6
13

Teks Cerita Sejarah Lengkap Pengertian, Ciri, Struktur, dan Kaidah

Apakahkamu pernah membaca cerita asal-usul suatu benda atau sebuah peristiwa? Jikabelum materi yang akan kita bahas kali ini ada hubunganya dengan asal-usul benda atau sebuah peristiwa.

Jikasekolah kalian menggunakan kurikulum K13 maka di kelas XII kalian akan menemukan materi teks cerita sejarah dan Teks Iklan. Alangkah lebih baiknya kamu memiliki bekal dahulu sebelum mendapatkan materi dari guru yang ada di sekolah kita.

Pada pembahasan kali ini dimas akan menjelaskan secara detail materi teks cerita sejarah mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan yang digunakan sampai dengan contohnya.

Selamat Membaca !

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Pengertian teks cerita sejarah merupakan teks yang menjelaskan dan menceritakan mengenai fakta dan sebuah kejadian masa lampau yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilaisejarah berupa peninggalan-peninggalan bersejarah.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Diskusi Lengkap Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Tahukah kamu apa saja ciri-ciri dari teks cerita sejarah? Jika belum tau mari kita pelajari bersama. Ada tiga ciri-ciri dari teks ini yang memudahkan kalian untuk mengenali teks ini atau bukan diantaranya adalah :

  • Cerita disajikan secara kronologis atau secara urut.
  • Berisikan fakta-fakta.
  • Menggunakan konjungsi temporal (kata sambung waktu).
  • Struktur teksnya : Orientasi, Urutan peristiwa, Reorientasi.
  • Bentuk teks cerita ulang (Recount)

Struktur Teks Cerita Sejarah

Dalam pembuatan teks cerita sejarah supaya menjadi susunan yang utuh dan mudah dipahami oleh pembaca harus memahi beberapa struktur beriku ini :

  • Orientasi : Bagian pertamamerupakan pengenalan atau pembuka dari suatu teks cerita sejarah.
  • Urutan Peristiwa : Rekaman perisitwasejarah yang terjadi dan biasanya disampaikan dalam urutan kronoligis.
  • Reorientasi : Komentar pribadi daripenulis terhadap cerita yang ditulisnya, reorientasi ini memiliki sifatoptional (boleh ditulis boleh tidak).

Artiekal Terkait : Contoh Teks Pembukaan Pidato Yang Baik dan Benar

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Dalam teks ini ada beberapa ciri kebahasan yang harus kamu perhatikan sebelum membuat teks cerita sejarah yang baik dan benar. Dengan adanya teks ini kamu dapat membedakan mana teks berita, teks iklan dan jenis teks-teks yang lainya.

Ada 4 (empat) kaidah kebahasaan yang bisa kalian simak penjelasanya dibawah ini :

  • Konjungsi Temporal (kata sambung waktu) : Fungsi dari konjungsi temporal menata urutan peristiwa yang sedang diceritakan. Pada umumnya banyak orang yang menggunakan kata hubung (penghubung temporal).
  • Pronomina (kata ganti) :  Kata yang digunakan untuk mengganti benda dan memberi nama kepada seseorang secara tidak langsung.
  • Frasa Adverbial :  Suku kata yang emnunjukan beberapa kejadian atau peristiwa, waktu dan juga latar belakang (lokasi kejadian).
  • Verba Material : Fungsi dari verba material adalah menunjukan aktivitas yang dilakukan oleh partisipan. Yakni menunjukan perbuatan fisik atu peristiwa. Contohnya “ Menendang, memukul, menyapu

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah

Jenis teks cerita sejarah di bedakan menjadi 2 kelompok besar yakni sejarah fiksi dan sejarah non-fiksi. Apa itu sejarah fiksi atau non-fiksi ada yang tau? Nah langsung saja kalian bisa mempelajari semuanya sudah ada di bawah ini :

Sejarah Fiksi : Sejarah fiksi sendiri di bedakan menjadi 3 yakni ada novel, cerpen, legenda, dan juga roman. Berikut penjelasan lengkapnya :

  • Cerpen (Cerita Pendek) : Cerita pendek berbentuk prosa naratif fiktif ini cenderung padat atau singkat dengan tujuanya dibandingkan dengan karya fiksi lainya yang umumnya narasinya lebih panjang.
  • Novel :  Karya fiksi prosa yang ditulis dengan bentuk naratif, pada umumnya dalam bentuk cerita, orang yang menulisnya mendapat sebutan novelis.
  • Legenda : Cerita porsa rakyat yang dianggap oleh sebagian orang adalah sesuatu yang benar-benar terjadi.
  • Roman : Jenis karya sastra berbentuk prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut sifat dan jiwa masing-masing. Roman tidak jauh dari kisah-kisah percintaan atau romantic.

