2278

10+ Contoh Naskah Drama Sekolah, Persahabatan, Lucu dan Cerita Rakyat

Contoh naskah drama, Hai temen-temen yang masih duduk di bangku sekolah  bagaimana kabarnya semua? Semoga tetap sehat yah. Tau nggak sih kalian seperti apa naskah drama itu? Saya sangat yakin kalo kalian seorang pelajar pasti pernah mendegar kata naskah drama, entah itu di sekolahan di bimble atau di tempat lain.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menyajikan tentang contoh naskah drama. Yah itung-itung naskah drama pendek ini buat seru-seruan aja, bisa dipake untuk bikin statuslah, ditulis dibukulah atau apa yang lainya lah, yang penting enak di baca dan ceritanya tidak ribet gitu aja dah.

Sebelum membaca artikel ini jangan lupa untuk membaca bismilah, agar apa yang kita baca ini bermanfaat bagi kehidupan kita. Jujur saja saya agak males saat nulis artikel ini, entah kenapa? Kebawa soalnya semua ini masa lalu saya mungkin. Tapi walaupun gitu insyaallah artikelnya bagus kok, minimal nggak ngawur – ngawur amatlah.

Untuk mempersingkat waktu berikut beberapa contoh naskah drama yang akan membantu kalian menyelesaikan tugas bahasa indonesia hehe. Langsung berikut contoh text drama yang bagus menurut diri saya pribadi.

Selamat membaca!!

Artikel Terkait : Contoh Memo Resmi dan Tidak Resmi

Contoh Naskah Drama Anak Sekolah

Semenjak setahun ke belakang, negara memberikan program terbaru yakni beasiswa kepada para siswa yang memiliki prestasi di sekolah. Hal ini bisa di buktikan dengan banyaknya peluang untuk belajar ke perguruan tinggi dengan berbagai macam jurusan. Pengumuman tentang penerimaan mahasiswa baru, akan di umumkan pada seluruh fakuktas yang ada id Indonesia.

Pada cerita yang saya tulis kali ini akan menceritakan seorang siswa yang masuk ke dalam perguruan tinggi dengan jalur beasiswa penasaran ceritanya seperti apa? baca sampai habis ya..! Mengenai kabar dari pemerintah setempat tentang beasiswa bidik misi pada tahun ini akan di sampaikan dan ada 3 orang yang menerima beasiswa tersebut yakni Riko Ahmad Ferdiansyah, Izzatun Nisa Firdausinisa’, dan Renny Tri Wahyuni mereka bertiga adalah siswa siswi yang sesuai dan sudah memenuhi persyaratan yang sudah di tentukan.

Riko : Rasa syukur ku selalu ku berikan kepada mu ya Rabb..!

Izza : Iya ko kita harus bersyukur walaupun kita termasuk orang golongan menengah kebawah tapi kita bertiga mampu membuktikan bahwa kita bisa..!

Renny : Perjalanan kita belum berhasil sampai di sini kawan, masih ada perguruan tinggi yang akan menjawab seberapa kemampuan kita.

Riko : Iya benar juga itu

Izza : Maka dari itu mulai sekarang kita harus belajar lebih giat lagi.

Renny : Aku setuju sama izza karena pelajaran di perguruan tinggi memang benar masih sama tapi lebih dalam lagi pemahamanya.

Riko : Kalalu aku ya ayo aja untuk masa depan kita bersama kenapa tidak ya enggak ya enggak?

Izza: Terserah lu lah ko enak nya gimana, tapi jangan lupa beliin kita snack ya ?

Riko : Ah lu makan mulu pikiranya, oke dah kalau itu gua beliin.

Renny : Kita doa kan saja semoga teman teman kita juga sukses di perguruan lain dan bisa beajar bareng meski tidak satu kampus.

Riko : Iya Setuju renn ide bagus itu.

Izza : Iya pasti kalau itu kan dulu kita pernah janji masuk perguruan bareng keluar juga bareng ya kan?

Riko : iya btw kalian semua mau enggak dateng ke acara ultah sepupu ku hari ini tanggal 26 Mei?

Izza : Boleh, lagian hari ini aku kosong acara dari pada di rumah mending party hehe.

Renny : Sorry ya bukanya gak mau ikut ni tapi aku ada acara..!

Riko : Lho renn acara apaan ?

Renny : Ada acara ko sampaikan maaf ku ke sepupumu ya aku gak bisa datang..!

Izza : Kamu gak asik renn datang lah ya bentar aja ?

Riko : Ayo lah asal kamu tau aja ya sepupu ku itu berharap kalau lu datang ke ulang tahun dia yang ke 20 tahun.

Renny : Tapi ko sorry aku gak bisa ( berlari menuju pagar rumah riko dan memanggil taksi)

Riko : Tunggu ren (mengejar renny yang sudah pergi naik taksi)

Izza : Ya sudah lah ko kita berdua aja yang pergi ke ultang tahun sepupu mu itu.

Riko : Ya udah ayo.

Dengan sedikit kecewa riko pergi ke rumah sepupunya bersama izza dengan naik sepeda motor Tiger Revo 2012 (sekitar 20 Menit sudah sampai). Ketika itu disambut dengan sepupunya dan dia bertanya.

Sepupu : Selamat datang, ko ini siapa ?

Riko : Ini izza teman ku satu kampus bang.

Sepupu : Oh salam kenal ya, btw renny mana ini tamu udah pada datang acara mau di mulai ?

Riko : Tadinya sudah aku ajakin kesini dia, tapi katanya ada acara keluarga kalau gak percaya tanya aja si izza..!

Izza : Iya mas benar, tadi sudah di kejar juga sama si riko tapi keburu renny naik taksi dan pulang.

Sepupu : (Raut wajah kecewa) Ya sudah ayo masuk..

Di dalam sudah banyak orang dan tamu undangan baik itu teman teman sepupunya riko dan juga kebarat dekat keluarga riko dan sepupunya. Acara itu pun di mulai dan berlangsung dengan lancar, tetapi waktu potongan kue pertama sepupunya ini di kaget kan dengan seseorang yang baru datang dan dia berkata.

Renny : Selamat Ulang Tahun ya semoga panjanng umur dan jadi orang yang berguna untuk masyarakat dan keluarga. Ini aku bawakan kue untukmu maaf aku telat datang..

Sepupu : Kamu..! makasih udah datang.

Iza / Riko : Katanya lu kagak datang ?

Renny : Hehe bercanda ya kale aku gak datang hehe gimana akting ku tadi bagus enggak?

Izza : Biasa aja (dengan nada sedikit kesal)

Riko : Ya udah sana ambil sendiri makanan sama minumanya ya.

Dan mereka semua menikmati hidangan yang di berikan oleh keluarga sepupunya riko.

Artikel Terkait : Kata kata Romantis yang Bisa Bikin Perempuan Klepek klepek

Contoh Naskah Drama Pendek

Renita : Nanti setelah lulus dari SMA kamu mau menjutkan kemana kuliah apa kerja? Aku masih bingung dan masih ingin di rumah dulu. Kalau kamu?

Resita : Aku mau langsung kerja aja lu kan juga tau gua kalau di sekolah ngapain aja masa mau kuliah hahaha. .

Renita : Apa kamu sudah ada tempat untuk kamu kerja nanti ? Atau masih mencari ?

Resita : Udah ada si kalau aku ingin langsung ke purasahaan aja, aku gak mau kerja di pabrik..!

Renita : Kenapa? gak mau kerja di pabrik?

Resita : Lha lu kan tau sendiri keja di pabrik itu ngapain aja dan resikonya apa aja dan kerjanya berapa lama?

Renita : Iya juga ya bener juga kamu.

Resita : Dulu aku juga sempat kepikiran habis lulus sekolah ingin melanjutkan kuliah dahulu, tapi semua itu berubah entah kenapa aku ingin bekerja dari pada melanjutkan kuliah.

Renita : Kalau kamu udah di terima nanti kabari aku ya jika ada lowongan kerjaan.

Resita : Iya pasti aku kabari kamu tenang aja sekarang fikir aja dulu mau kerja atau lanjut ke perguruan tinggi.

Renita : Iya itu akan ku pikirkan tenang aja.

