Pengertian Ekosistem Beserta Macam-Macam dan Contohnya

Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbuat dari hubungan timbal balik antara tamu dengan lingkungan. Dalam sebuah ekosistem terdapat organisme yang berkembang dalam masyarakat bersama lingungan fisik dalam suatu ekosistem tertentu.

Organisme tersebut mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, akan tetapi organisme jua mampu mempengaruhi lingkungan fisiuk untuk bertahan hidup.

Untuk lebih jelasnya kamu dapat mempelajarinya di bawah ini mulai dari pengertian ekosistem, macam-macam ekosistem, komponen ekosistem, keanekaragaman ekosistem, dan contoh dari ekosistem.

Pengertian Ekosistem

Pengertian Ekosistem adalah penggabungan dari setiap unik dalam sebuah biosistem yang mampu melakukan interaksi timbal-balik, antara organisme dengan lingkungan fisik, sehingga mampu menghasilkan energi struktur biotik tertentu.

Artikel Terkait : Pengertian Metagenesis, Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna [Lengkap]

Pengertian Ekosistem Laut

Pengertian ekosistem laut adalah jenis ekosistem akuatik yang sudah didominasi oleh nilai konsentrasi garam yang tinggi. Uniknya ekosistem laut ini hanya dihuni oleh biota laut saja.

Contohnya seperti hewan yang bersel satu, invertebrata, mamalia dan beragaman tenaman-tanaman laut lainya seperti terumbu karang.

Pengertian Ekosistem Darat

Ekosistem darat adalah ekosistem yang sebagian besar wilayahnyadi dominasi oleh daratan. Ekosistem ini berada dalam area yang lebih luas atau sering kita sebut dengan bioma.

Ada 7 macam bioma yang ada di daratan diantaranya yakni hujan tropis, padang savana, padang rumput, tundra, gurun, hutan gugur, dan taiga.

Pengertian Ekosistem Sawah

Pengertian ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan yang ada di daratan. Namun tidak semua daratan bisa dibuat eprsawahan. Karena ekosistem sawah mempunyai ciri khas yang dibangun oleh dua komponen yakni abiotik dan biotik.

  • Apa yang Dimaksud Komponen Abiotik?

Unsur alam yang menjadi penyusun utama dari ekosistem sawah yang dapat dibuat oleh manusia, sedangkan yang lainya dipengaruhi oleh alam. 3 Faktor abiotik inilah yang menjadi penyusun ekosistem sawah diantaranya : cahaya, tanah, dan air.

  • Apa yang Dimaksud Komponen Biotik?

Unsur-unsur biotik yang bisa kita jumpai pada ekosistem sawah diantaranya : tumbuhan primer, tumbuhan sekunder dan fauna.

Pengertian Ekosistem Air Tawar

Pengertian ekosistem air tawar adalah ekosistem akuatik yang mempunyai konsentrasi garam yang rendah. Asal muasal ekosistem ini berawal dari sumber mata air yang ada di bawah tanah.

Berdasarkan dengan produksi materi organiknya maka ekeosistem air tawar ini dibedakan menjadi 2 macam yakni danau aligotropik dan dananu eutropik. Simak penjelasanya di bawah ini :

  • Apa yang dimaksud Oligotropik?

Oligotropik adalah istilah untuk danau yang dalam tetapi kekurangan makanan, lantaran fitoplankton yang ada di daerah limnetik tidak produktif.

  • Apa yang dimaksud Danau Eutropik?

Eutropik adalah istilah untuk danau yang dangkal dan mempunyai kandungan makanan yang cukup banyak. Karena terdapat fitoplankton yang sangat produktif.

Pengertian Ekosistem Sungai

Pengertian ekosistem sungai adalah segala macam hubungan timbal balik dari suatu makhluk hidup, dan lingkunganya yang meliputi kawasan atau wilayah sungai.

Ekosistem ini meliputi hulu sungai, badan sungai, hilir sungai dan bahkan bisa sampai ke muara sungai. Di sepanjang aliran sungai itu yang disebut dengan ekosistem sungai termasuk pada jenis ekosistem air tawar.

Pengertian Ekosistem Hutan

Pengertian Ekosistem Hutan adalah jenis ekosistem yang paling penting di dunia. Ekosistem ini memiliki hubungan antara beberapa kumpulan di beberapa populasi.

Ekosistem hutan tergolong ke dalam jenis ekosistem alamiah yang sering kita sebut dengan paru-paru bumi. Hutan juga sering kali dijadikan paremeter untuk melihat apakah bumi dalam keadaan sehat atau tidak.

Pengertian Ekosistem Danau

Pengertian ekosistem yang satu ini adalah jenis ekosistem buatan, yang dimana ekosistem ini mampu mencakup pada keseluruhan atau lingkungan danau dan sekitarnya.

Sedangkan pengertian dari danau adalah sekungan yang ada pada permukaan bumi. Populasi didalamnya membentuk sekungan yang berisi air yang ada di permukaan bumi dan populasi tersebut saling berhubungan antara satu dengan yang lainya.

Ciri-Ciri Ekosistem

Seperti yang kita tau jika di bumi ini terdapat beberapa macam dan jenis ekosistem, pada intinya ekosistem terbagi menjadi 2 macam yakni ekosistem air dan ekosistem daratan. Berikut ciri-ciri ekosistem daratan.

Ciri-Ciri Ekosistem Daratan

  • Ekosistem yang Mempunyai Lingkungan Fisik Berupa Daratan

Lingkungan ini berasal dari ekosistem daratan yang memang letaknya berada di daratan. Namun di wilayah tersebut bukan berarti tidak ada perairan.

Artikel Terkait : Contoh Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan di Sekitarnya !

Karena pada ekosistem daratan tetap ada perairan namun tidak begitu banyak lebih dominan ke wilayah daratan. Untuk wilayah perairan hanya sebagai pelengkap saja.

  • Mempunyai Struktur Vegetasi yang Dominan Dalam Skala Luas

Ekosistem daratan merupakan gambaran dari interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Jadi ekosistem daratan tidak hanya meliputi daerah yang sempit.

Akan tetapi wilayah daratan juga memiliki lahan yang luas maka dari itu ekosistem daratan lebih sering disebut sebagi bioma.

  • Jenis Tumbuhan dan Hewan yang Beradaptasi di Wilayah Daratan

Pada ekosistem daratan terdapat beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang mampu beradaptasi di wilayah daratan. Hal ini disebabkan karena daratan telah menjadi habitat flora dan fauna.

Di sisi lain daratan ini terdiri dari beberapa jenis dan dari setiap jenisnya memiliki karakteristik masing-masing berbeda antara satu dengan yang lainya..

Komponen Ekosistem

Dalam sebuah ekosistem terdapat dua komponen di dalamnya yakni biotik dan abiotik nah untuk penjelasan secara detailnya mari simak penjelasanya di bawah ini.

Artikel Terkait : Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan

Pengertian Biotik

Biotik merupakan suatu istilah yang biasanya sering digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang hidup baik itu hewan atau tumbuhan. Berdasarkan peran dan juga fungsinya makhluk hidup biotik terbagi menjadi dua macam diantaranya :

  • Heterotof (Konsumen)

Komponen heterotrofik ini terdiri dari organisme yang memanfaatkan bahan organik yang sudah disediakan oleh organisme lain yang berfungsi sebagai makananya.

Komponen Heterotrofik ini disebut dengan komponen makro atau fagotrof, karena makana yang dimakananya memiliki ukuran yang lebih kecil.

  • Dekomposer (Pengurai)

Pengurai merupakan suatu organisme yang mengurai bahan organik yang asalnya dari organisme yang sudah tidak bergungsi. Pengurai konsumen tersebut memiliki istilah lain yakni makro atau sapotrof.

Organisme penyerap akan menyerap sebagian dekomposisi dan melepaskan bahan-bahan yang sederhana. Bahan sederahan tersebut bisa digunakan sebagai produsen.

Selain itu ada satu jenis pengurai yang disebut dengan detritivor yakni seperti hewan yang memakan sisa-sisa bahan organisme yang sudah membusuk contohnya seperti kutu kayu.

Jenis-Jenis Dekomposisi

  • Pengertian Aerobik

Aerobik adalah oksigen yang memiliki peran sebagai akspetor, elektron, atau oksidan.

  • Pengertian Anaerobik

Anaerobik adalah oksigen yang tidak terlibat, yang bahan organiknya memiliki fungsi sebagai akseptor, elekton, dan oksidan.

  • Pengertian Fermentasi

Fermentasi merupakan oksidasi aneorobik dari bahan organik yang juga memiliki fungsi sebagai akseptor elekton.

Keanekaragaman Ekosistem

Kondisi lingkungan pada setiap makhluk hidup memang beraneka ragam dan kondisi yang beragam, keanekaragaman yang seperti ini disebut dengan keanekaragaman di tingkat ekosistem.

Ekosistem ini saling mempengaruhi antara spesies satu dengan spesies yang lainya. Contohnya seperti udara, suhu air, sinar matahari, tanah, kelembapan dan mineral.

Didunia tempat kita tinggal ini terdapat beberapa ekosistem yang sering kita temui diantaranya ekosistem rawa, ekosistem laut dalam, ekosistem padang lamu, ekosistem mangrove, ekosistem dana, ekosistem pantai pasir, dan lain-lain.

Ekosistem yang sudah dibuat oleh manusia diantaranya yakni ekosistem sawah, ladang, dan juga kebun. Maka dari itu keanekaragaman ekosistem juga bisa dilihat dari habitatnya sebagai makhluk hidup.

Tinggalkan komentar