Jenis Pakaian Adat Betawi Lengkap Gambar & Penjelasan

Pakaian Adat Betawi

Di setiap daerah yang ada di negara indonesia pasti memiliki beragam kebudayaan dan adat istiadat. Diantarnya mulai dari tarian, baju adat, sampai upacara adat. Pastinya kalian sudah mengetahui pakaian adat yang satu ini yaitu pakaian adat betawi.

Baju adat ini sering di gunakan oleh masyarakat betawi dalam acara yang resmi. Suku betawi ini berada di ibu kota Jakarta disana banyak sekali adat istiadat yang ada.

Apa Saja Kebudayaan Suku Betawi ?

Beraneka ragam kebudayaan yang berada di kota jakarta ini. Mulai dari ondel-ondel dan gambang kromong. Jakarta identik dengan monas (monumen nasional) salah satu icon dari kota Jakarta. Disini juga banyak kuliner yang sudah ada dari jaman dahulu contohnya kerak telor, Seblak, dan Cireng.

Terbagi Menjadi Berapa Baju Adat Betawi ?

Pakaian adat betawi ini di kelompokan menjadi 3 bagian yaitu pakaian keseharian, pakaian resmi, dan pakaian khusus buat pengantin. Kalian pasti bertanya-tanya kenapa kok di bedakan menjadi 3, berikut alasanya.

Pakaian Keseharian Pria dan Wanita Betawi

Pengertian dari baju keseharian adat betawi ini adalah pakaian yang digunakan dalam keseharian masyarakat betawi. Pakaian jenis ini bisa di gunakan kapan saja dan acara apa saja.

Pakaian Keseharian Pria Betawi

pakaian adat betawi
sumber infobudaya.com

Pakaian adat betawi yang dikenakan oleh pria terdiri dari baju koko pada bagian atas, pakaian ini sering di sebut dengan naam sadariah. Sedangkan pada bagian bawah menggunakan celana komprang. Pada pakaian ini juga menggunkan akesoris seperti sarung yang digulung memanjang dan di ikatkan di pinggang.

Akessoris yang di kenakan tidak hanya itu saja masih ada sabuk yang berwarna hijau. Pada bagian kepala pada baju pria betwai harus menggenakan peci yang berwarna merah.

Pakaian Keseharian Wanita Betawi

Untuk pakaian adat betawi yang digunakan oleh para wanita suku betawi berbeda dengan yang digunakan pira. Pada bagian atas pakaian wanita harus berwana cerah mencolok agar terlihat lebih muda. Kain yang diguanakan untuk baju bagian atas adalah kain batik.

Motida pada bagian atas ini tidak harus relevan dengan bagian bawah. Aksesoris yang digunakan wanita yaitu berupa selendang yang berwana cerah seperti baju, usahakan jangan sama warnanya. Bagi yang beragam islam wajib menggunakan krudung.

Pakaian Adat Resmi Betawi 

Pakaian Adat Betawi
sumber wisatajawa.com

Pakaian adat betawi ini hanya boleh dipakai oleh orang yang mempunyai jabatan atau keluarga bangsawan. Sekarang baju ini resmi dijadikan sebagai baju PNS dan hanya digunakan pada hari tertentu saja.

Pakaian adat betawi ini terdiri dari atasan yang berwana putih dan dilapisi jas yang berwana hitam. Pada bagian bawah memakai celana pantolan yang berwarna sama dengan jas.

Aksesoris yang digunakan pada pakaian adat betawi ini kopiah pada bagian kepala dan sepatu pantopel untuk alas kaki. Sedangkan senjata yang berukuran kecil diselipkan di pinggang sebagai pelengkap dari baju ini.

Pakaian seperti ciri-ciri di atas hanya boleh digunakan oleh pria. Sedangkan pakaian yang digunakan oleh perempuan betawi berupa hampir mirip dengan baju keseharian. Perbedaanya hanya pada aksesoris yang dikenakan yaitu berupa gelang, kalung yang terbuat dari emas.

Pakaian Adat Pengantin Betawi

Pakaian adat betawi
sumber mangligaiindonesia.com

Pada umumnya negara indonesia memiliki banyak sekali pakaian adat yang digunakan sebagai baju pengantin. Contohnya di pulau jawa setiap ada yang melakukan pernikahan pasti menkombinasikan baju adat tradisional dengan baju yang modern.

Contohnya baju pengantin betawi ini, pakaian yang dienakan oleh pria harus relevan dengan perempuan. Mulai dari motif, wana dan aksesorisya contohnya seperti berikut ini

Pakaian Pengantin Pria Betawi 

Pakaian adat betawi
sumber adat tradisional.blogspot.com

Pakaian pengantin adat betawi untuk pria ini bernama Dadanan Care Haji. Bentuk dari pakaian ini berupa jubah yang panjang dan besar. Motif yang terdapat pada jubah ini beraneka ragam mulai dari tumbuhan sampai bunga.

Baju pengantin adat betawi ini juga dihiasi dengan banyaknya akesoris yang di kenakanya. Aksesoris tersebut berupa pernak-pernik dengan warna yang mencolok contohnya seperti warna gold. Pada bagian bawah yang dikenakan pria berupa celana yang berwarna putih.

Ada juga aksesoris yang berupa selendang yang di gunakan di dalam jas. Pada bagian kepala memakai sebuah sorban yang memiliki tujuan sebagai pelengkap pakaian adat ini. Jika disimpulkan pakaian ini mirip dengan pakaian yang digunakan oleh masyarakat Arab.

Pakaian Pengantin Wanita Betawi 

Pakaian adat Betawi
sumber cintaihidup.com

Pakaian ini berbeda sangat jauh dengan baju pengantin yang digunakan oleh pria. Pakaian yang digunakan oleh wanita ini lebih cenderung mirip dengan pakaian orang Tionghoa. Baju pengantin adat betawi ini bernama Dandanan Care None Pengantin Cine”.

Baju ini terbuat dari bahan dasar kain satin dan berwarna merah. Pada bagaian bawah ini berupa rok yang berwarna lebih gelap dari pada bagian atas. Pada bagian atas (kepala) di kasih hiasan berupa kembang goyang yang bermotifkan burung hong.

Selain itu masih ada hiasan aksesoris yang harus dikenakan pada baju pengantin wanita betawi. Diantaranya berupa hiasan sanggul palsu lenbgkap dengan hiasan cadar pada bagian wajah. Pada bagian atas juga ada hiasan dari bunga melati.

Pada bagian tangan terdapat hiasan berupa gelang dan pada bagian tubuh bisa ditambahkan kalung dan manik-manik pada bagian dada. Alas kaki yang di pakai sebagai pelengkap berupa sepatu selop bermodelkan perahu.

Senjata Tradisioal Betawi

Semua suku di indonesia memiliki beraneka ragam senjata yang berbeda-beda bentuk sampai fungsinya. Berikut adalah beberapa senjata yang berasal dari suku betawi yang digunakan sebagai alat perlindungan diri dari musuh.

  • Keris

Pakaian adat betawi
sumber https://dimasfan.com/

Pada jaman dahulu senjata ini berguna untuk alat perlindungan diri dari serangan musuh. Bentuk senjata tradisional ini runcing memanjang dengan berntuk tidak rata. Keris adalah senjata warisan dari kebudayaan Cirebon dan juga Sunda.

  • Belati

Pakaian adat betawi
sumber https://dimasfan.com/

Senjata yang satu ini berbentuk kecil seperti pisau dan nama senjata ini adalah belati. Pada bagian bilahya cenderung lebih tebal dan ujungnya lebih lancip dengan bentuk sedikit melengkung ke atas.

  • Golok

Pakaian adat betawi
sumber fatariq.wordpress.com

Senjata ini sangat populer bagi masyrakat betawi karena senjata ini sering digunakan pada acara resmi. Terkadang senjata ini di selipakan di pinggang oleh penduduk betawi. Golok sendiri digunakan sebagai pelengkap dari pakaian adat betawi.

Golok digunakan sebagai alat penyembelihan hewan ternak oleh petani. Senjata ini di bedakan menjadi 3 jenis yaitu yang pertama adalah pada bagian ujungnya lancip,kedua ujungnya pendek. Sedangkan yang ketiga adalah ujungnya panjang dan lancip yang terbuat dari bahan dasar yang memiliki kualitas yang tinggi.

  • Badik Cangkingan

Pakaian adat betawi
sumber http://dimasfan.com

Pada jaman dahulu senjata jenis ini selalu di bawa kemanapun masyarakat betawi pergi jarak jauh. Guna nya sabagai alat perlindungan diri dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. Senjata ini berbentuk kecil hampir sama dengan belati tetapi ujung dari senjata ini lurus tidak melengkung.

Bentuk senjata ini hampir mirip seperti rencong yaitu senjata khas dari daerah Aceh. Cara membawa senjata ini dengan cara di cangking. Nama cangkingan berasal dari cara membawa senjata ini dengan cara di cangking.

Pada jaman yang sekarang ini sudah sulit ditemui orang betawi yang membawa senjata ini. Bahkan sudah tidak ada yang menggunakannya.

  • Toya

Senjata tradisional suku betawi
sumber kamerabudaya.com

Pada masa lalu banyak sekali jenis pencak silat yang sebagai juara di kenal dengan sebutan jawara. Dulu senjata ini digunakan untuk latihan pada murid yang mengikuti pencak silat tersebut.

Jika senjata ini di gunakan sebagai alat perlindungan diri masih harus di kasih gerigi kasat pada ujungnya. Tujuan di beri gerigi kasar agar efek pukulan yang di berikan kepada musuh lebih keras dan sakit.

  • Trisula

Pakaian adat betawi
sumber http://dimasfan.com

Adanya senjata ini di daerah betawi karena bekas peninggalan sejaran agama hindu yang bertempat di Pulau Jawa. Trisula yang berada di betawi ini hampir mirip dengan trisula yang berada di kota Palembang.

Perbedaanya hanya pada bagian tengahnya saja. Pada bagian tersebut lebih cenderung melengkung. Dan pada bagian sisi kanan dan kiri diciptakan melengkung pada bagian ujungnya.

  • Cunrik

Pakaian adat betawi
sumber kamerabudaya.com

Senjata ini bukan diciptkan untuk para kaum laki-laki melainkan digunakan oleh kaum permpuan pada masa lalu. Senjata ini adalah alat perlindungan diri yang khas dari suku betawi. Pada jaman dahulu permpuan selalu membawanya saat berpergian kemana pun.

Bentuk dari senjata ini di buat mirip dengan tusuk konde yang bisa di selipkan di mana saja. Jika orang terkena senjata ini bisa mengakibatkan kematian. Karena ujung dari senjata ini sangat tajam.

  • Pisau Raut

Pakaian adat betawi
sumber kamerabudaya.com

Senjata ini sering digunakan untuk berperang pada jaman dahulu. Tetapi pada saat ini hanya digunakan sebagai sarana kebudayaan saja. Senjata ini adalah salah satu aksesoris dari pakaian pengan pria yang biasanya di selipkan di pinggang.

Tetapi pada umumnya pisau ini di selipakan di pinggang dan dibawa pada saat melakukan perang. Senjata tradisional betawi ini juga dihiasi dengan rangkaian bunga melati agar tampak lebih menarik tampilanya.

Tarian Betawi

Tarian di Indonesia memiliki banyak sekali jenis dan gerakan yang di tunjukan. Salah satu nya tarian betwai ini tarian ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Sampai sekarang kalian masih bisa menjumpai tarian ini. Bagi kalian yang belum tau berikut gambar dan penjelasan dari tarian betawi.

Tari Topeng

Tarian betawi
sumber indonesiahertigae.net

Tarian ini asal mulanya dari gabungan dari 3 jenis seni yaitu tarian, drama dan juga nyanyian. Kalau anda melihatnya pasti anda seperti sedang menonton teather. Tarian ini sudah di akui oleh mancanegara. Acara ini biasanya di selenggarakan pada saat ada orang betawi yang  mengadakan acara khitanan.

Namun pada jaman yang sekarang in sudah jarang sekali di temukan orang yang mengunakan tari topeng ini. Sungguh sangat di sayangkan karena tarian ini sangat bagus dan menghibur. Gerakan yang ditunjukan penari saat menari tarian ini sangat lues.

Semoga kedepanya ada lagi masyarakat yang melestarikan budaya betwai ini. Supaya anak cucu bangsa ini bisa melihat betapa terkenalnya kebudayaan betawi pada masa lalu.

Tari topeng ini penarinya memakai baju adat betawi dan diirngi oleh alunan musik rebab, krecek dan juga buyyung. Serta masih ada lagi alat musik lainya ynag digunakan untuk mengiringi tarian topeng ini.

Tari Yapong

Pakaian adat betawi
sumber https://dimasfan.com

Tarian yang satu ini pertama kali diciptakan oleh seorang yang bernama Bagong Kusudiardjo pada tahun 1975. Tarian ini diadakan pada saat adanya ulang tahun ibu kota Jakarta. Tetapi bukan tepat pada hari itu melainkan di adakan sebelum hari dimana ibu kota Jakarta berulang tahun.

Asal mula nama dari tarian yapong ini bermula dari lagu ya,ya,ya dan dentungan alat musik yang berbunyi pong. Lalu di kombinasikan menjadi sebuah nama Yapong yaitu tarian ini.

Tarian ini adalah salah satu tarian khas dari ibukota Jakarta dan masyarakat betwai. Alat musik yang digunakan pada tarian ini adalah rebana biang, rebana hadroh, dan rebana ketimpring.

Seiring bertambahnya tahun ketahun tarian ini di kombinasikan dengan tarian dance (modern). Bertujuan untuk mengkombinasikan tarian tradisional dengan seni kontemporer.

Tari Cokek

Tarian tradisional indonesia
sumber https://dimasfan.com

Tarian Cokek ini adalah tarian yang gerakanya hampir mirip dengan tarian china. Tarian betwai ini di iringi dengan dentungan alunan musik gambang kromong. Penari tarian ini menggunakan kostum kebaya khusus.

Tarian ini mempunyai keunikan tersendiri berbeda dengan yang lain. Uniknya tarian ini berada selendang yang dibawa oleh para penari. Selendang tersebut nantinya untuk manarik para tamu undangan untuk menari bersamanya.

Jika tamu yang sudah menapat selendang tersebut dilarang untuk menolah ajakan penari tersebut. Tamu mau gak mau harus ikut menari dengan para penari lainya.

Tari Sirih Kuning

Tarian betawi
sumber https://dimasfan.com

Tari sirih kuning adalah tarian yang berasal pada jaman dahulu. Asal usul nama tarian ini berwsal dari dare yang warnanya kuning yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Pada saat itu juga di kembangkan sebuah tarian betawi dan di kombinasikan dengan tarian cokek dan mengahsilkan sebuah tarian sirih kuning.

Tarian Sirih Kuning biasnya di peragakan oleh pria dan wanita yang saling berpasangan. Dari tahun ketahun tarian ini di lestarikan oleh anak-anak betawi. Alat musik yang mengiringi tarian sirih kuning ini adalah alat musik gambang kromong.

Tarian ini diadakan karena adanya pesta yang besar saja. Karena unsur yang di bawakan dari tarian ini mempunyai makna yang besar juga.

Tari Japin Betawi

Pakaian adat betawi
sumber https://dimasfan.com

Tarian jenis ini adalah tarian yang dikombinasikan antara tarian melayu dengan budaya yang ada di Arab. Para penari yang memerankan tarian ini di haruskan memakai kerudung yang sama baik itu warna dan bentuknya.

Tarian ini sering di iringi oleh alat musik yang cara bermainya dengan dipetik. Contoh alat musik yang bermainya di petik yaitu gambus dan marwas.

Tari Lenggang Nyai

Pakaian adat betawi
sumber ragamseni.com

Asal usul nama dari tarian ini berasal dari cerita seorang gadis yang bernama Nyai Dasimah. Gadis tersebut berasal dari Kota Jakarta yang bingung mencari  pasangan hidup. Pada saat sudah menikah Nyai Dasimah ini tidak kuat akan peraturan yang dibuat oleh suaminya tersebut.

Lalu ada salah seorang seniman yang bernama Wiwiek Widiastuti yang membuat tarian ini menjadi sebuah nama Tari Lenggang Nyai. Tarian ini di iringi oleh alat musik gambang kromong. Pakain yang dikenakan oelh pra penari adalah jenis kostum yang mempunyai warna cerah. Jika anda melihatnya pasti masih terlihat unsur negara chinanya dalam tarian ini.

Penutup

Sekian terlebih dahulu pembahasan saya kali ini mengenai pakaian adat betawi dan juga tarian dan sejatanya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk membacanya.

Jangan lupa kalau menurut anda artikel ini bagus share ke teman kalian supaya teman kalian juga membacanya. Berbagi itu indah

Tinggalkan komentar