Sejarah Non-Fiksi : Sedangkan untuk sejarah non-fiksi dibedakan menjadi 4 diantaranya biografi, autobiografi, cerita sejarah, dan cerita perjalanan. Berikut penjelasan lengkapnya :

  • Biografi : merupakan keterangan kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
  • Autobiografi : merupakan kisah tau keterangan hidup yang ditulis oleh orang itu sendiri.
  • Cerita Sejarah : merupakan cerita yang berhubungan dengan fakta atau kejadian masa lalu yang menjadi lokasi dengan memiliki nilai sejarah.
  • Cerita Perjalanan : merupakan teks yang menceritakan tentang sebuah perjalanan atau urutan peristiwa.

 Perbedaan Sejarah Fiksi dan Non-Fiksi

Terdapat beberapa perbedaan antara sejarak fiksi dan non-fiksi yang perlu kamu ketahui keberadaanya yakni diantaranya adalah :

Sejarah Fiksi

  • Pengembangan karakter tokoh tidak selalu terungkap keberadaanya.
  • Gambaran kehidupan sifat seorang tokoh lebih dalam.
  • Mempersembahkan kehidupan sesuai pandangan pengarang.
  • Jalan cerita disusun berbasarkan cerita nyata (fakta).

Sejarah Non-Fiksi

  • Gambaran kehidupan pemeran (tokoh) ditulis secara lengkap dan detail seperti faktanya.
  • Disusun berdasarkan fakta yang ada.
  • Menyajikan kehidupan sesuai data dan fakta yang sebenarnya.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

Nah setelah kita panjang lebar membahas dari awal sampai juga kita pada penghujung artikel ini. Bberikut adalah contoh teks cerita sejarah singkat beserta strukturnya yang bisa kalian pahami.

Sejarah Asal-UsulTerciptanya Instagram

Orientasi :

Siapa yang tidak tau tentang social media yang satu ini, yaps benar Instagram. Aplikasi ini berfungsi untuk berbagi foto dan juga video kepada public. Dalam penggunaanya bisa menambahkan effek dan mempublikasikan foto ke berbagai

Jenis jejaring social contohnya whatsapp dan juga facebook. Instagram terdiri dari dua suku kata yakni “insta” yang artinya “instan” sedangkan untuk kata “gram” memiliki arti mengarah pada kata “telegram”.

Urutan Peristiwa :

Burbn, inc merupakan perusahaan start up teknologi yang notabenya hanya focus pada pengembangan dan pembuatan app telepon genggam berdiri pada tahun 2010. Pada awalnya Burbn, inv ini hanya mendalami fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Dengan seiringnya waktu Mike Krieger dan Kevin Systrom selaku CEO dari perusahaan ini hanya ingin focus pada satu hal.

Dalam kurung waktu seminggu mereka berusaha membuat ide yang mungkin akan mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini menemukan versi pertama dari sebuah app yang bernama instagram. Akan tetapi pada prototype versi awal dari instagram ini terlalu banyak kelemahanya dalam semua systemnya. Maka dari itu akan di perlakukan uji coba.

Sulit untuk Kevin dan Mike untuk mengatur ulang semua fitur yang ada dan memulainya dari yang terbaru lagi. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk focus pada foto saja. Dan dari sini lah app instagram menjadi bentuk jejaring social yang banyak digunakan oleh semua orang.

Pada tahun 2012 lebih tepatnya pada tanggal 9 April diumumkan bahwa saham dan kepemilikan instagram akan di pegang oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 milliar dollar.

Reorientasi :

Instagram saat ini menjadi app yang banyak disukai oleh banyak orang baik di usia muda atau usia tua. Dengan kecanggihan semua fitur yang diberikan instagram menjadi semakin popular dari tahun ke tahun. Dengan jejaring social yang satu ini kita dapat mengetahui aktivitas dari teman kita hanya dengan melihat foto dan juga video yang mereka upload di instagram.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply