Contoh Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan di Sekitarnya !

Pada sekolah menengah pertama pastinya kamu ada mata pelajaran IPA (ilmu pengetahuan alam) dengan materi interaksi makhluk hidup. Kamu sendiri tau tidak apa itu interaksi makluk hidup?

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahasnya secara detail jadi jangan khawatir kita bimbing kamu sampai bisa memahaminya.

Lalu apa saja hubungan yang terjadi dalam sebuah ekosistem tersebut dan bagaimana dampaknya? Untuk itu mari kita langsung saja menuju inti pembahasan kita di bawah ini.

Selamat Membaca !

Apa Itu Interaksi Makhluk Hidup?

Penjelasan singkatnya yakni : dari setiap makhluk hidup yang ada di dalam sebuah ekosistem mampu melakukan interaksi satu sama lain. Dengan adanya interaks tersebut maka ekosistem dapat berjalan dengan seimbang.

Interaksi yang dilakukan oleh makhluk hidup pada suatu ekosistem dibedakan menjadi 5 kelompok. Antara kelompok A dengan kelompok B memiliki peranya masing-masing. Berikut penjelasanya :

Artikel Terkait : Mengenal Beberapa Komponen Penyusun Ekosistem

Apa Yang Dimaksud Interaksi Predasi?

Interaksi Predasi adalah interaksi antara mangsa dan pemangsa dalam satu ekosistem, interaksi ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan jumlah pemangsa dan hewan yang di mangsa dalam sebuah ekosistem.

Contohnya Interaksi Predasi : buaya dan rusa di tepi rawa-rawa. Dengan adanya buaya sebagai predator, buaya berfungsi untuk mengontrol populasi rusa agar tidak terlalu banyak, jadi rusa tidak mengalami ledakan populasi dan menggangu jalanya ekosistem.

Apa Yang Dimaksud Dengan Interaksi Netral?

Interaksi Netral adalah apabila makhluk hidup berinteraksi namun tidak mengganggu satu sama lain,maka interaksi yang terjadi adalah netral. Jadi mereka tinggal di dalam ekosistem yang sama, tidak ada persaingan atau permusuhan dalam interaksi ini.

Contoh Interaksi Netral : Contohnya seperti kelinci dan marmut mereka hanya akan bermain saja selayaknya seperti anak kecil, karena memang hubungan meraka hanya sebatas itu.

Apa Yang Dimaksud Dengan Simbiosis?

Pengertian simbiosis adalah interaksi yang dilakukan oleh dua makhluk berbeda spesies yang saling berhubungan.

Simbiosis memiliki 3 bentuk interaksi yang berbeda ada yang menguntungkan satu sama lain, ada yang menguntungkan ada yang dirugikan, dan ada yang menguntungkan satu pihak namun pihak lain tidak merasa dirugikan.

Artikel Terkait : Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Amensalisme dan Parasistisme

Apa Yang Dimaksud Interaksi Antibiotis?

Pengertian Interaksi Antibiotis adalah interaksi yang dilakukan oeh makhluk hidup yang dimana satu menghambat pertumbuhan mahluk hidup lainya.

Contoh Interaksi Antibiotis : Kita bisa ambil contohnjamur penicilium, jamur yang satu ini mampu menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri sehingga tidak dapat langsung berkembang biak dengan sempurna.

Jamur ini juga sering digunakan oleh manusia untuk dijadikan sebagai obat antibiotik dengan nama penisilin. Selain bentuknya yang unik jamur ini juga memiliki banyak manfaat.

Artikel Terkait : Pengertian Rantai Makanan, Jaring-Jaring Makanan dan Piramida Makanan

Apa Yang Dimaksud Dengan Interaksi Kompetisi?

Pengertian Interaksi Kompetisi : interaksi yang dilakukan oleh 2 jenis makhluk hidup yang saling bertarung untuk mendapatkan satu hal yang sama.

Contoh Interaksi Kompetisi : Seperti sapi dan kambing ini mereka bertarung untuk memperbutkan rumput dalam sebuah ekosistem yang sama yakni di padang rumput.

Nah, pada kahirnya kita sudah selesai membahas materi tentang interaksi makluk hidup beserta contohnya, bagaimana ada yang belum paham? jika belum kamu bisa membaca ulang kalau ada pertanyaan bisa di tanyakan di kolom komentar di bawah ini.

Sebelumnya terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir ke halaman ini, jika kamu ingin menambah wawasan seputar bisa mengunjungi link ini https://dimasfan.com/ semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar