9
59

Teks Editorial : Pengertian, Struktur, Kaidah, Contoh [Lengkap]

Sudahkah kamu menjumpai sebuah teks yang berisikan pendapat pribadi dari seseorang terhadap suatu masalah? Apabila kamu pernah menemukan teks yang seperti itu secara sadar atau tidak sadar kamu sudah membaca pembukaan teks pidatosalah satunya adalah teks editoral atau sering kita sebut dengan teks opini.

Apakah kamu sudah tau apa perbedaan teks editorial dengan teks opini? Nah jika belum dibawah nanti akan ada penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur sampai contohnya.

Selamat Membaca !

Pengertian Teks Editorial

Pengertian teks editorial : merupakan sebuah teks yang berisi pendapat pribadi dari seseorang terhadap sebuah isu atau masalah actual.

Isu tersebut meliputi beberapa masalah diantaranya masalah politik, masalah social,masalah ekonomi yang memiliki hubungan secara signifikan dengan masalah politik.

Teks editorial atau teks opini rutin di tampilkan di media Koran atau majalah. Pengungkapan teks ini harus disertai dengan adanya bukti atau fakta. Bisa juga dikuatkan dengan alasan yang logis supaya pembaca atau orang yang mendengarkan dapat menerimanya.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Diskusi Lengkap Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Tujuan

 Ciri-Ciri Teks Editorial

Sama halnya dengan kebanyakan teks dalam Bahasa Indonesia yakni ciri-ciri yang mempermudah para pembaca untuk mengenali jenis teks apa ini. Dalam teks editorial ada 4 (empat) ciri-ciri yang bisa kalian pelajari diantaranya sebagai berikut :

  • Tema penulisanya merupakan berita yang sedang berkembang dan dibicarakan secara luas oleh masyarakat baik itu aktual maupun faktual.
  • Memiliki sifat yang sistematis dan logis.
  • Tajuk dalam rencana baik itu opini ataupun sebuah pendapat yang bersifat argumentative.
  • Menarik untuk dibaca karena penggunaan kalimatnya yang singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial

Ada beberapa struktur yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat teks editorial yang baik dan benar. Ada 3 (tiga) struktur yang harus kalian pelajari untuk menyusun teks editorial secara utuh diantaranya :

  • Pernyataan Pendapat : Bagian pertama berisisudut pandang penulis tentang masalah yang akan dibahas. Pada umumnyapernyataan pendapat sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.
  • Argumentasi : Bukti atau sebuahalasan yang digunakan untuk memperkuat pernyatan dalam tesis, meskipun secara umum argumentasi dapat disimpulkan untuk menolak suatu pendapat. Argumentasi bisa berbentuk pertanyaan umum atau data hasil penelitian.
  • Pernyataan atau Penegasan Ulang Pendapat : Bagian terakhir ini berisikan tentang penegasan ulang sebuah pendapat yang didukung oleh fakta pada bagian argumentasi untuk memperkuat atau menegaskan letaknya ada pada bagian terakhir teks.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Cerita Ulang Lengkap Struktur, Kaidah, dan Contoh

Tujuan Teks Editorial / Opini

Dibuatnya teks opini ini memiliki dua tujuan yang diantarnya adalah :

  • Memberikan pandangan lain kepada orang yang membaca terhadap isu yang sedang beredar di masyarakat.
  • Mengajak orang yang membaca untuk ikut berfikir dalam sebuah masalah baik itu topic atau isu yang sedang beredar di lingkungan sekitar.

Manfaat Teks Opini dan Editorial

Dengan dibuatnya sebuah teks dan di publikasikan tidak mungkin tidak ada tujuan atau maksud tertentu. Dan dari sebuah teks yang di publikasikan terdapat manfaat bagi orang yang membaca atau mendengarnya seperti manfaat teks editorial iniyakni.

Teks Editorial mampu memberikan informasi kepada orang yang membaca utuk merangsang pemikiran dan terkadang juga mampu menggerakan pembaca untuk melakukan sebuah tindakan”.

Fungsi Teks Editorial dan Teks Opini

  • Terkadang ada analisis tentang kondisi yang fungsinyauntuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang dapat terjadi.
  • Mengisi tempat kejadian (latar belakang) dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan socialatau bisa juga dari factor yang mempengaruhi secara menyeluruh.
  • Fungsi dari tajuk sendiri memiliki rencana umum untuk menjelaskan berita dan akibatnya kepada masyarakat.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Kaidah kebahasaan yang digunakan oleh teks editorial tidak jauh berbeda dengan teks prosedur kompleks. Kaidah kebahasaanya juga menggunakan verba material untuk lebih lengkapnya kamu bisa membacanya di bawah ini.

  • Konjungsi : Kata penghubung pada sebuahsemua teks misalnya : bahkan, dan , kemudian.
  • Adverbia :  Tujuanya supaya orang yang membaca yakindengan teks yang dibahas dengan menegaskan kata keterangan (adverbial frekuentatif). Kata yang sering digunakan yakni : biasanya, terkadang, selalu, sebagian besar waktu dan masih banyak lagi yang lainya.
  • Verba Mental : Verba mental merupakanverba yang menerangkan persepsi (misalnya melihat dan merasa), kognisi (misalnya berfikir dan mengerti), dan afeksi (misaknya suka dan khawatir). Verba mental memiliki partisipan pengindra (senser) dan fenomena.
  • Verba Material : Verba yang menunjukan perbuatan fisik atau sebuah kejadian.
  • Verba Relasional : Verba yang menampilkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B) dan kepemilikan (di dalamnya terdapat pengertian A memiliki B).

Contoh Singkat Teks Editorial atau Opini

Pelayanan Rumah Makan dan Mutu Kesehatan Harus Ditingkatkan

Padatahun lalu, ada beberapa rumah makan yang minim akan makanan yang di cekkesehatanya mulai dari bahan dasar yang digunakan. Banyak sekali makanan padajaman sekarang yang mengunakan kandungan obat kimia untuk mengawetkan bahan-bahan dapur salah satunya daging.

Salah satu hal yang menjadikan mutu pelayanan rumah makan menjadi kurang memuaskan karena banyak orang yang terkena effek sampingnya. Seharusnya pemerintah lebih sigap dan tegas dalam urusan di bidang kesehatan. Kalau bisa lebih ditingkatkan.

Supaya kedepanya banyak makanan yang sehat dan jauh dari zat kimia atau jenis bahan pengawet lainya. Dengan itu makanan yang kita konsumsi bisa menyehatkan tubuh kita.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply