3
5

Wisata Gunung Butak Pendakian Menantang di Timur Jawa

Gunung Butak – Halo, apa kabar semua? Semoga kalian semua berada dalam lindunganya dengan keadaan sehat. Kali ini kita akan membahas keindahan gunung yang ada di Kabupaten Malang. Gunung ini memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Bagi kalian yang memiliki hobby mendaki gunung atau trekking di alam, tidak ada salahnya jika kamu singgah ke salah satu gunung yang ada di jawa timur tepatnya di Kabupaten Malang ini. Gunung ini mungkin belum begitu popular di telinga para pendaki, namun gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Jika kamu  sudah sampai puncak kamu akan di manjakan dengan pemandangan gunung butak yang memanjakan mata, buat siapa saja yang melihatnya pasti akan terpikat karena keindahanya. Gunung butak sangat cocok untuk kalian yang baru pertama kali mendaki gunung.

Gunung ini mempunyai rute pendakian yang bisa di bilang tidak begitu sulit dan gunung ini tidak begitu tinggi hanya 2.868 Mdpl hehe. Cukup rendah bukan jika di bandingkan dengan gunung gunung lainya yang berada di Jawa Timur contohnya seperti Gunung Raung dan Gunung Semeru.

Jika gunung butak terlalu tinggi buat kamu, kamu bisa ambil paket wisata bromo dan menikmati keindahan Gunung Bromo dari dekat. Bukan hanya itu Gunung Bromo adalah salah satu spot sunrise terbaik di Jawa Timur. Gimana yakin gak mau ?

Apa saja keistimewaan Gunung Butak penasaran kan? Simak ulasan berikut.

Keistimewaan Gunung Butak

keindahan alam di gunung butak

sumber @wadini

Buat kalian yang ingin mendaki gunung terlebih dahulu siapkan segala peratan dan juga obat obatnya pastinya ketika mendaki tidak ada yang tau musibah apa yang akan menerpa. Gunung butak ini memang tidak terlalu tinggi namun pemandangan yang di tawarkan sangat indah.

Tidak ada kata menyesal setelah kalian mendaki Gunung Butak ini, karena setiap kali melangkah pemandangan yang indah selalu bersama kita mulai dari awal kita masuk hingga puncak kita akan di pertemukan dengan pemandangan yang indah sehingga membuat kita terpesona dengan keindahanya.

Tidak percaya? Berikut adalah keistimewaan Gunung Butak yang perlu kalian ketahui.

Mempunyai Sabana Yang Luas

keindahan padan sabana gunung butak

sumber @ erni.isaan

Tidak semua gunung mempunyai padang sabana yang indah dan luas. Salah satu nya adalah Gunung Butak yang berada di Jawa Timur ini mempunyai sabana yang indah di tambah dengan adanya bunga Edelweiss. Namun tidak setiap bulan bunga ini mekar dengan sempurna.

Jika kalian ingin melihat keindahan bunga ini datanglah sekitar bulan Juli – Agustus untuk menikmati keindahan bunga Edelweiss. Sabana di Gunung Butak ini sangat luas dan kamu bisa melihat keindahan perbukitan yang ada di seklilingnya. Sabana ini juga sering digunakan untuk bermalam para pendaki.

Pemandang Puncak yang Indah

keindahan gunung butak di pagi hari

sumber traveloka.com

Jalur pendakian menuju Gunung Butak memang di kenal sulit. Namun semua itu akan terbayar tuntas setelah kamu sampai puncak. Pemandangan alam yang indah akan menemanimu. Bukan hanya itu dari puncak kamu dapat melihat Gunung Arjuno yang terlihat jelas berdiri gagah berselimutkan awan putih.

Di pagi hari, puncak Gunung Butak ini merupakan spot terbaik untuk mencari sun rise. Dan bukan hanya itu lautan awan putih yang menakjubkan seolah olah memberi keindahan tersendiri dan semua itu bisa kalian abadikan menjadi obyek foto menarik untuk kamu dan juga kerabat dekatmu.

Akses Menuju Gunung Butak

keindahan padan sabana gunung butak

sumber @ erni.isaan

Gunung ini sudah termasuk ke dalam gugusan Gunung Putri yakni berada di wilayah perbatasan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Jangan salah meski ukuranya tidak terlalu tinggi namun gunung ini memiliki trek yang menantang.

Gunung butak memiliki beberapa jalur pendakian yang resmi yakni jalur pendakian panderman dan juga sirah kencong. Jalur panderman kerap di jadikan jalur andalan bagi para pendaki karena medanya yang landai berbeda dengan sirah kencong yang memiliki jalur ekstrem namun cepat sampai ke puncak gunung butak.

Jalur Naik Via Panderman

Panderman sendiri berada di kawasan kota Batu Malang, jalur ini merupakan jalur yang sering digunakan para pendaki karena memiliki medan yang landau dan jalur ini juga menarkan panorama yang indah dan bisa kamu nikmati setiap kali kamu melangkah.

Jalur panderman ini di awali dengan rute menuju akses Gunung Panderman sesudahnya melewati jalan yang berpaving dan jalur berbatu nanti kalian akan bertemu dengan persimpangan menuju Gunung Butak dan Gunung Panderman. Ambil jalur kanan untuk melanjutkan perjalann menuju Gunung Butak.

Setelah itu kamu akan melewati trek yang bervariasi dan pada akhirnya kamu akan sampai di hutan yang rimbun yakni pos1. Selama perjalanan jangan sampai lengah karena banyak sekali jalan bercabang, ikuti petunjuk yang sudah di sediakan.

Jalur menuju Pos 2 merupakan jalur tanan yang medanya berkelok dan ada sesekali tanjakan dan juga turunan. Trek seperti ini akan terus berlanjut sampai nanti kamu sudah sampai pos 3. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju pos 4 yang di dominasi jalur yang menanjak.

Perjalanan menuju puncak sudah dekat setelah kamu nanti melewati pos 5. Sebelum itu kamu harus terlebih dahulu  melewati jalan yang menanjak untuk tiba di sabana. Sabana sendiri bisa kamu jadikan tempat untuk istirahat sebelum tiba di puncak Gunung Butak.

Jalur Pendakian Via Sirah Kencong

Sirah kencong sendiri merupakan perkebunan teh milik persero yang berada di Dusun Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Nantinya kamu harus melewati kebun teh terlebih dahulu setelah sampai ujung kamu akan di pertemukan dengan hutan dan itu adalah gerbang utama pendakian Gunung Butak.

Disinilah rintangan demi rintangan yang harus kamu lalui. Setelah masuk ke dalam hutan nanti kamu akan dipertemukan dengan tanjakan yang cukup curam. Dan ada petunjuk pos 1 di batang pohon. Lokasi pos 1 yang datar cocok untuk kamu beristirahat melepas lelah sejenak.

Setiap perjalanan nanti selalu di suguhkan dengan pemandangan hutan pinus dan tanjakan jadi alangkah baiknya atur nafasmu dengan baik. Pos 5 adalah pos terakhir pendakian via Sirah Kencong. Dari pos 5 Puncak Gunung butak sudah terlihat meskipun sedikit.

Perjalanan menuju puncak tidak lama lagi tinggal kamu harus menemukan sabana dan berkemah semalam untuk melepas rasa lelah mu. Di sabana tersebut juga ada bunga langka yaitu bunga Edellwies. Dari sabana tempat mu bermalam hanya perlu melanjutkan perjalanan sebenat untuk mencapai puncak dari gunung yang ada di daerah kota Malang ini.

Akomodasi dan Fasilitas di Gunung Butak

gunung butak

 

Di gunung butak fasilitas yang ada masih sangat minim sekali. Di pos panderman, kamu akan menemukan sarana informasi tentang pendakian dan lahan parker kendaraan saja. Kendaraan itu juga sepeda motor bukan mobil. Begitu juga srana di Pos Sirah kencong hanya ada fasilitas informasi pendakian lahar parker dan juga warga setempat yang berjualan makanan dan minuman.

Harga Tiket Masuk Gunung Butak

Pada saat kamu sudah sampai di pintu pendakian Gunung Butak, terlebih dahulu kamu melakukan regristrasi / membayar tiket masuk Rp : 10.000/orang. Ada juga biaya tambahan jika membawa kendaraan contohnya sepeda motor sebesar Rp: 5000 untuk sepeda motor dan Rp:10.000 untuk mobil pribadi.

Jam Operasional Gunung Butak

Mengenai jam operasional Gunung Butak dibuka 24 jam dalam setiap harinya sehingga kamu bebas mendaki jam berapa pun dan kapan pun kamu mau. Akan tetapi ada juga saran ketika mendaki pada pukul 10.00 – 13.00 dan 18.00 dan 19.00.

Kesimpulan dari Gunung yang indah ini adalah menantang, indah, mempesona itulah Gunung Butak. Mengingat keindahan dan fenomena alam yang ada pada gunung ini serasa seimbang dengan lelahnya perjalanan menuju puncak.

Jika kamu ingin melihat seperti apa keindahan dari gunung ini sendiri dan ingin merasakan sensasi jalur pendakianya buruan dating pada liburan akhir tahun sebentar lagi, yuk jadikan Gunung Butak sebagai destinasi wisata terbaik kamu!

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply