan menjadi dua bentuk, yang pertama frase nomina berfungsi sebagai sebagai pembatas saja sedangkan yanag kedua adalah frase nomina atributif yang berfungsi sebagai penjelas terhadap sebuah nomina.

Perlu kalian tau bahwa bentuk wangsalan yang paling panjang hanya terdiri dari 4 (empat) kata saja, ada juga yang 3 (tiga) kata. Sisa bentuk wangsalan yang lainya hanya terdiri dari 2 (dua) kata saja. Selain jumlahnya bentuk wangsalan bisa di kenali dari bentuk suku kata yang digunakan.

Maka dari itu ada 4 (empat) suku kata untuk bentuk wangsalan dengan dua kata saja. Sedangkan wangsalan dengan 4 kata, maka akan menggunakan 8 suku kata sebagai susunan kalimatnya. Dan jumlah ini bisa dibilang sebagai jumlah terbanyak dalam pembuatan wangsalan.

Wangsalan sendiri bentuk dan susunannya sangat mirip dengan parikan (pantun bahasa jawa). Ternyata wangsalan dan parikan masih memiliki suatu kesamaan yakni bentuknya namun tidak untuk bunyi akhir dari akhir katanya. Dalam penerapanya wangsalan cenderung lebih banyak menggunakan majas dan verba.

Jenis Jenis Wangsalan

jenis-jenis wangsalan
pexels.com

Yang tidak kalah penting untuk kita pelajari adalah jenis-jenis wangsalan. Untuk pembahasan jenis-jenis wangsalan langsung masuk pada inti pembahasan saja. Jenis wangsalan memiliki 3 (tiga) kategori yang diantaranya adalah pembagian wangasalan dari pembentukan, cara pemahaman makna, dan yang ketiga adalah situasi pemakaian.

Tunggu pembagian dari jenis wangsalan belum berhenti sampai disitu, dari ketiga katergori tersebut masih akan di bagi lagi menjadi beberapa bagian. Di awali dari pembagian wangsalan berdasarkan pembentukanya yang memiliki dua jenis yakni wangsalan tunggal dan wangsalan rangkap.

Kategori yang kedua merupakan contoh wangsalan yang bisa kita lihat dari segi cara memahami makna yang disampaikan. Dalam konteks ini sebenarnya lebih cenderung pada aspek berapa tahap cara kita memahami makna dari contoh wangsalan tersebut. Kategori ini memiliki 2 (dua) dibedakan menjadi dua jenis yakni wangsalan lamba dan wangsalan memet

Kategori yang ketiga ini memiliki dua jenis wangsalan juga yang di bedakan berdasarkan bagaimana cara memahami situasi pengguanaan setiap katanya. Untuk kedua jenis ini memiliki istilah wangsalan biasa dan wangsalan literer. Sebagaimana beberapa jenis di atas kedua wangsalan ini akan di bahas pada artikel berikutnya di bawah ini.

Artikel Terkait : 9+ Contoh Wangsalan Tunggal / Rangkep / Lamba (Terlengkap)

Tinggalkan komentar