Sesudah melewati pembicaraan yang begitu panjang dan beberapa hari sudah berlalu renita menemukan jawabanya dia ingin masuk ke perguruan tinggi dan resita sudah di terima di perusahaan yang dia inginkan.

Contoh Naskah Drama 3 Orang

Yuda : Udah masuk bulan ramadhan kita perlu agendakan lagi enggak seperti tahun kemarin ?

Asif : Agenda apa ya yud?

Yuda : Itu sif yang bagi bagi takjil di lampu merah?

Asif : Oh iya yud boleh kalau gitu, cuma berdua kita ?

Yuda : Jangan kita ajak yang lain biar terlihat ramai dan kita kan dari komunitas juga bukan individu..!

Asif : Oke kalau begitu, nanti anak anak tak kumpulin dulu..

Yuda : Ok tinggal kita nanti tentukan tanggal nya.

Ke esokan harinya yuda dan asif datang ke salah satu rumah teman nya yang bernama Riski mereka berniat untuk mengajak dia untuk berpartisipasi dalam kegiatan di bulan ramadhan ini. Dan alhamdulilahnya riski mau di ajak kerja sama dalam agenda tahun ini.

Riski : Kira kira kita akan berada di lampu merah mana ?

Yuda : Lampu merah kertosono saja karena disana juga ramai komunitas juga sama seperti kita, sekaligus kita berkenalan dengan mereka menambah erat tali persaudaraan sesama komunitas.

Riski  : Gitu juga boleh.

Asif : Ini uang yang kemarin udah gua beliin snack dan udah gua masukin ke dalam plastik.

Yuda : Kerja bagus dan sekarang ayo kita berangakat.

Disini aku (yuda) bersama komunitas ku bergegas menuju lampu merah karena jam sudah menunjukan pukul 5 sore. Dan benar dugaan ku disana ada beberapa komunitas juga yang berpartisipasi. Sesampainya disana ku dan teman teman ku di sambut dengan ramah oleh mereka yang sudah berada duluan di situ.

Yuda : Ayo teman teman kita ambil posisi masing masing di karenakan semakin sore semakin rame.

Komunitas : Siap bosku.

Asif : Yud aku bagian apa ya?

Yuda : Kamu ambil satu bungkus snack dan bagiin di seberang jalan sana soalnya dari tadi saya lihat banyak yang melihat ke arah sini dan mereka berhenti di sebarang sana.

Asif : Oke kalau begitu (tidak lama asif bergegas ke seberang jalan dengan 3 temanya untuk membagiakan snack takjil buat buka puasa)

Itulah rangkaian kegiatan kami di bulan yang penuh berkah ini, kami memilih kegiatan yang positif dari pada yang negatif karena kami tau ini bulan yang penuh ampunan dan penuh berkah bagi mereka yang menjalankan kegiatan yang positif.

Contoh Naskah Drama 4 Orang

Puput : Hei selesai shalat taraweh nanti kita tadarusan yuk ? siapa aja yang mau ikut ?

Anju : Aku.!

Eva : Aku..!

Renny : Ayuk aja..!

Puput : Oke nanti sehabis shalat langsung kita mulai aja ya juz pertama.

Anju : Siap, cuma berempat aja gak ada yang lain ?

Puput : Pasti ada kalau ada yang ngaji nanti yang lain pasti akan datang sudah tenang aja.

Reeny : Benar itu kata si puput.

Eva : Ya, udah saya mau ambil snack dulu ya buat jajanan nanti malam.

Renny : Iya kak silakan.

Anju : Anak laki laki enggak ada yang tadarus?

Puput : Kok nanya ? kamu kan tau sendiri mereka kan jadwal pagi kalau malam mereka hanya begadang disini ?

Anju : OH begitu.

Puput : Bentar deh, anak laki laki yang mana ini yang kamu maksud ?

Anju : Anak desa sini lah..!

Puput : Siapa hayoo, jujur?

Anju : Ah apaan sih put kagak jelas.

Renny : Udan jangan di besar besarin dah kita sekarang ngabuburit aja sekaligus menunggu waktu berbuka puasa..

Anju : Ide yang bagus itu ..!

Waktu berjalan dengan cepat tak terasa adzan magrib sudah berkumadang dan kami pun berbuka puasa di rumah kami masing masing. Setelah itu kami bergegas untuk menuju mushola di dekat rumah berhubung rumah kami berempat dekat kami menuju satu mushola yang sama. Dan menunaikan ibadah shalat taraweh.

Puput : Ayo siapa yang mau mulai duluan juz pertama surat al baqarah?

Reeny : Aku ya boleh kan?

Puput : Silakan boleh nanti kami bertiga yang menyimak bacaan kamu..!

Renny : Oke kalau gitu.

Kami berempat pun melajutkan tadarus secara bergilir dan sampai waktu menunjukan pukul 22.00 kami pun bergegas untuk meninggalkan mushola dan pulang ke rumah karena masih banyak kegiatan yang harus kami kerjakan ke esokan harinya.

Artikel Terkait : Kata kata Gombal Romantis buat Pacar

Contoh Naskah Drama 5 Orang

Naskah drama ini merupakan contoh naskah drama yang percakapanyan ada 5 orang di dalamnya. Drama pada umumnya di lakukan dengan banyak orang atau lebih dari satu orang. Contoh Drama juga bisa kalian ambil dari kegiatan kalian sehari hari.

Contohnya seperti text drama yang ada di bawah ini :

Panjie : Dim lu punya rencana enggak, kita kan udah selesai ujian ni masak lu gak ngadain liburan kemana gitu?

Dimas : Gua sih juga pengen, tapi masih ada problem ama dia..!

Panjie : Dia? siapa dim? ada masalah apa biar gue beresin tu anak..! (dengan nada yang sedikit menekan)

Dimas : (Emosi) Njie semua gak bisa di selesaikan dengan kekerasan iingat itu..!

Panjie : Maaf habis gua gak bisa lihat sahabat gua di giniin karena lu 3 hari ini kelihat susah dan menyendiri..!

Dimas : Kalau gua ada masalah sama cowo ok gua bisa hadapi sendiri njie gak perlu bantuan loe semua.

Panjie : iya maka dari gua tau loe jago tapi kali ini masalah nya kok lu gak lawan dia ?

Dimas : Kalau gua lawan tu anak, gua bukan seorang cowo tapi seorang pengecut.!

Panjie : Jangan bilang loe sekarang ada masalah sama si R**** ?

Dimas : Iya benar.

David : Udah lah dim lu bisa cari yang lain ?

Arun : Iya dim bener kata si david.!

Galang : Cari yang lain memang mudah buat dimas tapi yang seperti R**** itu sulit bagi dimas untuk mencarinya, benar begitu dim?

Dimas : Iya Lang lu bener.

Galang : Tu kan apa kata gue ..!

Panjie : Y udah dari pada lu galau disini mending kita have fun di sirkuit ayo berangkat.

Ngomong ngomong dimas seorang joki dragbike di kotanya dan kami sebagai teman sekaligus sahabatnya tau betul sifat dia bagaimana, Jadi kami juga tau bagaimana cara menghilangkan kesedihanya itu.

Contoh Naskah Drama Tentang Persahabatan

Beberapa minggu setelah siswa siswi melaksanakan ujian nasional di sekolahnya. Dalam tokoh ini sebut saja dia dengan nama Edo. Dia merupakan murid yang sangat teladan yang ada di sekolahnya Edo memiliki sahabat yang begitu baik yaitu Yoga, Kezha, Reno, dan Delon. Pada hari senin dia di panggil kepala sekolah untuk menemui beliau. Bukan hanya Edo saja namun sahabatnya di panggil juga satu persatu.

Sesudahnya menemui kepala sekolah Edo terlihat sanagt senang dan lari mondar mondir seperti orang kebingungan. Pasalnya dia mendapatkan nilai Ujian Nasional yang paling baik. Sahabatnya juga tidak berbeda jauh dengan Edo mereka juga mendapatkan nilai yang kurang lebih sama bagusnya.

Edo : “Alhamdulilah, akhhirnya aku lulus dengan nilai yang memuaskan!”

