Teks Narasi : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan dan Contoh

Apakah kamu termasuk kriteria orang yang gemar membaca buku, novel, atau dongeng? Pernahkah kamu membaca teks pidato atau paragraf yang digunakan dalam membuat beberapa tesk.

Apakah dari kalian sudah tau apa itu teks narasi? Nah jika belum pada kesempatan kali ini kita akan membahasanya secara detail mulai dari pengertian, struktur, kaidah kebahasaan dan juga contohnya.

Selamat Membaca !

Bagaimana Cara Menulis Teks Narasi yang Baik dan Benar ?

Pernahkah kamu menulis atau membuat teks narasi? Jika belum kebetulan di bawah ini ada penjelasanya secara detail. Ingin tau bagaimana caranya simak dengan teliti penjelasan di bawah ini :

1. Pilih tema yang di inginkan sampaikan pada struktur bagian pertama.

2. Susun sesuai dengan peristiwa atau kejadian dalam bentuk skema alur agar lebih mudah di pahami oleh pembaca.

3. Membagi semua peristiwa menjadi 3 bagian yakni di letakan di awal, di tengah dan di akhir cerita.

4. Menjelaskan semua peristiwa secara detail dengan singkat, jelas dan padat.

5. Menyusun siapa saja tokoh yang berperan di dalam cerita.

6. Cantumkan semua sifat tokoh yang terlibat di dalam cerita.

7. Terakhir adalah mengerti tentang aturan tanda baca.

Pengertian Teks Narasi

Teks Narasi : meruapakan jenis paragraph yang isinya berupa karangan cerita yang dirangkai sesuai urutan kejadian atau peristiwa sesuai dengan kronologis dan berdasarkan waktu kejadiannya.

Sering kita jumpai bahwa teks ini sering digunakan untuk menghibur atau memberikan pengalaman pribadi kepada orang lain sesuai dengan fakta yang ada. Kalian bisa menemukan jenis teks ini pada sebuah novel, cerita rakyat atau cerpen.

Artikel Terkait : Teks Iklan : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh

Ciri-Ciri Teks Narasi

Untuk memudahkan kamu mengenali ini jenis teks narasi atau teks pantun. Seperti pada jenis teks yang lain ada beberapa ciri-ciri yang harus kalian pahami dari jenis teks yang satu ini.

Ada 7 ciri-ciri yang dapat mempermudah kamu nantinya untuk mengenali jenis teks apakah ini. Berikut penjelasan singkat nya :

– Rata-rata teks narasi dibuat beradasarkan fiksi atau sering kita sebut dengan imajinasi. Dimana ada juga yang dibuat berdasarkan kejadian yang sebenarnya (non-fiksi). Namun tidak di pungkiri bahwa ada juga jenis teks yang menggabungan keduanya yakni fiksi dan non-fiksi.

– Pada umumnya teks ini berusaha menjebak pembacanya dengan jawaban dari pertanyaan “apa yang sebenarnya sudah terjadi?”

– Teks ini disusun dengan urutan waktu yang jelas dan berurutan.

– Lebih menonjolkan unsur perbuatan dari pada tindakan.

– Susunan paragrafnya lebih ditekankan sesuai dengan kronologis.

– Memiliki konfil atau permasalahan yang krusial.

– Memiliki nilai estetika yang tinggi.

Struktur Teks Narasi

Untuk membuat teks yang utuh dan enak dibaca harus sesuai dengan struktur teks pada umumnya. Apa saja struktur teks narasi berikut penjelasanya ada di bawah ini :

– Orientasi (Pengenalan) : pengenalan ini berada pada bagian awal dari semua jenis teks. Pada tahap ini kamu akan di perkenalkan dengan para tokoh (pemeran), waktu, alur, latar belakang (tempat), dan gambaran suasana.

– Awal Permasalahan : Pada bagian kedua penulis akan memberikan awal terjadinya konflik (permasalahan) kepada para tokoh yang ada didalam cerita.

– Klimaks (Puncak Masalah) : Pada bagian kedua adalah puncak dari permasalahan yang sedang terjadi. Pada tahap ini yang sering di tunggu-tunggu oleh para pembaca karena disini adalah bagian puncak dari ketegangan dari semua cerita.

– AntiKlimaks (Peredaman Masalah) : Pada tahap keempat dimana semua masalah yang terjadi mendapatkan jalan keluar (solusi).

– Resolusi (Penyelesaian Masalah) : Tahap yang terakhir ini semua masalah sudah dapat diselesaikan oleh para tokoh karena sudah menemukan jalan keluar dari permasalahan yang di hadapi.

Jenis-Jenis Teks Narasi

Jika kamu tau ada beberapa jenis dari teks narasi ini diantaranya teks informative, teks ekspositorik, teks artistic, dan teks sugestif. Untuk penjelasan secara detailnya kamu bisa lihat dibawah ini :

– Informatif : merupakan jenis teks yang mempunyai sasaran atau tempat penyimpanan informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang tujuanya memperluas wawasan semua orang.

– Ekspositorik : adalah jenis teks yang penulisnya menceritakan peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya.

– Artistik : adalah jenis teks yang memberikan suatu amanat kepada para pembaca atau pendegar dengan sembunyi-sembunyi sehingga tampak seolah-olah tidak terlihat.

– Sugestif : adalah jenis teks narasi yang memberikan suatu pesan kepada para pembacanya secara diam-diam.

Tujuan Teks Narasi

Layaknya seperti jalan raya yang panjang dan memiliki arah tujuan yang jelas. Teks narasi sama halnya dengan itu memiliki beberapa tujuan, sudahkan kamu tau apa saja tujuan dibuatnya teks narasi ini?

Jika belum mari kita cari tau, apa tujuan dari adanya teks ini. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. Ada 3 tujuan yang bisa kalian tau diantaranya :

– Memberikan informasi atau wawasan serta memperluas pengetahuan.
– Memberikan pengalaman pribadi dengan susunan cerita yang estetis kepada para pembaca.
– Memberikan hiburan kepada orang yang hendak membaca.

Contoh Teks Narasi Singkat

Disebuah kota S, hiduplah seoarang pemuda yang ingin menjadi seorang pahlawan. Pada suatu hari ia memberi pertolongan kepada seorang anak kecil yang akan disekap oleh penjahat, ia kewalahan karena tubuh penjahat lebih besar dari pada dirinya. Karena pemuda ini memiliki semangat yang luar biasa dan sering olahraga dan lari 4km setiap harinya. Ia mampu mengalahkan penjahat tersebut dengan 2-3 kali pukulan.

Cerita diatas mengisahkan seorang pemuda yang terobsesi menjadi seorang pahlawan yang kuat dan tangguh setelah menyelamatkan anak kecil dari tangan seorang penjahat. Setelah melewati latihan yang di lakukanya setiap hari ia mampu merobohkan penjahat tersebut dan menjadi pahlawan untuk anak kecil tersebut.

Tinggalkan komentar