5
19

Pengertian Seni Kriya beserta Contoh dan Macamnya

Pengertian Seni Kriya beserta contoh, macam dan perkembangannya

Karya Seni – Hallo kembali lagi bersama dimasfan kini saya akan menjelaskan tentang Seni Kriya. Pasti diantara kalian masih banyak yang tidak tau tentang apa itu seni kriya? Dan pasti kalian bertanya-tanya bagaimana cara pembuatanya?

Bukan hanya ketrampilan tangan saja yang di butuhkan untuk membuat karya seni ini. Tetapi harus menghasilkan nilai estetika atau bisa disebut harus memiliki keindahan. Banyak sekali contoh tentang karya seni ini di antaranya adalah sebagai berikut: Patung, Tenun, Anyaman, Batik, Relief, Sulam, dan masih banyak yang lainya.

Pengertian Seni Kriya

Seni Kriya

qolbunhadicom

Seni ini sendiri sudah ada sejak jaman dahulu. Karya seni ini sudah ada sejak jaman batu, pada jaman itu manusia di jaman batu membuat benda yang berbentuk apapun yang di buat menggunakan tangan.

Pengertian dari seni ini adalah sebuah karya seni yang di buat menggunakan ketrampilan tangan tanpa mengurangi nilai keindahanya. Dengan ini karya seni ini bisa di katakan sebuah karya seni yang tidak hanya menghasilkan bentuk yang bagus tetapi juga memperhatikan sebuah keindahan dari benda yang di hasilkan.

Seni ini bila di artikan dalam bahasa sansekerta adalah kriya yang berarti membuat sesuatu benda yang mempunyai nilai seni dan keindahan. Jika di artikan dalam bahasa inggris bernama craft yang mempunyai arti membuat.

Manfaat yang bisa di hasilkan oleh karya ini sendiri adalah tidak hanya bisa di gunakan saja tetapi bisa di buat sebagai hiasan. Atau mungkin bisa di olah menjadi benda yang bermanfaat buat kehidupan manusia.

Perkembangannya

Seni Kriya

perkembangan

Berkembangnya karya seni di indonesia terbagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut:

  1. Seni Kriya Indonesia baru
  2. Seni kriya Tradisional Klasik
  3. Seni Kriya Tradisional Rakyat

Itu tadi adalah 3 pengelompokan dari perkembangan karya seni yang berada i nusantar. Jika mau yang lebih lengkap, kalian bisa mengenali dari macam-macamnya  yang ada pada waktu jaman tersebut. Simak semuanya di bawah ini:

  • Seni Kriya Indonesia baru

Karya seni ini pada jaman kolonial pendidikan lebih menganjurkan pada nilai-nilai rasional serta kehidupan jasmaniah.

Tingkat kesadaran akan adanya nilai luhur terhadap nilai-nilai tradisi karya seni menjadi semakin lemah. baik itu karya seni klasik maupun karya seni rakyat yang berasal dari berbagai macam daerah.

Beberapa dari kerajinan karya seni ini dapat di padukan dengan bahan-bahan industri. Komersialisasi yang melanda para pencipta seni sehingga mereka tidak akan bisa mewariskan ilmu yang mereka miliki.

  • Contoh Seni Klasik

Karya seni ini sudah muncul pada jaman Hindu Budha di jaman ini kaidah karya seni sudah di tetapkan dalam sebuah pedoman seni oleh empu di jaman tersebut.

Kualitas seni yang di hasilkan juga tidak bisa di pandang remeh hasil yang di ciptakan sangat bagus. Mereka mendasarinya dengan pemikiran falsafah serta pandangan Agama Islam, Agama Budha, dan Agama Hindu.

Ada salah satu contoh yang bisa kita ambil pada jaman ini adalah pandai perak, pandai emas, kerajinan pembuatan topeng, pandai keris, ukiran kayu dan wayang kulit.

  • Seni Kriya Tradisional Rakyat

Salah satu ciri kebudayaan etnik menghasilkan corak kesenian tradisional. Mengikuti watak serta adab yang ada di dalam kehidupan dalam bermasyarakat serta lingkungan alam.

Jenis atau teknik pembuatan karya seni ini di tentukan oleh adanya bahan serta alat dan perlengkapan yang tersedia di sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat.

Fungsi Dari Seni Kriya

Karya seni ini memiliki beberapa fungsi contohnya sebagi berikut:

  • Karya Seni Sebagi Benda Terapan

Seni Kriya

qolbunhadicom

Selain mengutamakan nilai keindahan dari suatu benda, karya seni ini juga mempunyai manfaat yang sangat tinggi. Contohnya perabotan rumah tangga, keramik dan masih banyak yang lainya.

  • Karya Seni Indonesia

Seni Kriya

rozisenirupa-blogger

Banyak sekali benda-benda yang di hasilkan dari kerajinan seni ini yang di manfaatkan untuk dekorasi atau hiasan. Hal ini di karenakan karya seni ini mengutamakan nilai keindahan. Contohnya sebagai berikut: Cinderamata, Hiasan pada dinding, Patung, dan masih banyak lagi yang lainya.

  • Seni Kriya Dibuat Sebagai Mainan

Seni Kriya

aliexpress.com

Karya seni ini jugabisa di manfaatkan sebagai mainan. Banyak sekali orang yang membuat mainan dari olahan tangannya sendiri. Bentuknya pun beraneka ragam dan macam macam tingkat kesulitanya. Masalah harga relatif murah dari pada mainan yang di ciptakan oleh pabrik modren. Contoh mainan yang di hasilkan dari ketrampilan tangan adalah sebagai berikut: Miniatur sepeda motor, Miniatur truk, Miniatur bus boneka, dan masih banyak lagi yang lainya.

Macam macam Seni Kriya dan cara pembuatanya:

Banyak sekali macam-macam karya seni ini dan teknik-tekniknya berikut ulasanya.

  • Aneka Batik

Seni Kriya

Batik

Proses pembuatan karya seni yang satu ini bisa di lakukan menggunakan banyak cara salah satunya menggunakan teknik tulis, cap, dan juga lukis. Teknik batik tulis sendiri sudah terkenal di seluruh nusantara. Karena ada salah satu teknik yang sangat banyak di gunakan masyarakat untuk menciptakan batik yaitu teknik tulis.

  • Karya Seni Kriya Ukir

Seni Kriya

ukir kayu

Pulau bali adalah surganya tempat mengukir kenapa mendapat julukan itu karena mayoritas penduduk di pulau bali pintar dalam hal ini. Bisa menciptakan hasil karya seni yang beragam mulai dari patung, ukiran atau kerjinan yang unik dan menarik lainya.

Karya seni yang terkenal dari bali adalah seni pahat yang berbentuk patung arca dengan menggunakan bahan baku batu andesit. Selain menggunakan bahan baku batu, logam, kayu, serta kulit hewan sebagai bahan untuk menciptakan suatu karya seni yang memiliki nilai estetika.

  • Seni Kriya Anyaman

seni kriya

seni-kerajinan-anyaman

Ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan dalam menciptakan suatu karya seni anyaman ini. bahan-bahannya yag bisa di gunakan antara lain: pelepah pisang, serat kayu, rotan, bambu, dan tali.

Teknik yang di gunakan dalam karya seni ini memanfaatkan teknik horisontal, vertical, dan juga diagonal. Lebih tau selengkapnya silakan cek disini Lean More.

  • Karya Seni Kriya Tenun

Seni Kriya

Kain Tenun

Karya tenun sendiri dapat di kelompokan menjadi 2 bagian yaitu: tenun songket dan tenun ikat. Di dalam teknik tenun ini terdapat sebuah perbedaan yaitu berbeda di dalam menentukan bahan baku yang akan di gunakan dan juga berbeda dalam teknik pembuatan.

Negara Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan karya seni tenun terbesar di dunia terutama dalam menentukan corak hiasan.

Banyak sekali daerah di Indonesia yang terkenal sebagi daerah penghasil tenun ikat terbaik. Di antaranya yaitu : Sulawesi, Kalimantan Timur, Toraja, Kalimantan Barat, Bali, Maluku, NTT, dan yang terkahir adalah Aceh.

Dan yang menghasilkan kain tenun songket terbaik di Indonesia yaitu: Riau, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Lombok dan Palembang.

  • Karya Seni Bordir

Seni Kriya

zenobiapare.blogspot.com

Karya seni ini adalah suatu karya seni yang terbilang cukup sulit bagi orang yang batas kesabarannya sedikit. Karena karya seni ini sangat membutuhkan ketekunan dalam hal pengerjaaanya.

Kerajinan ini memiliki fungsi sebagi hiasan dalam suatu kain sehingga kain tersebut akan terlihat indah dan cantik. Kerajinan ini sudah lama berkembang di negara kita dan motif yang di ciptakan banyak sekali ragamnya.

Jenis Seni Kriya

Berbagai bentuk yang bisa di hasilkan oleh kerajinan yang satu ini dan bahan-bahan yang di gunakan berasal dari alam. Dari beberapa kerajinan yang sudah mengikuti jaman ada juga yang masih tetap percaya mempertahankan khas atau ketradisionalanya.

Berikut adalah contoh dari beberapa jenis dan bahan yang di pakai:

  • Terbuat Dari Bahan Kayu

Seni Kriya

Ukir Kayu

Suatu karya seni yang dalam teknik pembuatanya menggabungkan 2 unsur sekaligus yaitu nilai nilai estetika dan fungsi dengan bahan yang di gunakan yaitu kayu.

Dalam hal pengerjaan ini terdapat 2 macam tingkatan yaitu tingakatan bagi pemula dan tingkatan bagi yang sudah profesional. Bentuk yang di buat adalah seperti wayang golek, furnitur dan topeng.

  • Karya Seni Berbahan Tekstil

Seni Kriya

Tekstil

Karya seni yang menggunakan bahan dasar kain yang cara membuatnya dengan cara dipres, ditenun dan masih banyak lagi cara yang lain untuk menciptakan sautu karya seni yang mempunyai daya jual yang tinggi.

Bisa yang anda ketahui kain terbuat dari serat yang dipintal untuk di jadikan benang dan kemudian ditenun sehingga akan menghasilkan suatu kain yang bisa untuk di gunakan sebagai kerajinan.

Tekstur kain, Tebal tipisnya kain atau jumlah serat dan variasi dalam rajutan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi hasil yang diciptakan nantinya.

  • Seni Kriya Logam

Seni Kriya

Karya seni dari Logam

Seni ini mengolah benda logam untuk di jadikan sebuah karya seni yang memiliki nilai jual. Teknik pembuatanya ada 2 cara yang pertama yaitu dengan cara cetak lilin dan yang kedua menggunakan cara bilvave.

Bahan logam yang biasanya di gunakan adalah logam seperti perunggu, emas, perak, dan alumunium dan masih banyak juga yang lainya.

Hasil yang diciptakan pun tidak kalah bagus dengan bahan-bahan yang lain contohnya seperti peralatan rumah tangga, mininatur, dan masih ada lagi yang lainya.

  • Terbuat dari Kulit Hewan

Seni Kriya

Sepatu kulit

Karya seni ini menggunakan bahan dasar utamanya adalah kulit hewan. Kulit hewan yang sering di gunakan dalah kulit hewan sapi, kerbau, ular dan buaya.

Sebelum kulit-kulit ini di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan kulit ini harus melewati proses yang panjang terlebih dahulu. Dimulai dari pencucian, pembersihan hingga memasuki tahap yang terkahir yaitu tahap pengolahan kulit untuk di jadikan bahan dasar.

Hasil dari kerjainan menggunakan bahan dasar kulit ini bisa di jadikan dompet, jaket, tas, dan ikat pinggang. Dan daerah yang ada kerajinan seperti ini masih ada di beberapa kota di Indonesia antara lain Garut, Bali, dan Yogyakarta.

  • Kerajinan dari bahan keramik

Seni Kriya

keramik

Banyak sekali kerajinan yang terbuat dari keramik ini contohnya vas bunga, pot, guci dan masih banyk yang lain-lain. Bahan dasar dari keramik adalah tanah liat yang bukan sembarang tanah liat yang di ambil.

Kerajinan ini di buat dengan menggunakan berbagai teknik yaitu bisa dipijat, dicetak dan dipilin. Setelah tahap di atas selesai masuk kepada tahap pengeringan untuk tahap ini hanya mengandalkan sinar matahari saja untuk tahap pengeringan.

Nilai jual pada tahap ini sangat tinggi dan banyak sekali di cari oleh konsumen. Masih sedikit daerah di Indonesia yang membuat kerajinan dari keramik ini. Contohnya daerah Yogyakarta, Malang, Purwokerto dan Cirebon.

Maka dari itu jagalah alam kita, negara kita karena kita mempunyai sangat banyak kekayaan alam yang sayang jika di lewatkan begitu saja. Jaga wilayah kita yang indah ini jangan sampai terus-menerus wilayah kita ini di akui oleh negara lain. Yang sudah terjadi biarlah terjadi yang belum terjadi jangan sampai terulang lagi.

Nah sekian dahulu penjelasan dari saya tentang Seni Kriya secara mendalam. Yang di mulai dari pengertian, macam-macamnya, penjelsanya dari awal sampai akhir, dan beserta contohnya semoga bisa bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply