Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar Beserta Cara Membuatnya

Contoh Surat Resmi – hallo kini dimas akan membahas secara tuntas apa itu surat resmi? dan bagaimana membuat surat yang baik dan benar? pertanyaan itu akan terjawab sebentar lagi.

Surat resmi yakni memiliki ciri-ciri yang menunjukan bahwa surat tersebut adalah surat yang formal. Berbeda dengan surat yang tidak resmi.

Pada surat resmi mempunyai bagian yang tidak di miliki oleh surat tidak resmi. Surat seperti ini sering digunakan oleh berbagai acara kegiatan, surat resmi perusahaan, dan surat permohonan dan masih ada banyak lagi yang lainya.

Pengertian Surat Resmi

contoh surat resmi

Surat resmi adalah surat yang sering digunakan pada acara-acara formal contohnya di perusahaan, sekolahan, dan bisa juga di sebuah komunitas. Namun pada era jaman sekarang surat sudah di kesampingkan dengan adanya komunikasi yang lebih cepat contohnya whatsapp atau messenger oleh karena itu surat resmi sudah tidak digunakan kembali.

Akan tetapi masih ada orang yang menggunakan surat resmi sebagai media komunikasi atau undangan untuk acara resmi yang dimana orang orangnya menggunakan kaos seragam reuni. Pakaian yang seperti itu biasanya digunakan pada hal reuni, atau acara resmi lainya.

Surat resmi lebih di pentingkan karena sifatnya yang formal dan sering digunakan untuk rapat antara perusahaan satu dengan perusahaan lainya. Surat tersebut pasti mengandung sebuah topik pembicaraan atau sebuah kegiatan yag nantinya akan di bahas dalam sebuah meeting.

Lihat Juga Kumpulan Contoh Surat Kuasa Pengambilan Pasport

Apa Saja Ciri-Ciri Dari Surat Resmi?

contoh surat resmi
pixabay.com

Nah bagi anda yang masih bingung mengenai susunan dari bagian surat resmi anda bisa contoh surat resmi yang ada di bawah ini dalam tahap pembuatan surat yang bersifat resmi nantinya.

Contohnya sebagai berikut :

  • Kepala Surat / Kop Surat

Bagian pertama adalah kepala surat yang di dalamnya berisikan informasi penting dari orang yang mengirim surat tersebut. Contohnya seperti nama lengkap/nama terang, alamat lengkap, kontak (no handphone)

Kenapa harus di beri kepala surat? Fungsinya untuk mempermudah orang yang menerima surat tersebut.

  • Perihal

Bagian ini merupakan bagian terpenting dari sebuah surat baik resmi maupun tidak resmi. Tujuan di berikanya perihal dalam surat adalah untuk mempermudah orang untuk mengetahui isi dari sebuah surat tersebut.

Dengan adanya perihal ini orang tidak harus membaca secara detail surat tersebut untuk mengetahui apa isi atau tujuan surat tersebut.

  • Tanggal, Perihal dan Nomor

Dengan adanya nomor surat pada surat yang di kirim memudahkan kita untuk mengetahui nomor berapa urutan surat kita. Sedangkan untuk tahun tujuanya agar orang lain tau kapan surat tersebut dibuat.

  • Alamat Lengkap

Nah untuk penulisan alamat pada sebuah surat terletak pada dua tempat yang berbeda. Untuk anda yang belum mengetahui ini agar mempelajari lagi untuk membuat surat resmi yang baik dan benar. Pertama alamat di tulis pada sampul depan surat sedangkan yang kedua di letakan pada bagian kertas surat atau bagian dalam surat.

Bagian-Bagian Surat Resmi

contoh surat resmi

Nah untuk kalian yang belum mengetahui apa saja bagian surat resmi berikut penjelasanya. Sebenarnya bagian surat resmi tidak jauh berbeda dengan surat yang sifatnya tidak resmi. Yang membedakan adalah bila surat yang sifatnya formal menggunakan kop surat atau kepala surat berikut adalah contoh surat resmi dan beserta penjelasanya.

  • Tanggal Surat

Tujuan dari tanggal pada sebuah surat baik resmi atau non resmi menunjukan bahwa surat tersebut kapan dibuat. Dan bisa juga di gunakan untuk mengetahuhi kapan surat tersebut di kirim.

Bukan hanya itu saja fungsi tanggal pada sebuah surat namun bisa juga digunakan untuk petunjuk serta pengarsipan sebuah surat tersebut.

  • Alamat Surat

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas alamat surat terdapat dua tempat yakni di sampul depan surat dan juga bagian dalam surat. Namun ada juga fungsi dari alamat surat tersebut antara lain sebagai berikut.

Pertama memudahkan petugas pos yang mengirimkan surat tersebut, kedua sebagai petunjuk surat dan yang terakhir adalah petunjuk penerima surat.

  • Salam Pembuka Sebuah Surat

Pada bagian salam pembuka ini berisikan salam dan kalimat pembukaan yang sering di lakukan olah banyak orang pada umumnya.

  • Inti Surat

Berbeda dengan salam pembuka isi dari sebuah surat lebih mengarah pada isi atau makna surat. Penulisan pada isi surat ini harus jelas dan mudah untuk di mengerti.

Dalam penggunaan bahasa serta huruf kapital dalam penulisan surat resmi harus benar-benar di perhatikan. Serta jangan lupa sertakan kepada siapa surat tersebut akan di kirim.

  • Salam Penutup

Pada bagian penutup anda dapat memberikan ucapan atau kalimat yang intinya memberi sebuah salam terhadap penerima surat tersebut. Atau bisa juga mengucapakan terima kasih.

Pada bagian penutup ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni adalah nama terang, tanda tangan, serta salam penutup.

Bagaimana Cara Membuat Surat Resmi Yang Baik dan Benar?

contoh surat resmi
pexels.com

Dengan sudah di jelaskanya bagian bagian surat resmi di atas anda bisa membuat surat yang bersifat resmi dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan contoh surat resmi.

  • Surat yang sifatnya formal (resmi) sering di dibuat oleh sebuah perusahaan, sekolah, atau bisa juga sebuah organisasi. Dan terkadang surat resmi terdapat kop surat pada bagian atasnya.
  • Berbeda dengan surat pribandi surat yang sifatnya resmi memiliki nomor surat, isi surat, dan juga kapan perihal surat tersebut di keluarkan.
  • Dalam penggunaanya surat jenis ini menggunakan bahasa yang baku atau resmi.
  • Semua jenis surat sama menggunakan salam pembuka serta salam penutup.
  • Langkah terakhir adalah yang menentukan surat tersebut merupakan surat resmi apa bukan. Yakni adanya stempel atau cap dari sebuah sekolahan, perusahaan, atau organisasi tersebut.

Contoh Surat Resmi Singkat

Berikut adalah contoh dari surat resmi yang yang singkat dan nantinya bisa kalian jadikan refrensi ketika membuat surat seperti ini. Semoga dengan adanya contoh ini dapat membantu anda dalam proses pembuatan surat yang bersifat resmi.

contoh surat resmi

SMK Negeri 1 Kertosono
Jl. Kusuma Bangsa No. 24 Nganjuk
No. Telp. (021) 65432190

______________________________________________________________________________________

Kertosono, 12 Desember 2017

No           : 001/SMKN 1 Kertosono/12/2017
Lampiran : –
Perihal     : Undangan

Yth. Orangtua/Wali murid
Kelas XII SMK Negeri 1
Kertosono

Dengan Hormat,
Dalam rangka menambah wawasan para siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kertosono khususnya kelas XII. Dengan surat ini kami sebagai guru yang bertugas bermaksud merencanakan study lapangan untuk siswa dan siswi kelas Otomotif di luar area sekolah.

Acara tersebut akan  di selenggarakan pada :

Hari/Tanggal  : Selasa, 20 Desember 2017

Pukul              : 07.00 s.d. 12.00 WIB

Lokasi             : Nganjuk

Acara              : Pengetahuan tentang mesin kendaraan

Demikian surat pemberitahuan ini pihak sekolah sampaikan, atas semua perhatian dan kerja samanya terima kasih.

Kelapa Sekolah
SMK Negeri 1 Kertosono

(***** ********** .***.***.**)

Contoh Surat Undangan Resmi

Bagi anda yang belum tau tata cara membuat surat dengan baik dan benar dalam hal penulisan maupun tanda baca, alangkah baiknya melihat contoh surat resmi yang berada di bawah ini.

contoh surat resmi

 

Pemerintah provinsi Daerah Khusus Kota Kediri
Dinas Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kertosono
Jln. Langsep 21 No. 23 Kutorejo Telp. (021) 13556676 Kode Pos 23432

  Kertosono, 17 Agustus 2017
Nomor      : 323/smp456/2017
Lampiran  : –
Perihal      : Undangan Orangtua/Wali murid

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dalam rangka memperingati hari jadi kemerdekaan Indonesia, kami sebagai panitia dari acara perlombaan akan menyusun dan mengatur beberapa lomba yang nantinya akan di selenggarakan pada hari senin yang akan datang. Mohon kiranya untuk semua orang tua/wali murid yang berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk memberikan sumbangan seikhlasnya, oleh karena itu kami mohon kehadiranya :

Hari/tanggal  : Sabtu, 23 Agustus 2017

Tempat          : Lapangan SMP Negeri 2 Kertosono

Acara            : Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Demikian atas undangan yang bisa kami sampaikan, atas perhatian dan kedatanganya terima kasih kami ucapkan.

Wassalamu’alikum Wr. Wb.

 

Kepala Sekolah

(***** *********)

NIP. 0826232912131239

Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat resmi yang baik dalam penulisan dan tata cara serta bagian bagianya. Untuk kalian yang masih ragu untuk membuat surat secara baik bisa melihat contoh surat berikut ini.

contoh surat resmi

CV. MAJU MUNDUR
Jl. Cantik Menarik Unik no. 17 Bandung Timur
Telp/Fax:021-987623
Email: [email protected]

Nomor     : 009/UDP/BM/VI/2017
Lampiran : –
Hal           : Undangan Metting Perusahaan

Yth. Ibu Sri Kumala Sari
HRD CV. MAJU MUNDUR Cabang Maroko
Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini nantinya akan di adakan evaluasi untuk para pekerja yang di laksanakan setiap satu tahun sekali.  Kami mempunyai tujuan untuk mengundang bapak/ibu guna menghadiri metting yang nantinya akan di laksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin, 30 November 2017

Waktu           : 10.00-12.00

Tempat         : Kantor Utama CV. MAJU MUNDUR

Demikian surat undangan ini kami berikan, kami sangat berharap bapak/ibu bisa menghadiri undagan kami ini. Atas perhatianya dan kedatanganya kami mengucapkan terima kasih.

Bandung,  23 November 2017
Hormat Kami,

Moehammad Bayu Eka Prayogi
(Direktur)

Contoh Surat Pemberitahuan Resmi

Pada era jaman dahulu banyak orang yang menggunakan surat untuk menyampaikan sebuah sesuatu. Contohnya baik surat resmi maupun surat yang sifatnya tidak resmi.

contoh surat resmi

Pemerintah Kabupaten Nganjuk
Dinas Pendidikan
SMP Negeri 3 Kertosono
Jalan Kartini No. 34 Kertosono

Kertosono, 27 Desember 2017
Nomor     : 213 / OS-43 / 12 / 2017
Perihal     : Pemberitahuan
Lampiran : –

Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Wali Murid
Kelas XIII SMP Negeri 3 Kertosono
Di tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan hasil perundingan orang tua wali murid pada tanggal 10 Desember 2017 yang lalu, SMP Negeri 3 Kertosono pada tahun ajaran baru akan melaksanakan acara study tour yang wajib di ikuti oleh semua siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kertosono untuk siswa kelas XIII. Acara ini akan di laksanakan pada :

Hari/Tanggal  : Senin, 22 January 2018

Biaya              : Rp.500.000 (lima ratus ribu rupiah)

Tujuan           : Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Rumah Pintar.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas izin dan perhatianya kami ucapakan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kertosono

**** **********

Contoh Surat Resmi Perusahaan

Bagi anda yang sekarang ingin bekerja di sebuah perusaahan atau di pemerintahan pasti akan mengajukan sebuah surat iya kan? baik itu surat lamaran pekerjaan atau surat yang lainya. Berikut adalah contoh surat resmi yang sering digunakan untuk daftar di sebuah perusahaan.

contoh surat resmi
pexels.com

CV. Berusaha Maju
Jl. Imam Bonjol no. 19 Surabaya Utara
Telp/Fax : 021-654789
Email: [email protected]

Nomor     : 010/URP/BM/IV/2017
Lampiran : –
Hal          : Undangan Meeting Perusahaan

Yth.
Bapak. Rudi Purwanto, SH
HRD CV BERUSAHA MAJU Cabang Peraduan
Di tempat

Dengan hormat,

Berhubungan dengan acara yang akan diadakan satu tahun sekali ini yang di laksanakan oleh CV BERUSAHA MAJU, kami mempunyai tujuan untuk mengudang bapak/ibu untuk hadir dalam acara rapat yang di selenggarakan pada :

Hari/Tanggal : 29 January 2017

Waktu           : 13.00-15.00

Bertempat    : Kantor Pusat CV. BERUSAHA MAJU

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, berhubungan dengan meeting tersebut kami berharap bapak/ibu berkenan untuk hadir pada acara rapat kami. Atas perhatian dan kedatanganya kami ucapakan terima kasih.

