3
9

Riset Pasar Lengkap : Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

aDalam memulai usaha pada jaman yang modern ini tidak mudah seperti jaman dahulu sebelum terjadi revolusi teknologi. Untuk memulai sebuah usaha atau bisnis tidak dapat mengandalkan kuantitas produksi dengan harapan seluruh produk akan terjual setelah produksi selesai.

Kondisi saat ini sudah berbeda tidak sama seperti dulu. Maka dari itu diperlukan sebuah manajemen pemasaran yang lebih terstruktur yakni dalam riset pasar haruslah benar.
Riset pasar sebelum memulai sebuah bisnis online itu sangat diperlukan.

Apakah anda sudah tau bagaimana cara riset pasar. Jika belum anda bisa melihat beberapa langkah dibawah ini dalam hal riset pasar.

Selamat Membaca !

Pengertian Riset Pasar

contoh riset pemasaran

Riset pasar adalah sebuah aktivitas mencari sebuah penelitian yang dilakukan dalan bidang pemasaran. Kegiatan ini bertujuan mencari informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang akan kita jalankan.

Lalu apa saja yang perlu kita riset diantaranya seperti “ target market, pesaing, lingkungan, dan kualitas produk Contohnya Seperti (Al-Quran Hafalan) “. Kegiatan riset pasar ini bisa anda lakukan secara sistematis namun ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan contohnya sebagai berikut di bawah ini:

– Perumusan masalah
– Penentuan tujuan melakukan riset pasar
– Pengumpukan data-data
– Analisis data
– Interpretasi hasil riset pasar

Setelah melakukan riset pasar nantinya hasilnya akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan. Setiap usaha atau bisnis online dalam praktiknya mempunyai cara yang berbeda-beda dalam riset pasarnya.

Artikel Terkait : Bingung Mau Usaha Apa ? Berikut 11+ Peluang Usaha Yang Menjajikan
(opens in a new tab)

Perbedaan Riset Pasar dan Riset Pemasaran

contoh riset pemasaran

sumber gambar : academic indonesia.com

Apakah anda sudah tau mengenai perbedaan riset pasar dan riset pemasaran? Jika belum tau anda bisa melihat penjelasan di bawah ini. Dimasfan sudah menyiapkan semuanya untuk anda yuk baca dengan seksama dan raih kesuksesan di tahun ini.

– Riset Pasar : merupakan aktivitas riset yang menitikberatkan pada sebuah kondisi pasar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

– Riset Pemasaran : merupakan aktivitas riset yang tidak focus pada variable pasar ataupun produk saja akan tetapi meliputi variable yang lainya dalam meninjau pemasaran.

Berikut Beberapa Informasi Yang Anda Peroleh dari Riset Pasar

contoh riset pemasaran

sumber gambar : entrepreneurcamp.id

Setelah anda melakukan riset pasar, anda pasti akan mendapatkan 4 informasi dasar yang perlu dipahami. Apa saja 4 informasi itu berikut penjelasanya dibawah ini secara singkat, padat dan jelas.

Berikut 4 informasi dasar yang akan anda temukan setelah melakukan riset pasar diantaranya sebagai berikut :

Artikel Terkait : Bingung Mau Kasih Nama Toko Apa? Berikut 111+ Nama Olshop Yang Bagus, Keren, lucu, Unik, Islami Terbaru 2019!

Mengenal Karakter Pelanggan 

contoh riset pemasaran

sumber gambar : lynda.com

Salah satu informasi yang bisa anda temukan dalam melakukan riset pasar yakni mengenali karakteristik pelanggan yang sekaligus menjadi target pasar di area yang akan anda jadikan sasaran usaha.

Mengetahui Tingkat Kebutuhan Produk

contoh riset pemasaran  

Anda dapat mengetahui apakah produk A yang dijual di masyarakan adalah produk yang benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai produk yang akan anda jual sama sekali tidak diperlukan dalam masyarakat.

Melihat Beberapa Pesaing Diluar Sana

contoh riset pemasaran

sumber gambar : ecwid.com

Informasi tentang pesaing ataupun potensi juga bisa anda peroleh melalui riset pasar. Dengan adanya informasi atau data maka akan menjadi masukan bagi team penyusun strategi pemasaran berikutnya.

Menyelesaikan Beberapa Kendala Yang Ada

contoh riset pemasaran

sumber gambar : ciputrauceo.net

Hal yang tidak kalah penting yakni informasi tentang adanya kendala yang ada di lapangan. Jika anda sudah mengetahui beberapa kendala yang akan terjadi maka bisa segera di antisipasi. Kendala yang sering terjadi contohnya : minimnya sarana dan prasarana, sulitnya vendor yang ada, dan peraturan dari pemerintah yang tidak sesuai.

Jenis-Jenis Riset Pasar

contoh riset pemasaran

sumber gambar : winstarlink.com

Ada dua jenis riset pasar yang bisa anda gunakan dalam kegiatan riset pasar. Apa saja dua jenis riset passer tersebut berikut penjelasanya yang sudah kami siapkan di bawah ini :

Riset Pasar Secara Primer

contoh riset pemasaran

sumber gambar : side player.info

Riset pasar primer ini adalah target pasar secara langsung dengan tujuan melakukan pengumpulan informasi atau data-data tentang kondisi atau keadaan pasar saat ini.
Lalu bagiamana cara riset pasar secara primer ini.

Tenang saja berikut 4 cara yang bisa anda lakukan diantaranya sebagai berikut.

– Wawancara secara langsung baik itu face to face maupun tidak.
– Melakukan diskusi secara kelompok dengan anggota yang terdiri dari konsumen maupun customer untuk mendapatkan feedback dari hasil yang sedang di diskusikan.
– Melakukan survey atau observasi ke tempat tujuan.
– Kuesioner

Riset Pasar Secara Sekunder

contoh riset pemasaran

sumber gambar : marketing.co.id

Jika anda melakukan riset sekunder ini maka anda akan mendapatkan beberapa laporan atau hal yang berkaitan dengan yang sudah diterbitkan secara umum.

Tujuan riset sekunder ini adalah untuk menganalisis data yang sudah tersedia untuk dijadikan bahan pertimbangan dari strategi pemasaran yang sempurna.

Contoh Riset Data

contoh riset pemasaran

sumber gambar : gandeng tangan.id

Riset Pasar adalah aktivitas yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan atau orang yang menjalankan bisnis oline. Ketika menjalankan bisnis mereka dapat memperhatikan

beberapa contoh riset pasar yang ada di bawah ini berikut ulasanya :

– Contohnya pada saat ingin memproduksi “ Mie Instan Rasa Kari “ perusahaan akan melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.

– Riset yang dlakukan ini bertujuan untuk mengetahui apakah takaran mie sudah sesuai dengan target pasar. Dari hasil riset itulah anda akan mendapatkan kesimpulan.

– Dari riset itulah terdapat target pasar yang menghendaki adanya produk mie instan rasa kari . Oleh karenanya saat ini ada mie dengan rasa kari paling nendang.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply