√ Penjelasan Singkat Rantai Makanan | Pengertian, Jenis, dan Gambarnya

Pada saat belajar Ilmu Pengetahuan Alam kamu pasti pernah mempelajari materi tentang rantai makanan. Rantai makanan sering menjadi salah satu istilah yang sudah sering kita dengar.

Namun di antara kalian pasti ada yang belum begitu paham tentang apa yang dimaksud dengan rantai makanan? Tenang saja pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahasanya secara detail mulai dari pengertian, jenis, contoh beserta dengan gambarnya.

Jadi simak penjelasan yang ada di bawah ini dengan seksama agar mudah untuk memahaminya.

Selamat Membaca !

Apa Yang Dimaksud Rantai Makanan?

pengertian rantai makanan

Pengertian Rantai Makanan adalah sebuah urutan peristiwa makan dan dimakan anatara sesama makhluk hidup.

Dalam urutanya ada hewan yang berperan sebagai produsen, konsumen dan dekomposer. Dari setiap tingkatan peristiwa memiliki tingkat trofik yang berbeda.

Tingkatan trofik yang pertama adalah suatu organisme yang dapat menghasilkan atau membuat suatu zat makanan menjadi tumbuh-tumbuhan hijau atau kita bisa menyebutnya sebagai produsen.

Organisme yang kedua ditempati oleh konsumen yang pada umumnya ditempati oleh hewan herbivora. Sedangkan untuk organisme yang terakhir di tempati oleh konsumen sekunder yakni hewan hewan karnivora.

Artikel Terkait : Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Amensalisme dan Parasistisme

Jenis-Jenis Rantai Makanan

rantai makanan

Berdasarkan dengan organisme yang ada rantai makanan dikelompokan menjadi beberapa tipe. Diantaranya rantai perumput, rantai detritus, rantai parasit, dan rantai saprofit. Berikut penjelasan singkatnya dari masing-masing tipe.

Rantai Perumput (Grazing Food Chain)

Grazing food chain adalah jenis rantai makanan yang sering kita temui disekitar kita. Karena ekosistem mereka sangat banyak di sekeliling kita tanpa kita sadari. Contohnya seperti tumbuh-tumbuhan yang berperan sebagai produsen pada tingkatan trofik pertamanya.

Contohnya : Rumput – Belalang – Burung – Ular

Rantai Detritus

Jaring-jaring makanan yang satu ini tidak dimulai dari tumbuhan akan tetapi dimuali dari detritivor. Apa itu detritivor? detritivor adalah organisme heterotrof yang mendapatkan energi dengan cara memakan sisa-sisa dari makhluk hidup.

Contohnya : Daun Kering – Cacing Tanah – Ayam – Manusia

Rantai Makanan Parasit

Jenis ini merupakan istilah bagi organisme yang tujuan hidupnya merugikan organisme lain. Jenis yang satu ini memiliki ciri khas yakni adanya organisme kecil yang memangsa organisme besar.

Contohnya : Kerbau – Kutu – Burung Jalak – Burung Elang

Rantai Makanan Saprofit

Saprofit merupakan istilah untuk organisme yang mampu mengurai sisa-sisa organisme yang sudah mati. Organisme ini berbeda dengan detritifor.

Ciri-ciri yang bisa kamu kenali dari saprofit ini mulai dari penguraian jasad makhluk hidup oleh organisme saprofit. Apa saja contoh dari organisme saprofit diantarnya : jamur, bakteri, dan lumut.

Contohnya : Kayu Lapuk – Jamur – Ayam – Rubah

Artikel Terkait : Pengertian Metagenesis, Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna [Lengkap]

Contoh Rantai Makanan

contoh rantai makanan

Nah pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas pengertian dan jenis-jenisnya untuk mempermudah kamu memahami materi ini admin akan memberikan beberapa contoh beserta penjelasan singkatnya di bawah ini :

Contoh Rantai Makanan Yang Tinggal di Daratan

contoh rantai makanan

Tanaman Padi Tikus Ular Burung Elang Pengurai

Berikut penjelasan dari contoh yang di atas simak baik-baik ya jika belum paham kamu bisa membacanya kembali sampai paham.

  1. Padi adalah berperan sebagai produsen makanan untuk makhluk lain.
  2. Tikus mempunyai peran konsumen primer dan nantinya akan menjadikan tumbuhan sebagai makananya.
  3. Tikus juga akan memakan pagi untuk bertahan hidup.
  4. Ular memiliki peran sebagai konsumen sekunder atau hewan karnivora dan menjadikan hewan lainya sebagai mangsanya.
  5. Elang mempunyai peran sebagai konsumen puncak. Atau bisa di deskripsikan dia bisa memakan ular dan juga tikus.
  6. Pengurai adalah peran dari si Elang untuk menjaga nutrisi yang ada pada tubuh burung elang supaya nanti bisa diserap lagi oleh tanah.

Contoh Rantai Makanan Yang Ada di Air

rantai makanan
sumber gambar : mediamaya.com

Phytoplankton ikan kecil ikan sedang ikan hiu pengurai

Berikut penjelasan dari contoh yang di atas simak dengan baik ya jika kamu merasa belum paham kamu bisa membacanya kembali di ulang-ulang sampai paham.

  1. Phytoplankton memiliki peran sebagai produsen karena ia mampu membentuk cadangan makanan dari proses Fotosintesis dan cadangan makananya disebut Amylum.
  2. Ikan kecil memiliki peran konsumen primer, karena ikan ini akan menjadikan phytoplankton sebagai makananya.
  3. Anjing Laut berperan sebagai konsumen sekunder dimana harus memakan ikan kecil untuk bertahan hidup.
  4. Ikan Hiu memiliki peran sebagai konsumen puncak yang mampu memakan anjing laut dan juga ikan-ikan kecil untuk tetap bertahan hidup.
  5. Pengurai adalah berperan untuk mengurai ikan hiu pada saat ia mati dan nutrisi yang ada pada tubuh ikan hiau bisa diserap kembali oleh air dan tanah.

Apa Yang Di Maksud Jaring-Jaring Makanan?

Di dalam sebuah ekosistem tidak hanya terdiri dari satu rantai makanan saja akan tetapi ada banyak jenis yang lainya. Contohnya seperti tumbuhan hijau tidak selalu dimakan oleh satu organisme saja namun bisa juga dijadikan santapan untuk konsumen primer.

Contohnya : Ulat memakan daun sawi, Daun sawi dimakan belalang, Belalang dimakan katak, Burung pipit dimakan burung elang.

Tinggalkan komentar