45

Teks Tantangan : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan

Pada Waktu sekolah menengah pertama di kelas IX kita akan menemukan materi Bahasa Indonesia, yang di dalamnya terdapat informasi bantahan terhadap suatu hal yang sedang di perdebatkan.

Materi ini sering disebut dengan teks tantangan, disini dimas akan menjelaskan secara lengkap mulai dari pegertian, struktur, ciri-ciri, sampai kaidah kebahasaan yang digunakan jika ingin membuat teks tantangan ini.

Selamat Membaca !

Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan merupakan teks yang berupa informasi bantahan terhadap suatu hal yang sedang kontroversial atau menjadi perdebatan di lingkungan sekitar yang di lengkapi dengan data-data argument yang bisa memperkuat bantahan tersebut.

Teks ini dapat digunakan sebagai sanggahan atau penguat saat melakukan perdebatan. Jadi jika kita sudah terpojokan kita bisa menguatkan hal bantahandengan menggunakan teks ini.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Cerita Ulang Lengkap Beserta Penjelasanya

Struktur Teks Tantangan

Pada teks ini terdapat 3 struktur yang bisa kita gunakan untuk membuat teks tantangan yang baik dan benar, berikut 3 struktur yang bisa kalian pelajari :

– Pengantar

Bagian pertama merupakan bagian yang mengandung topik yang akan di bantah.

Argumen

Bagian kedua merupakan bagian yang mengandung beberapa alasan atau bukti yang bisa kita perdebatkan dan memiliki tujuan unutk mendukung semua bantahan yang kita perdebatkan.

– Simpulan

Bagian terakhir ini merupakan bagian yang mengandung sebuah pertanyaan yang menegaskan semua bantahan.

Artikel Terkait : Teks Pantun : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan

Ciri-Ciri Teks Tantangan

Seperti teks pembukaan pidato pada umumnya teks tantangan ini juga memiliki ciri-ciri yang bisa kita pelajari. Dengan adanya ciri-ciri ini kita dapat dengan mudah membedakan teks diskusi dengan teks lainya. Berikut adalah ciri-ciri dari teks ini :

– Memiliki 3 (tiga) struktur diantaranya : Pengantar (isu), Argumen (pertentangan), Kesimpulan atau sebuah saran.

– Mengandung beberapa informasi yang berisi bantahan terhadap hal yang menjadi sebuah perdebatan di masyarakat yang di lengkapi dengan data-data dan sebuah argument.

– Memiliki ciri-ciri kebahasaan : Pilihan kata yang bijak, kata rujukan, kata hubung, dan kalimat yang kompleks.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa teks ini memiliki 4 kaidah kebahasaan yang harus kamu ketahui sebelum membuat teks tantangan yang baik dan benar.
Berikut beberapa kaidah kebahasaan yang digunakan dalam pembuatan teks ini diantaranya adalah :

– Kalimat kompleks : Kalimat ini memiliki lebih dari satu struktur dan satu kata kerja.
– Kata Hubung : Memiliki fungsi untuk menghubungkan satu kata dengan kata lainya.
– Kata Rujukan : Kata yang satu ini menunjukan rujukan sebagai pemberi informasi.
– Pilihan Kata : Supaya gagasan teks bisa disampaikan dengan baik.

Cara Membuat Teks Tantangan Yang Baik dan Benar

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan teks tantangan ini supaya menjadi susunan yang utuh. Supaya orang yang membaca mudah untuk memahaminya.
Berikut beberapa tahapan dalan membuat teks ini supaya menjadi susunan yang utuh.

1. Pertama yang dilakukan yakni menentukan sebuah tema dan judul teks.
2. Mencari beberapa sumber informasi yang akan dijadikan bahan pembicaraan yang berisikan argumentasi.
3. Menganalisi semua bahan atau data-data yang sudah dikumpulkan supaya menjadi pernyataan berupa :

– Susunan kalimat berupa kalimat topik yang pada setiap kalimatnya.
– Pengembangan kalimat pengembang `dan kalimat topik.
– Susunan paragraph harus sesuai dengan struktur.
– Menyunting kalimat harus sesuai dengan unsur kebahasaan.
– Penggabungan paragraph menjadi teks yang utuh.

Contoh Teks Tantangan Beserta Strukturnya

Nah setelah kita mempelajari materi pokok dari teks tantangan saatnya kita menuju pada penghujung artikel ini yakni contoh teks tantangan lengkap beserta strukturnya.

Artikel Terkait : 11+ Contoh Teks Tantangan Lengkap Beserta Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Pengantar (isu) : Formalin merupakan suatu bahan aktif yang tersusun dari beberapa rangkaian zat dan campuran bahan. Campuran bahan yang ada dalam formalin merupakan bagian dari zat kimia yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

Argumen : Banyak orang yang berkata bahwa formalin adalah obat yang terlarang dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tapi kenyataanya banyak orang yang memiliki sifat nakal di luar sana yang masih menggunakan formalin ini untuk dicampurkan ke dalam bahan makanan.

Dalam ilmu medis sebenarnya di larang keras mencampurkan formalin terhadap makanan dengan tujuan supaya awet dan tahan lama. Jadi disarankan untuk menghindari makanan yang tahan lama padahal jika kita tau makanan itu mudah membusuk.

Apabila anda menemui makanan atau minuman yang tahan lama padahal kita tau jika makanan itu tidak bertahan lama alagkah baiknya kita hindari saja, berarti dalam minuman dan makanan tersebut mengandung obat formalin.

Simpulan : Formalin yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan yang sebenarnya, malah disalah gunakan. Itulah yang mendapatkan citra buruk dalam lingkungan masyarakat.

Kesimpulan : yang bisa kita ambil dari pembahasan diatas bahwa teks tantangan adaah teks bantahan terhadap suatu hal yang masih hangat di masyarakat. Dalam penulisan dan cara pembuatanya kita harus memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaanya supaya orang yang membacanya merasa nyaman dan mudah untuk di pahami oleh mereka.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply