4347

10+ Contoh Teks Pembukaan Pidato yang Berkesan

Pidato-Pasti kalian sudah tidak asing jika mendengar kata ini. Mungkin dari sebagain kalian sudah pernah ada yang membawakan sebuah pidato. Atau hanya membaca kalimat pembukaan pidato saja hehe.

Bagi kalian yang belum pernah membawakan pidato pasti akan merasa gugup saat berpidato nantinya. Karena pada saat itu kalian di tuntut untuk menyampaikan sesuatu di depan banyak orang. Pertama akan di awali dengan pembukaan pidato, isi lalu penutup.

Pada pembahasan ini saya akan mengulas semua yang berhubungan dengan pidato termasuk pembukaan pidato. Disini kita mulai dengan pengertian, jenis dari pidato, pembukaan hingga macam-macam jenis pidato.

Dengan adanya beberapa contoh kalimat pembukaan pidato yang sudah kami rangkum di bawah ini, kalian bisa menirunya sesuai dengan suasana yang sedang kalian hadapi. Pasti kalian sudah tidak sabar untuk mengetehaui penjelasan dari pidato. Berikut adalah penjelesanya dan juga gambar.

Selamat Membaca…!

Apa Pengertian dari Pidato ?

Nah sebelum masuk pada pembahasan tentang pidato, alangkah baiknya jika kita mengetahui definisi pidato. Semua akan kita bahas secara rinci dan jelas, pada umumnya pidato digunakan untuk memberikan sebuah perintah dari atasan untuk bawahanya.

Perintah itu bisa dalam bentuk nasihat, atau kalimat yang mengajak. Nah tidak perlu panjang lebar langsung saja kalian simak penjelasanya di bawah ini.

Pidato yaitu suatau kalimat yang tersusun rapi yang harus di sampaikan kepada orang banyak. Pada kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai ungkapan kata yang mengandung sebuah makna yang disampaikan kepada orang banyak. Semua jenis pidato diawali dengan pembukaan pidato dan di akhiri oleh penutup.

Contoh pidato yang baik dan menarik dapat dinilai dari respon para pendengar pidato. Tujuan dari pidato sendiri adalah mempengaruhi orang agar dia mengikuti apa yang kita jalankan.

Ada Berapa Jenis-jenis Pidato ?

Pidato ini mempunyai beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan di tujukan kepada siapakah pidato tersebut. Berikut beberapa jenis pidato yang sering digunakan:

  • Pidato Pertanggung Jawaban
  • Pidato Pembukaan
  • Pidato Pengarahan
  • Pidato Peresmian
  • Pidato Laporan
  • Pidato Sambutan

Itu dia 6 pidato yang sering kita jumpai baik di media sosisal maupun di televisi.

Baca juga jenis jenis Pidato Terlengkap

Berikut Tata Cara Berpidato yang Benar

Di dalam berpidato pasti ada urutan pembukaan, isi, dan juga penutup. Semua itu harus di lakukan secara benar dan sopan. Supaya orang yang mendengarkan pidato tersebut bisa mengerti pesan yang disampaikan oleh narasumber.

Pembukaan pada sebuah pidato berisakan salam pembuka, sapaan kepada para tamu undangan yang ada pada acara tersebut. Setelah pembukaan sudah selesai lanjut pada tahap berikutnya yaitu masuk pada inti pidato yaitu isi yang nantinya ingin di sampaikan oleh narasumber kepada para tamu undangan.

Pada tahap finishing yakni adalah penutup, yang terdiri dari ucapan salam atau bisa juga dengan mengucapkan terima kasih.

Bagi kalian yang belum mengerti bagaimana tata cara berpidato dengan benar di bawah ini adalah urutan tata cara berpidato dengan baik dan juga benar :

  • Lakukan pembukaan
  • Ucapankan salam pembuka
  • Sapa para tamu yang sudah senantiasa hadir pada acara tersebut
  • Ucapkan puji syukur kepada sang pencipta
  • Masuk pada inti yaitu isi pidato
  • Penutup
  • Salam penutup
  • Ucapkan terima kasih
  • Terakhir ucapkan salam kepada para tamu undangan

Sopan santun ketika berpidato harus benar-benar di perhatikan. Ketika berpidato usahakan topik atau tema yang di bawakan jangan bersifat mengejek orang lain atau menjatuhkan orang lain. Alangkah baiknya kalau kalian membawakan tema yang membangkitkan semangat orang.

Nantinya orang yang mendengarkan pidato anda akan memberikan apresiasi kepada anda dengan tema yang anda bawakan. Selain itu anda juga mendapatkan pahala lantaran sudah memotivasi orang lain melalui pidato yang sudah anda sampaikan.

Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Benar

 

Teks Pembukaan pidato

Sumber https://dimasfan.com/

Tahap pertama yaitu salam pembuka dan doa yang di panjatkan kepada tuhan.

Yang pertama mari kita panjatkan puji dan rasa syukur kita terhadap Allah swt, Berkat rahmat serta hidayahnya kita semua bisa bergabung di tempat yang barokah ini. Kedua tidak lupa kita curahkan shalawat serta salam kepada baginda Nabi Muhammad saw.Berkat kerja keras ynag beliau lakukan kita sekarang bisa dihidup di jaman yang terang ini. Semoga kita semua adalah salah satu umatnya yang akan mendapatkan syafaatnya di yaumul akhir nanti.

(Bagian Isi)

………………………………………………..

Contoh Teks Pembukaan Pidato Perkenalan Diri

Contoh teks pidato

sumber https://dimasfan.com/

Bagian salam pembukaan dan juga Doa

Hai Teman-temanBagaimana kabar kalian semua ? Pastinya kabar kalian  sehat dan baik kan. Apa kalian semua mengenal saya sebelumnya ? Ada sebuah pepetah yang berbunyi tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu saya akan berkenalan dengan kalian semua. Nama saya adalah Muhammad Dimas Suherfan, saya biasanya dipanggil Dimas. Saya lahir bertempat di kota Kediri tanggal 26 Mei 1999. Kesibukan yang lagi saya kerjakan adalah ngeblog. Apakah kalian ini seperti saya ?

Kalau begitu saya akan membagikan cerita saya tentang pelangalaman saat menjadi blogger. Banyak sekali kejadihan pahit yang sudah saya alami. Semoga nanti kedepanya lebih lancar dan mudah.

(Bagian Isi Pidato)

……………………………………………….

Contoh Pembukaan Pidato dengan Memberi Ilustrasi

Teks pembukaan pidato

sumber https://dimasfan.com/

(Bagian atas yaitu Salam pembuka dan juga Doa)

Para Hadirin Sekalian,Sebelum saya menljutkan berpidato. Lihatlah Sekitar rumah dan pekarangan kita saat ini. Semua sampah berserakan dimana-mana, baik sampah organik maupun non organik. Hal itu sangat mempengaruhi pandangan kita. Sampah yang nantinya akan menumpuk akan menjadi sebuah masalah bagi kita yaitu datangnya sebuah bencana.

Sampah juga bisa menimbulkan sebuah penyakit yang cept menyebar melalui udara. Bagaimana sangat membahayakan kesehatan bukan? Oleh karena itu jangan lah membuang sampah di sembarang tempat. Pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengingatkan kita semua bahkan kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Hadirin serta tamu undangan yang berbahagia,

(Bagian Isi)

…………………………………….

Contoh Pembukaan Teks Pidato Lucu dan Unik

Teks Pidato

sumber https://dimasfan.com/

…………………………………..(Bagian Salam Pembuka dan doa)

Pernahkah kita menyadari mengapa setiap atasan mempunyai tubuh yang lebih berisi ketimbang bawahan. Hal ini masih menjadi tanda besar buat saya, Mengapa hal tersebut bisa terjadi setelah saya telusuri ternyata atasan lebih banyak nganggurnya. Mereka tidak perlu bekerja terlalu keras karena uang merekalah yang bekerja. Sedangkan para bawahan bekerja dari pagi, sinag, sore malam bahkan sampai lembur. Sehingga itulah penyebab para bawahan memiliki badan yang lebih kurus dari pada atasan.

Maka dari itu, lewat pidato yang cukup singkat ini saya menyampaikan betapa pentingnya kita bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal. Memang untuk mendapatkan kedudukan yang tinggi harus di awali dengan perjalanan yang sulit dan pahit. Agar nantinya kita menjadi seorang yang sukses dan mempunyai badan yang berisi. hehe

Contoh Pembukaan Pidato Secara Islami

Mungkin kita sering mendengarkan sebuah pidato yang bertemakan islami dan pastinya kita tau bagaimana cara membuka sebuah pidato, nah bagi kalian yang bingung membawakan tema pidato islami dan tidak tau bagaimana cara membuat kalimat pidato islami kalian bisa mencontoh pembukaan pidato islami seperti di bawah ini :

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuSemua puji untuk Allah yang maha esa, lantaran berkat rahmat serta hidayahnya kita semua bisa berkumpul pada pagi hari ini dan di bulan yang suci ini. Dimana pada bulan ini adalah bulan ramadhan. Suatu bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan.

Semua umat islam berlomba-lomba mencari pahala dengan sebanyak-banyaknya pada bulan yang berkah ini. Dan pada bulan ini ada salah satu malam yang selalu di nantikan oleh semua umat muslim. Malam lailatul qadar adalah malam yang mempunyai pahala seribu bulan.

Bulan ramadhan ini adalah bulan yang mulia karena di bulan ini semua pintu neraka di tutup dan pintu surga di buka selebar-lebarnya. Begitu sabda rasulullah saw yang pernah beliau ucapakan kala itu.

Ayo kita bersungguh-sungguh dan mencari sebanyak-banyaknya pahala pada bulan yang suci ini. Semoga pada bulan ini rezeki dan pahala kita semua berlimpah dengan rajin meningkatkan ibadah dan alaman-amalan baik lainya.

Teks Pembukaan Pidato Bersyukur Kepada Tuhan

Teks Pidato

sumber https://dimasfan.com/

(Bagian salam pembuka dan juga doa)

Asalamuallaikum wr.wbPertama marilah kita panjatkan puji syukur kita terhadap kehadirat Allah swt, Tuhan yang tidak henti-hentinya memberikan hidayah serta nikmatnya kepada kita semua yang berada di dalam ruangan ini. Salah satu hidayahnya adalah memberikan kita keadaan yang sehat walafiat. Dan tidak lupa kita curahkan shalawat serta salam kepada nabi besar kita Muhammada Saw. Berkat kerja keras beliau yang mengubah jaman jahiliah kepada jaman islamiah ini. Semoga kita yang berada di ruangan ini nanti kelak akan mendapatkan syafatnya di yaumul akhir nanti amin.

Bapak ibu yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaian sebuah pidato yang (Langsung menuju ke isi pidato).

Contoh Pembukaan Pidato Berdasarkan Cerita Sejarah

Teks Pidato

sumber https://dimasfan.com/

(Bagian salam pembuk dan doa)

Hai teman-teman sekalian,Tepat hari ini tanggal 17 agustus. Dimana hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena 17 Agustus adalah hari dimana kemerdekaan diraih oleh bangsa ini. Para pejuang yang telah gugur mendahului kita dulunya berjuang mati-matian untuk medapatkan kemerdekaan. Mereka semua rela mati meski serangan yang membombardir Seluruh wilayah Indonesia. Semua penjuang terus melawan dengan persenjataan yang masih sederhana yang tidak lain adalah bambu runcing.

Oleh karena itu setia pada tanggal 17 Agustus ini selalu di adakan upacara bendera. Bertujuan untuk menghormati jasa pahlawan yang berjuang mati-matian untuk memerdekaan negara Indonesia. Melalui pidato yang singkat ini ayo kita selalu semangat dalam belajar agar sosok pahlawan yang telah gugur bangga mempunyai penerus bangsa seperti kita.

(Bagian Isi)

…………………………………………………

Teks Pembuka Pidato yang Menyajikan Fakta

Pembukaan teks pidato

sumber wikihow.com

(Bagian Doa dan juga Salam Pembuka)

Hadirin Sekalian,Tepat pada hari ini yaitu tanggal 10 November, Para pejuang pada jaman dahulu mengorbankan semua jiwa dan raganya untuk melawan para penjajah. Mereka semua bersifat berani,gagah, dan tidak kenal lelah untuk meluncurkan serangan balik kepada para penjajah. Pada saat itu pasukan gabungan dari belanda dan sekutunya terus meluncurkan serangan kepada kota Surabaya. Serangan  tersebut di luncurkan baik dari udara, laut, darat. Arek-arek suroboyo tidak gentar dalam menghadapi semua itu memang jumlah mereka tertinggal jauh dari pasukan belanda dan sekutu.

Bangga melihat mereka pada jaman dahulu bersatu untuk meraih tujuan yang sama yaitu membuat Indoneisa merdeka. Maka dari itu, setiap tanggal 10 November ini, saya menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan hari pahlawan nasional. Sejak kejadian itu kota di juluki sebagai kota pahlawan.

Wahai para Hadirin yang berbahagia,

(Bagian Isi dari Pidato)

…………………………………………………..

Teks Pembukaan Pidato Bahasa Jawa

Asalamualikum warrahmatullahi wabarakatuhDhumateng bapak lan ibu guru sedaya
Dhumateng tamu undangan sedaya
Lan dhumateng rencang-rencang sedayaMonggo kita sedaya bebarengan ngaturaken puja lan puji marang Gusti Allah SWT amarga sampun maringi kita sedaya.
kasehatan lan rezeki seng katah. Ingkang kapindon mugi kita haturaken marang kanjeng nabi kita sedaya yaiku Nabi Muhammad Saw mugi-mugi kita sedaya kalebet umatipun ingkang angsal syafaatipun mangke ten akhirat.

Contoh Pembukaan Pidato Ketika Upacara

Asalamualaikum Warahmatullahi WabarakatuhPertama mari kita mengucap rasa syukur kita terhadap kehadirat Allah Swt. Karena nikmat beserta hidayahnya kita semua dapat berkumpul disini di pagi yang sejuk ini. Tak lupa shalawat beserta salam kita curahkan kepada baginda junjungan kita Nabi Muhammad Saw semoga kita tergolong kedalam umatnya yang mendapatkan syafaat dari beliau amin ya robbal alamin.

Di hari senin yang cerah ini kita melaksanakan rutinitas kita yaitu upacara bendera untuk mengingat jasa para pahlawan yang berjuang dan gugur lebih dulu dari kita. Semoga dengan adanya upacara bendera ini siswa dan juga siswi sekolah dasar ini lebih giat dalam hal belajar maupun mengerjakan sebuah tugas yang diberikan oleh guru.

Harapan saya pribadi semoga anak didik saya semangat dalam mencari ilmu di sekolah ini. Semoga kedisipinan para siswa bisa di tingkatkan dengan cara datang lebih dahulu untuk membersihkan kelas setiap harinya.

Contoh Pembukaan Pidato Tentang Maulid Nabi

Asalamualaikum Warahmatullahi WabarakatuhBismilahrrahmanirahim, alhamdulilahirabbil ‘alamin wa bihi nasta’in wassholatu wassalamu ala assyorfil anbiyya wal mursalin wa ala alihi washoh bihi ajmain. ama ba’du

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat, islam serta iman kepada kita semua. Sehingga kita semua di pertemukan di acara ini dengan keadaan sehat walafiat. Tak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada baginda junjungan umat muslim semuanya yakni Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua yang berada di tempat ini memperoleh syafaat dari beliau ketika di yaumul akhir nanti.

Contoh Teks Pembukaan Pidato Anak Sekolah

Asalamualikum warrahmatullahi wabarokatuhYang saya hormati bapak kepala sekolah serta jajaran staf bapak ibu guru yang saya cintai. Tak lupa teman-teman sekalian yang saya sayangi. Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Berkat engaku kita semua masih bisa melihat dunia ini dan berkumpul disini dengan keadaan badan yang sehat dan penuh semangat.

Kedua tak lupa ku ucapkan shalawat beserta salam kepada mu baginda serta junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya masuk pada acara inti yakni isi pidato, pada kali ini saya akan membawakan pidato yang bertemakan bulan suci ramadhan.

Contoh Teks Pembukaan Pidato Keren

Asalamualikum warrahmatullahi wabarokatuhSelamat pagi pertama marilah kita pajatkan puji dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Berkat hidayah serta kabahagiaan yang ia limpakan kepada kita ini bisa kita gunakan untuk hal yang bermanfaat. Tak lupa kita ucapakan shalawat serta salam yang kita tujukan kepada baginda kita junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga nantinya kita semua yang berada di tempat ini mendapatkan syafaat dari beliau di hari akhir nanti.

Pada kesempatan kali saya akan membawakan tema pendidikan, tujuan saya membawakan tema ini supaya memotivasi para adik-adik yang berada disini. Supaya lebih giat belajar dan semangat dalam mencari ilmu di sekolah nantinya.

Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris

Pidato Bahasa Inggris

sumber https://dimasfan.com/

(Part of greeting and prayer)

Hi friends,Right today is August 17th. Where today is a very historic day for the nation of Indonesia. Because August 17 is the day where independence is achieved by this nation. The warriors who have fallen before us are fighting desperately to gain independence. They are all willing to die despite the attack that bombarded the entire territory of Indonesia. All the fighters continue to fight with the still simple weaponry that is nothing but bamboo spikes.

Therefore faithful on the 17th of August is always held a flag ceremony. Aims to honor the services of heroes who fought desperately to liberate the country of Indonesia. Through this short speech let us always be in the spirit of learning that the figure of the hero who has fallen proudly has the successor of a nation like us.

(Part of Content)

Contoh Kalimat Penutup Pidato Acara Perpisahan Sekolah

Teks pidato

sumber https://dimasfan.com/

” Setelah kita bersama-sama selam kurang lebih 3 tahun di SMA ini akhirnya kita di pisahkan oleh waktu. Saya sebagai teman mewakili dari teman-teman semua yang berkumpul di sini. Saya mengucaokan banyak-banyak terima kasih terhadap bapak dan juga ibu guru yang selalu sabar membimbing kami. Terima kasih jasamu akan selalu ku kenang sampai kapan pun. Semoga ilmu yang engkau berikan ini bisa bermanfaat bagi kami di kemudia hari nanti. Hasil akhir kami yang memuaskan ini juga tidak luput dari bantuan bapak ibu guru.

Kami seabagi murid pasti ada salah dan dosa terhadap kalian bapak dan ibu guru serta staff sekolah. Oleh karena itu saya mewakili teman-teman mengungkapkan minta maaf sebesar-besarnya. Semoga tali silaturahmi kira tidak putus sampi disini saja. Itu saja yang bisa saya sampaikan terimakasih telah waktu yang sudah di berikan kepada saya. Jika ada salah salah kata saya mohon maaf. Saya akhiri Asallamualikum wr.wb.

Teks Kalimat Penutup Pidato Tentang Pemilihan Kepala Desa

Contoh teks pembukaan pidato

sumber nkariyer.com

” Alhamdulilah dari semua susunan rangkaian pada hari ini sudah selesai. Sebelum saya tutup pidato ini, saya berhadarp dari diri saya pribadi semoga bapak dan ibu memilih dengan pilihan yang terbaik. Semoga bagi calon yang nantinya terpilih bisa menjadi contoh yang baik buat warganya jika sudah terplih menjadi kepalad desa. Jika nanti salah satu dari calon yang tidak terpilih jangan sampai berperasangka buruk terlebih dahulu terhadap calon yang lain. Kalah menang itu sudah biasa dan bapak dan ibu harus bisa menyikapinya dengan sikap yang legowo. 

Semoga bapak yang terpilih bisa menjadi pemimpin desa yang baik dan beramanah. Yang namanya pemimpin harus bisa di percaya dan di jadikan contoh bagi rakyatnya. Kita disini sama-sama membangun sebuah desa yang nantinya menjadi sebuah desa yang bagus. Apalagi dengan pemimpin yang bijak dan terpecaya nantinya itu akan menjadi salah satu keunggulan dari desa tersebut.

Baiklah para hadirin sekalian bapak-bapak dan ibu ibu terimakasih atas kehadiranya. Sekian terlebih dahulu pidato dari saya. Terimakasih saya ucapkan Wassalamuallaikum Warahmatullahiwabarokatuh.

Contoh Kalimat Penutup Pidato Sebuah Acara Penikahan

Pidato singkat

sumber https://dimasfan.com/

” Sekian pidato yang sudah saya sampaikan. Semoga yang kuasa bisa membimbing kedua mempelai menjadi istri yang soleha dan suami yang soleh. Semoga keluarga ini menjadi sebuah keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah amin. Kita doa kan supaya kedua mempelai ini di karunia anak yang soleh dan soleha.

Semoga kelak nanti anak-anaknya berbakti dan nurut dengan kedua orang tuanya. Bagi yang belum menikah atau belum mendapatkan pasangan supaya allah mempercepat mereka mendapatkan calon yang baik. Laki-laki yangbaik untuk wanit ayng baik-baik dan juga sebaliknya. Semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat buat tamu serta keluarga yang hadi dalam pernikahan ini. Saya akhiri pidato ini Asallamuallaikum wr.wb.

Teks Penutup Pidato Tentang Menyambut Bulan Ramadhan

Teks Pidato Singkat

sumber https://dimasfan.com/

” Alhamdulilah tidak terasa kita sudah sampai di penghujung acara. Semoga mulai dari sekarang hari ini, detik ini kita harus menyiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan yang suci ini. Yakni Bulan Ramadhan dimana bulan ini segala perbuatan baik dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Semoga pada sat kita menjalankan ibadah di bulan ini selalu di beri kesehatan, panjang umur serta lindungan dari tuhan. Saya akhiri dengan bacaan Wabillahit taufiq wal hidaayah, Wasallamualaikum wr.wb.

 

Penutup

Yah itu tadi pembahasan dari dimasfan kali ini tentang kalimat pemukaan dan penutup pidato. Dengan adanya artikel ini kalian bisa menambah wawasan dan menjadi pembawa acara yang baik. Terimakasih telah meluangkan waktunya jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika menurut kalian bagus.

Sekian terlebih dahulu dari saya Terima kasih.

Show Comments

2 Comments

  1. iza November 22, 2017

Leave a Reply