Surabaya, 20 January 2018
Hormat Kami,

M. Ajay Indah Baktiar
(Direktur)

Contoh Surat Resmi Sekolahan

Apakah anda mencari refrensi tentang surat resmi sekolah nah pas banget kali ini dimasfan juga sedang membahasnya serta memberikan contoh tentang surat resmi contohnya bisa anda lihat dibawah ini.

contoh surat resmi

SMA Negeri 1 Kertosono
Jl Raya Nganjuk-Madiun No 56 Nganjuk
No. Telp. (021) 665321

Nganjuk 9 Desember 2017
No           : 009/SMAN 1 Kertosono/09/2017
Lampiran : –
Perihal     : Undangan

Yth. Orangtua / Wali murid
Kelas XI SMA Negeri 1 Kertosono
Nganjuk

Dengan Hormat,

Dalam rangka mengikuti lomba futsal antar kabupaten para siswa SMA Negeri 1 Kertosono khususnya kelas XI. Maka lewat surat ini kami sebagai guru bermaksud untuk membimbing siswa yang mengikuti perlombaan agar mendapat pengalaman di luar sekolah. Acara ini akan di selenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu, 15 Desember 2017

Pukul            : 09.00 s.d. 12.00

Tempat         : Lapangan Futsal Mandiri

Acara            : Tournament Futsal Antar Kabupaten

Demikian surat yang bisa di sampaikan, atas perhatian dan pasrtisipanya terima kasih.

Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Kertosono

**** *********

Contoh Surat Resmi Penawaran

Apa itu surat penawaran? belum pernah buat? ingin membuatnya tapi enggak tau caranya, mudah saja anda dapat melihat contoh surat resmi tentang penawaran yang sudah ada berikut contohnya.

contoh surat resmi
pexels.com

Kediri, 12 Mei 2016
Kepada Yth.
PT. Mulia Jaya
Di,-
Tasikmalaya
No.            : 012/PNJEO/2015
Hal            : Penawaran Barang
Lampiran   : 1 Berkas

Dengan Hormat,

Berhubungan dengan surat ini kami mempunyai tujuan memperkenalkan perusaan kami PT. MULIA JAYA, yang beralamatkan di Jl. Indah Abadi No. 89 Surabaya. Kami adalah perusahaan yang menekuni bidang distributor pakaian dan saat ini sudah bekerja sama dengan banyak toko yang bergerak di bidang pakaian.

Maka dari itu sesuai dengan informasi atau beritayag kami peroleh, CV Mulia Jaya merupakan sebuah perusahaan yang menjual pakaian dari pakaian anak anak hingga pakaian orang dewasa yang saat ini sedang berkembang sangat pesat.

Dengan hal itu kami mengajukan sebuah penawaran dengan berperan sebagai pemasok pakaian bagi toko-toko yang ibu kelola. Harapan dari kami, penawaran ini nantinya terwujud dalam sebuah menjalin kerjasama sehingga nantinya kita akan mendapat keuntungan secara kedua belah pihak. Untuk perbadingan kami sudah menyiapkan berbagai macam jenis pakaian beserta harganya untuk menjadi bahan perbandingan bapak bisa langsung melihat daftar harga dan apa saja jenis pakaian dari perusahaan kami. Apabila ibu berminat kami dari pihak CV MULIA JAYA siap untuk melakukan pembicaraan lebih detail.

Demikian surat penawaran ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapakan terima kasih.

Hormat Kami,

PT. Mulia Jaya

Contoh Surat Resmi Permohonan

Diatas sudah ada banyak sekali contoh berbagai macam jenis surat dibawah ini juga sama namun berbeda tema. Contoh surat dibawah ini merupakan sebuah surat permohonan yang bisa anda jadikan refrensi ketika anda sedang membuat surat permohonan.

contoh surat resmi

Surat Permohonan Mahasiswa

Kepada:
Yth.Dr.Renita Riswanda Putri, S.Si, M.Si, Apt
Wakil Dekan I Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Resita Riswanda Putri

NIM                             : 091344452153

Semester                     : 5

Jurusan                       : S1 Pendidikan Apoteker

Tempat Tanggal Lahir : Nganjuk, 12 desember 1996

Alamat                        : Dusun Juwono Desa Juwono Kecamatan Kertosono Nganjuk

Dengan ini saya mengajukan permohonan kepada bapak/ibu untuk dapat diusulkan penerimaan Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut

  • Foto copy rekening Bank BCA Pribadi sebanyak (dua) lembar
  • Foto copy KHS semester gasal TA 2017/2018 sebanyak 2 (dua)
  • Foto Berwarna ukuran 3×4
  • Foto copy KTM, KTM (2 Lembar) dan KK (kartu keluarga)
  • Perincian gaji orang tua dari Bendhara Gaji (Swasta) atau Surat Keterangan Penghasilan yang telah di sahkan oleh pejabat setempat.

Bila saya mendapatkan beasiswa akan saya gunakan menunjang kelancaran sekolah saya di Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sekian surat permohonan beasiswa ini saya buat, atas perhatian dan bantuan bapak/ibu dosen saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Yogyakarta, 12 Desember 2017
Pemohon,

(Resita Riswanda Putri)
NIM. 01245211123490

Sekian contoh surat resmi versi dimasfan semoga dapat bermanfaat untuk anda semua yang membutuhkanya. Terima kasih sudah mengunjugi website dimasfan jangan lupa share ke teman-teman anda ya..

Tinggalkan komentar