9
37

Contoh Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna [Lengkap]

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah pernah membahas pengertian tentang metamorfosis dan metagenesis. Menyambung pembahasan yang kemarin pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Agar kamu tidak lupa dengan pembahasan yang kemarin kita akan membahasanya lagi dengan singkat apa itu metamorfosis? Metamorfosis adalah perkembangan hewan yang melibatkan perubahan dari fase telur, berkembang mejadi individu dewasa.

Metamorfosis dibedakan menjadi dua yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna pada pembahasan kemarin kita sudah pernah membahasnya secara singkat. Disini kita akan membahasnya secara detail mulai dari pengertian, jenis, sampai contoh hewan.

Selamat Membaca !

Pengertian Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Hewan yang dapat mengalami metamorfosis adalah hewan yang berasal dari jenis serangga, katak (amfibi), udang-udangan (crustacean), enchinodermata dan tunicate.

Metamorfosis sempurna terjadi pada jenis hewan seperti katak dan juga serangga sedangkan metamorfosis tidak sempurna terjadi pada hewan udang – udangan, enchinodermata dan tunicate.

Artikel Terkait : Pengertian Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna [ Lengkap]

Fase Metamorfosis

Metamorfosis terbagi menjadi 4 fase yakni diantaranya telur, larva atau nimfa, pupa dan imago. Metamorfosis sempurna memiliki karakteristik diantaranya hewan yang mengalami keempat fase tersebut dinamakan metamorfosis sempurna.

Sedangkan untuk metamorfosis tidak sempurna seperti hewan yang tidak mengalami fase pupa atau kepompong. Nah untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut :

Artikel Terkait : 5 Perkembangan Teori Atom Dari Tahun ke Tahun

1. Telur

Telur adalah fase pertama dalam prose terbentuknya individu baru. Telur dihasilkan oleh induk betina yang melalui proses dari induk jantan sehingga akan dapat terbentuk individu baru. Seiring berjalanya waktu telur yang berhasil menetas akan menjadi lava atau sering kita sebut nimfa.

2. Larva atau Nimfa

Diantara kita mungkin sering menjumpai hewan yang satu ini. Hewan ini termasuk jenis serangga dan amfibi karena ia mampu tinggal di darat dan di air. Bentuk larva pada fase pertama berbeda dengan bentuknya pada fase dewasa.

-Pernahkah kalian memperhatikan jentik-jentik nyamuk di dalam genangan air atau bak mandi? Itulah yang dinamakan larva. Pada fase dewasa larva berupa jentik-jentuk dan tumbuh menjadi imago. Kemudian larva akan berubah bentuk ke fase berikutnya yakni menjadi kepompong (pupa).

-Sedangkan untuk pengertian nimfa adalah hewan yang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan bentuk tubuh imago. Akan tetapi ukuran tubuh nimfa lebih kecil dari pada ukuran tubuh imago. Pada fase ini nimfa termasuk ke dalam jenis hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

3. Kepompong / Pupa

Kepompong memiliki istilah lain yakni pupa. Pupa sendiri merupakan fase transisi, yang dimana serangga dalam fase ini memiliki keadaaan yang tidak inginn makan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Fase kepompong ini termasuk kedalam metamorfosis sempurna. Setelah melewati fase ini pupa akan menuju ke fase berikutnya yakni menjadi imago atau individu dewasa.

4. Imago / Individu Dewasa

Imago merupakan nama untuk individu dewasa, baik yang berproses dari nimfa atau kepompong. Fase imago adalah tahapan terakhir dari fase metamorfosis. Individu dewasa pada fase ini mampu menghasilkan telur. Fase telur ini akan kembali mengalami fase metamorfosis seperti induknya berulang kembali untuk menghasilkan individu yang baru.

Artikel Terkait : Pengertian Rantai Makanan Lengkap Beserta Contohnya

Contoh Metamorfosis Sempurna

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna ditandai dengan perubahan bentuk tubuh yang terlihat pada fase larva dan fase imago. Metamorfosis sempurna memiliki istilah holometabola. Kamu mengenali dengan mudah jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yang pastinya mengalami 4 fase diatas.

Ciri – Ciri Metamorfosis Sempurna

Untuk memudahkan kamu mengenali jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna kamu bisa memperlajari dua ciri-ciri ini diantaranya :

– Mempunyai perbedaan bentuk yang sangat berbeda antara fase pupa dan fase imago.

– Dalam perkembangan tubuhnya menggunakan fase pupa dan kepompong.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

1. Kumbang

Pada hewan kumbang metamorfosis sempurna diawali oleh telur – nimfa – kepompong – imago (kumbang dewasa).

2. Semut

Semut merupakan jenis hewan serangga yang mengalami metamorfosis sempurna yang diawali dengan telur – larva – kepompong – imago (semut dewasa).

3. Katak

Hewan yang satu ini sudah tidak asing lagi namanya di telinga kalian yak katak adalah hewan yang termasuk ke dalam metamorfosis sempurna karena memiliki beberapa fase perkembangan yang dimulai dari telur – kecebong – katak muda – imago (katak dewasa).

Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola)

Metamorfosis tidak sempurna memiliki istilah lain yakni hemimetabola. Metamorfosis tidak sempurna ini dapat kita lihat pada fase nimfa ke fase imago jika dalam fase ini perubahan bentuk tidak mencolok dan metamorfosis tidak sempurna ini juga tidak mengalami fase kepompong (pupa). Sehingga tahapan atau proses metamorfosis hanya meliputi telur – nimfa – imago.

Ciri – Ciri Metamorfosis Tidak Sempurna

Berikut ada 3 ciri-ciri yang dapat kalian pelajari agar mudah membedakan anatara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

– Perubahan bentuk yang dialami hewan tersebut hanya melewati fase nimfa dan imago saja.

– Tidak mengalami fase kepompong.

– Perubahan pada hewan tidak begitu mencolok.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tak Sempurna

Berikut adalah contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna diantarnya adalah :

1. Kecoa
Hewan pertama yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yakni kecoa. Karena pada fase metamorfosisnya hanya meliputi telur – nimfa – imago (kecoa dewasa).

2. Capung
Capung adalah jenis serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yakni mengalami 3 tahapan diantaranya telur – nimfa – imago (capung dewasa).

3. Rayap atau Laron
Jenis serangga yang satu ini memiliki tahapan atau fase metamorfosis meliputi telur – nimfa – imago (laron dewasa).

Demikian artikel ini mengenai contoh metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu dalam mengerjaka soal-soal, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir ke halaman ini. Semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply