119

Teks Iklan : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Hampir setiap hari kamu tentu sering melihat beberapa iklan yang muncul di televise atau di internet (jejaring social). Walaupun tidak semua iklan yang tampil bisa kita pahami dan mengerti tujuan dari iklan tersebut.

Iklan-iklan yang sering bermunculan di televisi yang sering kita lihat adalah iklan produk, dan jasa. Nah untuk memudahkan kalian dalam mengenali beberapa teks iklan dimasfan akan mengajak kalian untuk mempelajari apa itu teks iklan?

Pada artikel sebelumnya kita sudah banyak membahas macam macam iklan. Nah pada kesempatan kali ini kita bahas secara lengkap mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan yang sering digunakan sampai dengan contoh dari teks tersebut.

Selamat Membaca !

Pengertian Teks Iklan

Teks Iklan : merupakan salah satu bentuk media promosi yang efektif unutk mempromosikan barang atau jasa kepada semua orang.

Iklan yang dibuat dengan bentuk seunik dan semenarik mungkin dengan tujuan supaya orang yang melihat tertarik untuk membelinya. Untuk mempromosikan iklan ada beberapa social media atau media elektronik yang bisa kita gunakan.

Contohnya seperti brosur, surat kabar, spanduk, poster, instagram, facebook dan masih banyak lagi yang lainya. Dengan adanya cara seperti ini memudahkan kita untuk mempromosikan barang atau jasa yang kita miliki untuk di bagikan kepada orang lain.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Narasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri dan Kaidah Kebahasaan

Ciri-Ciri Teks Iklan

Untuk memudahkan kamu untuk memahami dan mengenali teks iklan dengan mudah coba perhatikan ciri-ciri di bawah ini:

– Bahasa yang digunakan bersifat mengajak orang supaya tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang kita tawarkan.
– Menjelaskan barang atau jasa kepada masyarakat sekitar.
– Menggunakan informasi atau berita yang fakta dan opini.

Struktur Teks Iklan

Sebelum membuat teks iklan yang utuh ada beberapa struktur teks yang harus kalian pelajari diantaranya :

Judul : bagian pertama yang letaknya ada dibagian paling atas dan sering kita lihat di awal, tetapi tidak semua jenis iklan menggunakan sebuah judul untuk mempromosikan barang dan jasa.
Nama Barang atau Jasa : bagian kedua berisi tentang nama barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada public.
Deskripsi : Bagian terakhir merupakan penjelasan dari barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, diracang sebagus mungkin dengan tampilan yang menarik dilengkapi dengan alamat, no hp supaya bisa dihubungi oleh pembeli.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Cerita Sejarah Lengkap Beserta Penjelasanya 

Jenis-Jenis Teks Iklan

Ada beberapa jenis teks iklan yang wajib untuk kalian ketaui, Nah dimasfan sudah merangkumnya disini berikut penjelasanya :

Iklan Pengumuman : merupakan jenis iklan yang tujuanya memberitahukan kepada masyarakat menganai suatu hal penting contohnya seperti ulang tahun, acara bersih desa, atau kelahiran.

Iklan Artikel : merupakan jenis iklan yang menggunakan teks dengan susunan kalimat yang panjang tentang keunggulan barang atau jasa yang di tawarkan.

Iklan Undangan : adalah iklan ajakan untuk mengikuti suatu acara tertentu contohnya seperti khitanan, tasyakuran, dan pernikahan.

Iklan Layanan Masyarakat : adalah iklan yang memberi informasi kepada masyarakat tentang program dari pemerintah untuk swasta. Contohnya program keluarga berencana, dan anti narkotika.

Iklan Penawaran : merupakan jenis iklan yang berisi promosi barang atau jasa.

Iklan Permintaan : jenis iklan yang terakhir ini sering kita menjumpainya di dinding tembok, tiang listrik bahkan juga ada di pohon dalam bentuk poster. Contohnya seperti lowongan pekerjaan dan jasa.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Dalam membuat teks iklan supaya menjadi enak di baca dan mudah di mengerti oleh pembaca ada beberapa kaidah kebahasaan yang harus kalian perhatikan diantarnya persuasive, imperative, berima, berkesan positif, dan ringkas.

Nah jika dari kalian belum ada yang mengerti apa itu persuasive, imperative dll coba lihat penjelasan yang ada di bawah ini.

– Persuasif : Kata-kata yang ada di dalam teks harus memiliki sifat mengajak (persuasif) supaya para konsumen yakin dan percaya terhadap barang atau jasa yang kita tawarkan.

– Imperatif : Imperatif adalah permintaan, ajakan, dan juga larangan. Sering kita jumpai dengan kata-kata contohnya seperti : ikutlah, bergabunglah, hadirilah, wujudkanlah, nikmati, marilah, ayo.

– Berima : Kata-kata yang ada dalam sebuah teks iklan memiliki pengulangan kata atau yang sering kita sebut dengan rima.

– Berkesan Positif : Sebuah barang atau jasa yan ditawarkan akan menemukan saingan atau lawanya. Maka dari itu dalam sebuah iklan jangan sampai ada kalimat atau kata yang bersifat menjatuhkan barang dan jasa yang kita tawarkan.

Bersaing dengan sehat akan lebih baik dan membuktikan bahwa barang atau jasa yang diwatarkan memiliki keunggulan dari pada yang lain.

– Ringkas : Iklan yang menarik terkadang iklan yang tidak banyak penjelasanya akan tetapi langsung menyampaikan apa maksud dan tujuannya iklan tersebut dibuat dengan tujuan mempermudahkan kosumen untuk mengingatnya.

Fungsi Teks Iklan

Setiap hal apsti memiliki fungsi dan tujuan tertetu, begitu juga dengan tesk pembukaan pidato, berikut penjelasan yang kita bahas ini diantaranya :

Sebagai Reminder : Iklan mengingatkan konsumen tentang suatu produk agar selalu menggunakan reminder.
Sebagai Informasi : Menyampaikan info barang dan jasa yang kita tawarkan baik itu dari ciri-ciri sampai keunggulanya.
Sebagai Persuasi : Mengarahkan konsumen untuk membeli.

Syarat Teks Iklan

Sebelum membuat teks iklan ada beberapa persyaratan dalam pembuatanya yang diantaranya :

– Singkat, jelas, padat, mudah di pahami.
– Susunan kalimat tidak terlalu panjang.
– Sesuai dengan fakta dan objektif.
– Tidak menyinggung pihak manapun.
– Kata-kata yang digunakan sopan, menarik dan logis.

Contoh Teks Iklan

Dimasfan kali ini akan memberikan contoh teks iklan dalam bentuk gambar supaya kalian lebih mudah memahaminya, contohnya tentang produk minuman yang satu ini dimana poster ini menawarkan semua keunggulanya yang ada dalam minuman ini.

pengertian teks iklan

Menarik bukan dari tampilan kemasanya sudah membuat kita ingin memilikinya hehe.
Setelah dari awal sampai akhir kita sudah mempelajari banyak hal mulai dari pengertian, struktur, sampai dengan contohnya.

Harapan kami dengan kalian membaca artikel ini kalian dapat membuat suatu teks iklan yang nantinya akan dipublikasikan melalui social media baik cetak ataupun elektronik.

Contoh Teks Iklan Niaga (Kendaraan)

Dijual cepat motor ninja tahun 2014, warna putih-hitam, body mulus, mesin masih bagus, jarang digunakan, ban baru, harga 19 jt. Nego. Hub. 081835920347.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply