68

Teks Diskusi Lengkap: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Tujuan

Berbagai jenis teks dalam bahasa Indonesia mungkin sudah pernah kalian pelajari, salah satunya adalah Teks Diskusi. Jika kamu memperhatikan artikel-artikel dalam category Bahasa Indonesia, bahwa sudah banyak sekali contoh teks pembukaan pidato yang sudah dijelaskan pada website ini.

Diskusi merupakan sebuah interaksi atau komunikasi antara dua orang atau lebih yang sifatnya berkelompok. Biasanya komunikasi antara kelompok dapat menambah ilmu pengetahuan kita yang nantinya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Dalam berdiskusi bisa membahas tentang apa saja yang awal mulanya sering kita sebut dengan topik / tema.

Selamat Membaca !

Pengertian Teks Diskusi

Pengertian teks diskusi merupakan sebuah teks yang memberikan dua pendapat yang berbeda tentang suatau hal (prodan kontra) yang mengakibatkan kedua pihak menjadi saling tukar pembicaraan yang menjadi persoalan.

Dari diskusi inilah terdapat manfaat yang bisa kamu ambil yakni dapat memperluas pengetahuan dan wawasan. Diskusi adalah salah satu kegiatan berbicara terhadap public.

Diskusi bisa juga didefinisikan pertukaran gagasan, pikiran dan pendapat antara dua orang atau lebih secara langsung.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Cerita Sejarah Lengkap Beserta Struktur dan Contohnya

Struktur Teks Diskusi

Sama seperti teks pada umumnya teks diskusi memiliki struktur yang digunakan untuk menyusun teks ini menjadi bentuk yang utuh. Berikut beberapa struktur teks ini  yang perlu kalian perhatikan.

  • Isu : Berisikan masalah yang nantinya akan didiskusikan lebih lebih dalam.
  • Argumen Mendukung: Berisikan argumen yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok masalah diskusi.
  • Argumen Menentang: Berisikan argument yang bertentangan dengan argument pendukung.
  • Kesimpulan : Berisikankesimpulan dan sebuah rekomendasi tentang isu yang beredar. Alangkah baiknya mengambil jalan tengah (solusi) tentang masalah yang sedang di diskusikan.

Jenis-Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi dibedakan menjadi beberapa jenis yang diantaranya sebagai berikut :

  • Simposium
  • Seminar
  • Diskusi Panel
  • Kongres
  • Muktamar
  • Sarasehan
  • Lokakarya

Dari beberapa jenis teks diskusi di atas semuanya memiliki system pembahasan yang berbeda beda antara satu dengan yang lain.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Editorial Struktur, Jenis, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Tujuan Teks Diskusi

Diskusi dilakukan dengan tujuan mencari sebuah solusi, kesepakatan,kesepahaman gagasan atau sebuah pendapat. Diskusi yag dilakukan oleh dua orang atau lebih sering kita sebut dengan diskusi kelompok.

Diskusi kelompok membutuhkan seorang ketua (leader) diskusi. Peran ketua ini adalah membuka dan menutup acara diskusi, membangkitkan semangat anggota untuk menyampaikan sebuah gagasan, menengahi anggota yang sedang melakukan perdebatan dan menyimpulkan hasil yang sudah di diskusikan.

Unsur-Unsur / Kaidah Kebahasaan

Dalam Teks diskusi agar terlihat sempurna ada beberapa unsur dan kaidah kebahasaan yang harus kalian ketahui sebelum membuat teks yang satu ini. Berikut 4 (empat) kaidah kebahasaan yang bisa kalian pelajari.

  1.  Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Konjungsi perlawanan ini menggunakan beberapa kata hubung diantaranya adalah tetapi, sedangkan, namun, dan juga sebaliknya.

  • Penggunaan Kohesi Leksikal

Kohesi Leksikal merupakan perpaduan yang dicapai melalui pemilihan sebuah kata.

  • Penggunaan Kohesi Gramatikal

Kohesi Gramatikal merupakan kepaduan yang dicapai dengan menggunakan beberapa elemen dan aturan gramatikal.

  • Pengguanaan Modalitas

Pengertian dari modalitas sendiri adalah kata yang memiliki makna kenyataan yang selalu dinyatakan dalam kalimat. Biasanya dinyatakan dengan kata-kata seperti ingin, mungkin, akan, harus.

Kami memiliki saran supaya kamu sebaliknya membacanya terlebih dahulu contoh teks diskusi sehingga dapat memahami dengan betul materi yang dimas sampaikan kali ini.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengetahui kaidah kebahasaan yang digunaan dalam sebuah teks contohnya seperti teks diskusi ini.  Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kalian seputar pelajaran Bahasa Indonesia.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply