Pengertian Metagenesis, Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna [Lengkap]

Pada saat di sekolah menengah pertama (SMP) pasti kamu sudah pernah mendengar istilah metamorfosis dan metagenesis. Nah apa yang dimaksud dengan metamorfosis itu? Jika di terjemahkan secara lisan artinya adalah perkembang biakan yang terjadi pada makhluk hidup.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas nya secara detail apa itu metamorfosis? Disini kita akan membahasnya mulai dari pengertian, jenis, dan juga contohnya.

Tidak perlu bertele-tele langsung saja simak penjelasan singkat tentang metamorfosis dan juga metagenesis di bawah ini :

Selamat Membaca !

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis adalah : perubahan bentuk yang terjadi pada hewan dari fase muda menuju ke fase dewasa.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengamati penjelasan dari beberapa pertumbuhan hewan dan tumbuhan yang ada di bawah ini.

Artikel Terkait : Pengertian Rantai Makanan Beserta Contoh dan Penjelasanya

– Bibit anggur akan tumbuh dan berkembang seiring berjalanya waktu akan tumbuh menjadi pohon anggur dewasa dan bisa menghasilkan buah.

– Kecebong adalah (katak kecil) yang akan tumbuh dan berkembang menjadi katak dewasa dan dapat menghasilkan telur dan menjadi kecebong kembali.

Artikel Terkait : Contoh Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna [ Lengkap ] 

Contoh Metamorfosis atau pertumbuhan di atas adalah perubahan bentuk tubuh hewan maupun tumbuhan yang sesuai dengan alurnya. Begitu juga yang di alami oleh manusia.

– Terlahir dari Rahim seorang ibu berupa bayi kemudian tumbuh menjadi anak-anak – remaja – orang dewasa dan akhirnya bisa menghasilkan individu yang baru.

Proses itu akan berjalan secara langsung sesuai dengan alurnya. Pada kelompok hewan serangga metamorfosis dibedakan menjadi 2 macam yakni metamorfosis sempurna dan

Pengertian Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna.

Apa itu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna diantara kalian apakah sudah ada yang tau perbedaanya? Nah jika belum ada coba simak penjelasanya singkatnya di bawah ini.

Metamorfosis Sempurna 

Perubahan pada hewan yang khususnya serangga memiliki bentuk yang berbeda dari bentuk hewan serangga pada umumnya. Contohnya seperti Kupu-kupu dan katak.

Artikel Terkait : Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tak Sempurna [ Lengkap ]

Metamorfosis Tidak Sempurna

Rangkaian perubahan bentuk pada serangga yang diawali dari nimpha menjadi hewan dewasa. Contohnya seperti : jangkrik dan belalang.

Pengertian Metagenesis

Pengertian metagenesis adalah salah satu tahap bentuk perbuahan fisik makhluk hidup yang sering kita sebut dengan pergantian keturunan.

Terdapat dua individu pada materi metagenesis yakni individu penghasil sperma dan individu penghasil spora. Kedua individu ini tidak pernah hidup bersamaan dalam semasa hidupnya mereka saling bergantian dalam pergiliran keturunan.

Artikel Terkait : Pengertian Ekosistem, Macam-Macam, Komponen dan Contohnya

Dalam bahasa metagenesis dijelaskan bahwa metagenesis merupakan sebuah proses pergantian generasi antara generasi sporofit dan gametofit. Untuk lebih jelasnya akan di jelaskan oleh gambar di bawah ini.

Metagenesis sendiri bisa terjadi pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan tertentu. Jadi tidak semua jenis hewan dan juga tumbuhan yang masa pertumbuhanya menggunakan metagenesis.

Apa perbedaan metagenesis pada tumbuhan dan hewan? Jika kamu belum mengetahui nya tidaka ada salahnya jika mempelajari penjelasan di bawah ini :

Metagenesis Pada Tumbuhan :

Ada beberapa jenis tumbuhan yang mengalami metagenesis diantaranya yakni adalah tumbuhan paku dan lumut. Lumut mengalami dua fase dalam pergantian keturunan yakni yang pertama adalah fase gametofit dan fase sporofit.

Fase gametofit pada tumbuhan lumut lebih condong (dominan) dari pada fase sporofit. Yang dimana fase gametofit di awali dari pembelahan secara meiosis sel induk spora menjadi haploid.

Metagenesis Pada Hewan :

Metagenesis yang terjadi pada hewan pada dasarnya hampir sama dengan metagenesis pada tumbuhan. Ada beberapa hewan yang mengalami metagenesis dari generasi fase perkawinan (generatif) dan fase bukan perkawinan (vegetatif) itu dilakukan secara bergantian. Contohnya seperti ubur-ubur dan obelia.

Demikian tadi pengertian dari metamorfosis dan metagenesis secara garis besar, untuk lebih mengetahui lebih lengkapnya tentang metamorfosis kamu bisa menuju ke link terkait yang ada di atas.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang metamorfosis hewan dan tumbuhan. Harapan kami semoga kalian semuanya terbantu dengan adanya ulasan ini semoga bermanfaat terima kasih.

Tinggalkan komentar