Reno : Iya kita berlima lulus dengan nilai yang kita inginkan, ini semua berkat keseriusan kita dalam belajar dan kerjasama dan menjawab soal soal ujian nasional kemarin.

Yoga : So pasti kita sudah banyak meluangkan waktu kita yang awalnya banyak bermain jadi fokus belajar.

Edo : Kezha kamu lagi ngapain bengong mulu (sampil menepuk bahu kanan kezha karena sejak awal ngelamun sendiri).

Kezha : Kawan-kawan teman kita kan sudah hampir lulus sekolah menengah pertama, pastinya kita akan berpisah karena aku akan melanjutkan sekolah di luar kota.

Reno : Benar juga aku juga nantinya akan pergi ke luar kota juga bersama saudara ku utnuk sekolah disana. bagaimana dengan kamu yoga?

Yoga : Rencana aku ingin melajutkan ke pondok pesantren saja untuk mempertebal iman dan agama ku.

Edo : Bagus yog aku dukung kamu..

Kezha : Sudah lah kita semua disini jangan bersedih sudah takdirnya jika ada pertemuan pasti akan ada perpisahan.

Kemudian ke lima sahabat ini saling berangkulan untuk perpisahan semantara, pada akhirnya sahabat sahabat ini tidak putus tali silaturahmi sampai disini. Walaupun jarak dan waktu sulit bertemu semoga suatu saat ada waktu yang mempertemukan mereka untuk ke sekian kalinya.

Contoh Naskah Drama Lucu

Disuatu sekolah menengah ke atas ada sorang siswa yang memliki kebiasaan yang setiap harinya membuatnya bahagia. Namun itu semua berubah ketika hari ulang tahunya datang.

Putri : Eh btw besok mau ada agenda ulangan lho.. Kalian udah belajar tentang materi yang di buat ulangan belum?

Dean : Belum, beneran ada tugas dari guru kita di suruh mempelajari materi besok?

Dony : Ya Allah..

Putri : Apa apaan ini, astaga ! Kalau nanti nilai ulangan kamu jelek gimana, pasti kena hukuman lho?

Dony : Bodo amat ! mungkin aja hukumanya ringan kayak kemarin.

Putri : Bukan beda kayak hukuman biasanya, hukumanya nanti kamu mendapatkan pelajaran tambahan..!

Dony : Hah. serius ini gak bercanda kan? bakal kelar aku kalau gitu.

Dean : Aku tengok dulu, siapa tau ada guru yang ingin masuk ke kelas kita.

Dony : Tugas kemarin kita memplejari bab yang mana ya aku lupa hehe..!

Dean : Oh iyha, beneran ini ada guru yang mau ngisi kelas kita.

Devi : Loh tadi ada yang bilang ada guru yang ingin masuk kek kelas kita kok masih sepi, kamu bohong ya?

Dony : Huuu. katanya ada guru ternyata tipuan..

Dean : Ehh beneran ini ada gurunya, guru masa depan maksudhnya (sambil nyengir)

Devi : Emang bener ya ni bocah kalau ngeprank..

Putri : Kamu apa sudah belajar materi buat besok dev?

Devi : Sudah dong, aku kan anaknya gak seperti kamu dean hehe

Dean : huss sombong amat ni anak

Devi : Biar aja dari pada nanti aki gak belajar terus nilai ku jelek sombong lagi hehe

Putri : Udah jangan saling lempar pembicaraan, udah gede kita jangan seperti anak kecil.

Devi dan Dony bergegas menuju ruang belajar untuk belajar bersama dan sahabatnya yang lain pun mengikutinya, mereka adalah sahabat yang soulit karena segala masalah baik berat maupun ringan mereka hadapi bersama.

Contoh Naskah Drama Cerita Rakyat

Cerita rakyat memang populer di kalangan anak sekolah dasar dan anak sekolah menengah pertama dalam pelajaran bahasa indonesia. Beriut adalah contoh cerita rakyat yang sudah melegenda judulnya adalah Malinig Kundang.

Pada suatu desa bernama suka maju hiduplah seorang laki laki yang masih berusia muda yang bernama malin. Malin hidup bersama ibunya beberapa tahun kebelakang ayahnya sudah meninggal dunia. Pada suatu hari malin mengutarakan keinginanya kepada sang ibunda guna pergi jauh.

Malin : “Bu, aku ingin pergi merantau mengadu nasib di luar kota, siapa yang tahu nanti aku kelak bisa sukses.”

Ibu : “Apakah kau yakin malin? mencari pekerjaan di kota itu begitu sulit malin dari pada mencari pekerjaan d desa kita yang seperti ini.

Malin : ” Aku yakin bu, tolong izinkan saya bu!!

Ibu : “Ya sudah jika itu keinginan mu aku ijikan kamu pergi.

Pada keesokan harinya berangkatlah Malin menuju kota untuk mencari pekerjaan, Perusahaan demi perusahaan ia masuk dan melamar pekerjaan, namun tetap hasilnya sama naas. Pada hari itu juga ada perempuan yang rupawan wajahnya ia sedang mengalami musibah ia di copet.

Mifta : “Tolong, copet!!! Copeet!!

Malin yang berada di dekatnya langsung bergegas mengejarnya dan akhirnya ia berhasil menangkap copet tersebut dan memukulinya.

Copet : “Ampun Ampun bang Cukup…”

Malin : Kurang ajar kau ya berani jangan sama perempuan!!

Copet : Ayoo ikut saya ke kantor polisi untuk mempertanggung jawabkan perbuatanmu.

Kemudian copet tersebut di arahkan ke kantor polisi terdekat untuk mendapatkan ganjaran yang sudah pantas di dapatkanya.

Mifta : “Terima kasih ya kau sudah menolong ku, sebagai ucapan terima kasih dariku mau kah kau ikut saya kerumah saya?

Malin : Ok baik non

Mifta : Jangan panggil non paling saja saya Mifta.!

Singkat cerita malin tiba di rumah mifta lalu berkenalan dengan orang tuanya. Semanjak ada kejadian tersebut malin di jadikan sebagai karyawan dan menjadi sangat dekat dengan mifta. Lamanya malin di ibu kota sampai sampai ia tidak lagi inigat dengan ibunya yang ada di kampung.

Tidak membutuhkan waktu yang lama mereka berdua pun mernikah, sesudah pernikahanya itu dengan mifta malin bekerja sebagai karyawan orang tua istrinya. Secara tidak ada yang mengira kapal singgah di desa suka maju tempat ibunda malin tinggal. Ada salah satu warga melihat malin dan beliau cepat cepat memberitahu ibu malin yang ada di rumah.

Tetangga : “Bu bu Malin pulang dia bertepi di pelabuhan..!!!

Ibu : Malin anakku? terima kasih uni aku sangat senang mendengarnya..

Tetangga : Ayo bu kita kesana (menuju pelabuhan)

Ibu : “Malin-Malin anak ku sayang (berteriak) aku sudah kembali, disini ibu sangat merindukanmu”(Malu mengakui ibunya malin pun berbohong)

Malin : “Siapa kau? Kau hendak mengaku ngaku sebagai ibuku!

Ibu : “Ini ibumu nak aku yang melahirkan dan membesarkanmu!

Malin : “Tidak kau jangan mengaku ngaku!

Mifta : Apa benar dia adalah ibumu Malin? Lantas kenapa engaku tidak mengakui dia ?

Malin :  Bukan dia bukanlah ibu kandung ku (bergegas pergi, saat itu juga ibunya menagis dan bersedih karena anaknya sudah tidak mengakuiya sebagai ibu kandungnya)

Ibu : “Ya Allah aku mohon berikanlah teguranmu , sesungguhnya ia adalah anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya”

Tiba tiba saja ada hujan lebat dan petir yang menyambar kesan kesini, gelombang laut pun perlahan mulai naik.

Malin : “Ada apa ini? Tadi cuacanya cerah mengapa berubah secepat ini Tiba tiba ada peitr mengarah ke tubuh malin.

Malin : “Aaargggghhhhh..  . . . .!!

Seketika itu malin langsung berubah jadi batu karena telah di laknat oleh Allah karena ia durhaka kepada ambunya sendiri.

Video Lucu Drama Sekolah Lucu

Video Drama Bahasa Jawa

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply