Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Amensalisme dan Parasistisme

Pada kelas tujuh di sekolah menengah pertama pastinya kamu nanti akan mendapatkan materi tentang simbiosis. Simbiosis berasal dari bahasa Yunani, yakni sym artinya dengan dan biosis artinya adahlah kehidupan.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini. Sebelum kamu mendapatkan materi ini di sekolah, alangkah baiknya jika kamu mempunyai ilmu dasarnya terlebih dahulu setidaknya tau akan apa itu simbiosis dan ada berapa jenisnya?

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas simbiosis secara detail mulai dari pengertian, jenis, sampai ke contohnya. Agar kamu mudah untuk memahaminya.

Selemat Membaca !

Pengertian Simbiosis Mutualisme

 

Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara kedua individu.

Sesuai dengan namanya mutualisme, masing-masing akan mendapat keuntungan dari hubungan timbal balik yang sudah di lakukan antara keduanya.

Artikel Terkait : Contoh Interaksi Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

Contoh Simbiosis Mutualisme

Ada beberapa contoh yang bisa kamu pahami dari jenis simbiosis yang satu ini diantaranya adalah sebagai berikut :

– Kupu-Kupu dan Bunga

Kupu-kupu yang menghinggap pada bunga dan mendapatkan sari-sarinya berupa nectar. Pada saat kupu-kupu hinggap pada bunga, kakinya akan menyentuh putik dan serbuk sari. Hal ini lah yang menjadikan serbuk sari jatuh ke putik, dan terjadilah proses penyerbukan.

– Burung Pelatuk dan Semut

Hubungan timbal balik yang dilakukan oleh kedua hewan ini yakni semut membantuk burung pelatuk untuk menjaga semua telurnya, sedangkan semut juga mendapatkan sarang sebagai tempat berlindung dari ganasnya serangan predator diluar sana.

Artikel Terkait : Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan [Lengkap]

– Bunga Raflesia dan Lalat

Hadirnya lalat disekitar bunga Raflesia membantu proses penyerbukan pada bunga tersebut. Bunga ini mengeluarkan sari manis yang menguntungkan bagi lalat.

– Burung Oxpecker dan Zebra

Hubungan timbal balik yang dilakukan oleh zebra sama seperti yang dilakukan oleh burung jalak dengan kerbau. Burung jalak mendapat keuntungan dengan memakan kutu pada tubuh kerbau sedangkan kerbau juga mendapatkan keuntungan karena terbebas dari kutu yang menempel pada tubuhnya.

– Kantong Semar dengan Kelelawar

Hubungan timbal balik yang dilakukan oleh kedua hewan ini cukup unik. Kelelawar mendapat keuntungan dari kantong semar yang melindungi kelelawar dari sinar matahari pada siang hari sedangkan kantong semar sendiri juga mendapatkan keuntungan berupa makanan dari kotoran kelelawar.

Artikel Terkait : Kumpulan Gambar Hewan Lucu, Ngakak, Kocak Terbaru 2019

Pengertian Simbiosis Komensalisme

 

Pengertian simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik yang dimana satu pihak akan mendapatkan keuntungan sedangkan pihak lain tidak dirugikan atau tidak diuntungkan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat beberapa contoh simbiosis komensalisme di bawah ini untuk mudah memahaminya.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Ada beberapa contoh simbiosis komensalisme yang akan memudahkan kalian dalam memahami materi ini berikut contohnya seperti di bawah ini :

– Tanaman Anggrek pada Pohon Rambutan

Tanaman anggrek hidup dengan cara menumpang pada pohon rambutan tanpa mengganggu proses pertumbuhan dari pohon tersebut. Pohon anggrek mendapat tempat dan merasa diuntungkan sedangkan pohon rambutan tidak mendapat keuntungan dan tidak dirugikan.

– Bulu Babi dan Ikan Goby

Bentuk ikan ini tidak terlalu besar dan memiliki ukuran yang tipis. Ikan ini akan menggunakan duri-duri yang dimiliki oleh bulu babi yang mengandung racun untuk berlindung dari serangan para predator. Sehingga ikan goby merasa diuntungkan dengan adanya bulu babi sedangkan untuk bulu babi tidak mendapat kerugian atau pun diuntungkan.

– Udang dan Timun Laut

Hubungan yang dilakukan udang dengan timun laut ini ada yang mendapat keuntungan ada yang tidak. Udang akan memperoleh sisa makananyang ada di sekitar timun laut. Adanya udang tidak mengganggu timun laut jadi timun laut tidak merasa diuntungkan dan juga tidak dirugikan.

Pengertian Simbiosis Amensalisme

 

Pengertian Simbiosis Amensalisme adalah hubungan timbal balik yang diaman satu pihak dirugikan sedangkan pihak yang lain tidak mendapat keuntungan dan tidak mendapat kerugian.

Nah untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat beberapa contoh simbiosis amensalisme di bawah ini.

Contoh Simbosis Amensalisme

Jika kamu masih bingung dari pengertian di atas langsung saja memahami contohnya insyaallah akan lebih mudah memahaminya berikut beberapa contoh dari simbiosis amensalisme beserta penjelasanya.

– Tumbuhan Lamtoro dan Gandum

Tumbuhan lamtoro mampu mengeluarkan senyawa yang memberikan dampak negative kepada gandum. Gandum akan mendapat kerugian dengan adanya tumbuhan lamtoro di dekatnya.

– Gulma dan Tanaman Produksi

Adanya gulma akan menjadi penghambat pertumbuhan dari padi dikarenakan ia menghalangi padi untuk mendapatkan sinar matahari. Disini gulma tidak akan mendapat keuntungan dan juga tidak dirugikan. Sedangkan untuk padi akan mendapatkan kerugian karena tidak mendapat cukup matahari.

– Pohon Walnut dan Tumbuhan Disekelilingya

Pohon ini memiliki unsur senyawa alelopati yakni senyawa yang berisfat dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berada disekitarnya. Jadi tumbuhan yang ada disekitar pohon walnut akan dirugikan dengan keberadaanya.

Pengertian Simbiosis Parasistisme

 

Pengertian simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik antara individu yang dimana satu pihak mendapatkan keuntungan sedangakan untuk pihak lain akan mendapat kerugian.

Hubungan seperti apakah ini? Sudahkan kamu tau hubungan antara tumbuhan apa yang satu diuntungkan satunya dirugikan? Jika belum mengetahuinya coba simak penjelasan di bawah ini.

Contoh Simbosis Parasitisme

Berikut beberapa contoh dari simbiosis parasitisme yang dapat kalian pelajari diantaranya adalah :

– Tali Puri pada Tanaman Pagar

Tali putri adalah jenis tumbuhan yang tidak bisa membuat makanan sendiri sehingga, adanya tali putri pada tanaman di pagar akan mengambil makanan yang dihasilkan oleh tanaman yang berada di pagar.

Tanaman yang berada di pagar akan mendapat kerugian sedangkan untuk tali putri akan mendapat keuntungan dengan cara mengambil makanan yang berada di pagar tersebut.

– Benalu dengan Pohon Jambu Air

Tumbuhan benalu memiliki akar hisap yang sangat kuat sehingga dapat menyerap sari-sari makanan yang ada pada tumbuhan yang ditumpanginya. Sehingga pohon jambu air akan mengalami kerugian sedangkan benalu akan mendapat keuntungan dari sari-sari makanan yang ada pada pohon jambu air.

Alhamdulilah setelah pembahasan yang cukup panjang kita tiba pada penghujung artikel. Semoga pembahasan 4 jenis simbiosis ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk mengunjungi halaman ini, untuk melihat lebih lengkapnya informasi atau pelajaran bisa mengunjungi dimasfan.com untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian.

Tinggalkan komentar