43

40+ Contoh, Pengertian dan Jenis-jenis Memo

Contoh memo – Tahukah kalian tentang memo? mungkin tidak semua dari kalian mendergar istilah ini. Namun banyak juga orang yang tidak mengetahui guna dari memo ini, meski mereka sering mendegar istilah ini.

Kalian tidak perlu bingung pasti ingin tau bukan apa itu memo dan kegunaanya untuk apa? Pada artikel ini saya akan mengajak kalian untuk mempelajari lebih dalam apa itu memo dan mengenal beberapa jenis memo.

Banyak orang yang bilang materi ini adalah materi yang penting untuk di pelajari oleh semua orang. Memo sendiri adalah surat yang isi dalamnya tidak terlalu panjang yang di berikan kepada seseorang yang dituju dengan penulisan yang singkat jelas dan padat.

Penggunaan memo sendiri terbagi menjadi 2 bagian yakni memo yang bersifat resmi dan memo tidak resmi. Dari masing masing memo inin memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Nah itu tadi sedikit prolog dari artikel memo ini. Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita akan mempelajari materi memo resmi baik tidak resmi.

Selamat mtembaca..!

Pengertian Memo

Di kutip dari dimasfan.com Sebelum masuk pada materi pengertian memo kita harus tau terlebih dahulu apa arti dari memo sendiri. Jika kalian sudah tau apa itu memo nanti akan mempermudah untuk kita memahami materi ini.

Seperti yang sudah saya katakan di awal, Memo adalah sebuah surat yang di tujukan kepada seseorang dengan maksud tertentu. Seperti pada umumnya.

Seseorang membuat memo pasti memiliki beberapa tujuan yang pada umumnya seperti permintaan, arahan atau sebuah pemberitahuan. Memo juga sering digunakan oleh orang orang yang memiliki pangkat untuk memberikan perintah terhadap orang yang pangkatnya masih di bawah nya (aggota bawahan)

Bagian Bagian Memo

Seperti pada surat pada umumnya, dalam penulisan sebuah memo ini seseorang harus mengetahui terlebih dahulu ketika ingin membuat memo. Lantaran jika salah satu bagian tidak ada dalam penulisan memo tersebut, akibatnya nanti memo itu tidak dapat di bilang sebuah memo atau tidak sempurna memo tersebut.

Maka dari itu supaya memo yang nantinya kalian buat menjadi maksimal dan sempurna kalian harus mempelajari terlebih dahulu apa saja bagian bagian dari memo. Berikut penjelasanya baca sampai akhir ya supaya bisa mengerti dan memahaminya.

Bagian Kepala Memo

Nah bagian memo yang pertama adalah kepala memo, pada bagian ini terdiri dari beberapa bagian diantarnya adalah kop memo, namun penggunaan kop memo ini hanya di gunakan untuk memo yang bersifat resmi saja untuk memo yang tidak bersifat resmi tidak perlu menggunakan kop memo ini.

Kegunaan kop memo ini untuk memberitahu bahwa memo tersebut di buat oleh pihak yang terkait. Guna untuk memberi rasa percaya kepada penerima memo tersebut. Kop memo terdiri dari nama, dan alamat lembaga yang masih ada sangkut pautnya.

Bagian memo yang kedua adalah tulisan memo berada di bagian tengah berada tepat di bawah kop memo. Pada umumnya tulisan memo dicantumkan  di bagian terngah serta menggunakan ukuran yang lebih besar. Kalian bisa menuliskan dengan huruf kapital dan di blok tebal.

Bagian memo yang terakhir adalah berisikan nama pengirim dan nama orang yang menerima. Letak dari bagian ini berada di bagian atas sebelah kiri berada tepat di abwah tulisan memo. Bagian ini juga harus di cantumkan pada setiap memo baik itu memo resmi atau yang bersifat tidak resmi.

Bagian Isi

Bagian dari memo berikutnya adalah isi atau pesan yang disampaikan pengirim ke pada seseorang yang dituju. Pada bagian ini merupakan bagian terpeting dari sebuah memo.

Pada saat melalukan penulisan isi memo penulis tidak perlu membuat kata kata yang panjang atau rumit cukup singkat jelas dan mudah di mengerti itu sudah cukup. Meski di tulis secara singkat dan tidak terlalu panjang maksud yang ingin di sampaikan harus jelas dan lengkap.

Bagian Penutup

Pada bagian akhir dari sebuah memo ini sering di sebut dengan nama kaki memo. Bagian ini memiliki unsur yang hampir sama dengan kepala memo yakni contohnya seperti tanggal pembuatan, tanda tangan dan juga nama terang orang yang mengirim memo tersebut.

Dalam pembuatanya hampir mirip dengan surat resmi penulisan serta tanda tangan dan juga nama  terang berada di sebelah kiri atau kanan bawah juga bisa. Itu semua tergantung oleh penlis ingin menaruhnya di sebalah mana.

Fungsi Memo

Nah bagi kalian yang belum tau apa sih fungsi di buatnya memo ini, penasaran silakan baca selengkapnya di bawah ini.

  • Memo berfungsi sebagai alat komunikasi yang intinya mengenai permintaan ataupun keterangan tentang satu hal yang harus di kerjakan.
  • Tujuan di buatnya memo ini untuk memberikan sebuah informasi dan petunjuk pada seseorang yang berkompeten.

Contoh Memo Lengkap

Nah setelah tadi kita sudah mempelajari beberapa materi dasar tentang mem sekarang kita, masuk materi utama yakni contoh memo. Dari sini kalian dapat melihat contoh memo yang berbeda beda antara satu dengan yang lainya.

Berikut adalah contoh memo mulai dari yang resmi dan tidak resmi :

Contoh Memo Perusahaan

PT. Plastindo

Jl. Melati No. 45 Bangil, Pasuruan

Telp. (021) 23145643 Email: [email protected]

MEMO

Dari : Manager Keuangan

Kepada : Bagian Keuangan unit pertama

Tolong di siapkan data – data dan laporan mengenai keuangan tahun ini, dan juga pengeluaran untuk bulan ini. Mohon di kerjakan secepatnya karena perihal tersebut nantinya menjadi salah satu topik evaluasi kita pada rapat rutin yang kita selenggarakan pada tanggal 4 Desember 2017. Sekian terimakasih.

Pasuruan, 28 November 2017

Manager Keuangan

Leonardo Destama

Contoh Memo Perusahan 2#

PT JAYA ABADI

Jl. Ahmad Yani No. 72 Legundi Surabaya

Telp. (021) 923543213 Email : [email protected]

MEMO

Dari : Manager HRD

Kepada : Bagian keuangan unit 1

Tolong siapkan data data gajian karyawan bulan ini serta data juga uang yang keluar pada bulan ini. Dan saya minta pengerjaan ini bisa di lakukan dengan teliti dan benar. Hal ini begitu penting dan harus di kerjakan dengan benar, Sekian terima kasih.

Surabaya, 4 February 2018

Manager

Doni Kurniawan

Contoh Memo Perusahaan 3#

PT Maju Jaya

Jalan Panglima No. 90 Ngrandu Jombang

Telp (021) 98635467 Email : [email protected]

Dari : Manager

Kepada : Ketua Bagian Produksi

Tolong kumpulkan data data meneganti jumlah produk yang sudah selesai produksi dalam bulan ini. Dan juga saya ingin tau tentang produk yang telah kita produksi sejak tahun lalu. Satu lagi saya ingin anda terus membuat dan riset produk terbaru untuk bulan depan. Hal ini akan menjadi sebuah pertimbangan di agenda rapat kita yang selalu kita selenggarakan pada waktu dekat ini, Sekian terimakasih.

Jombang, 5 Mei 2017

Manager

Muhammad sanjawa

Contoh Memo Perusahaan 4#

PT MITRA PLASTINDO

Jl Madu Asri No. 43 Sedayu Surabaya

Telp (021) 98237612 Email : [email protected]

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Bagian Marketing Perusahaan

Tolong sampaikan kepada semua anggota di bagian marketing supaya mereka menyiapkan diri dan mental untuk menghadiri acara seminar. Yang rencana akan di selenggarakan pada hari selasa tanggal 21 Oktober 2017 di ruang serbaguna PT Jaya Mitra Utama, dan di harapkan saat mengikuti seminar semua anggota marketing tidak ada yang tidak ikut dalam arti ikut semua dalam acara seminar tersebut. Jangan lupa selesai seminar itu kita akan mengadakan rapat dan evaluasi bersama mengenai pembahasan yang ada di seminar tersebut sekian dan terima kasih.

Surabaya, 21 oktober 2017

Manager

Rio Dewantara Putra

PT SEJAHTERA ABADI

Jl Mawar No. 71 Tangerang Banten

Telp (021) 27865432 Email : [email protected]

MEMO

Dari : Manager

Kepada : Staff Pengrekrutan Karyawan Baru

Pada bulan ini saya harap kepada semua tim yang bertugas merekrut karyawan baru supaya bergerak lebih cepat. Karena pada bulan ini banyak dari karyawan kita yang resign. Jadi supaya perusahaan ini tetap berkambang dan berjalan seperti biasanya, saya mohon kepada staff perekrutan karyawan baru lebih selektif dalam memilih karyawan yang berkualitas. Dan target pada bulan ini harus terpenuhi yakni 100 karyawan baru yang nantinya bekerja di perusahaan kita. Sekian dan terima kasih.

Banten, 30 Desember 2017

Manager

Suprayetno

Contoh Memo Perusahaan 5#

PT BANGUN KARSA ABADI

Jl Bunga Indah No. 55 Wiung Surabaya

Telp (021) 08765321

MEMO

Dari : Manager Utama

Kepada : Wakil Manager

Tolong kumpulkan laporan hasil rapat bulanan pada hari kemarin, lantaran kemarin saya masih belum bisa untuk menulis hadil rapat tersebut karena banyaknya tugas yang saya kerjakan. Karena hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi kita bersama  pada rapat berikutnya. Jadi kalian bisa usahakan hasil rapat tersebut bisa di berikan kepada saya dalam jangka waktu dekat ini. Dan saya minta file tersebut di berikan kepada saya dalam bentuk file yang sudah lengkap. Sekian dari saya terima kasih.

Surabaya, 2 Juni 2017

Manager Utama

Adi Purnama Putra

Contoh Memo untuk Sahabat

MEMO

Untuk: Firdauzin Izzatun Nisa’

Jangan lupa bawa buku tugas ku ya yang kemaren kamu pinjam untuk kamu tulis ulang. Karena aku mau mengerjakan yang belum aku kerjakan, seingatku masih ada nbeberapa soal yang masih belum aku jawab. Terima kasih.

Sahabat Kecilmu

Dimas

MEMO

Untuk: Dede kurniawan

Jangan lupa besok adalah hari kelulusan kita, saran ku jangan sampai kita ikut bersama teman teman kita yang mengadakan konvoi alangkah baiknya kita besok bersyukur kepada sanga pencipta dan merayakan kelulusan ini dengan syukuran di rumah ku, Sekian Terima kasih

Teman Sekolahmu

Dimas

MEMO

Untuk : Riko Ahmad Ferdiansyah

Tolong bulan besok kan sudah memasuki bulan yang kita nantikan yakni bulan ramdadhan gimana kalau kita mengajak remaja desa untuk mengadakan takbir keliling kampung, mungkin itu kelihatanya seru dan menyambung tali silaturahmi terhadap teman teman kita satu desa yang bisanya jarang berkumpul bersama pada momen itu bisa bersama gimana? Sekian terima kasih.

Teman mu

Dimas

MEMO

Untuk : Dalinda

Jangan lupa besok adalah hari ulang tahun sahabat kita aisyah aku mohon teman teman semua berkumpul di rumah ku untuk membahas acara ini. Semua persiapan dan peralatan juga bahan harus di beli secepatnya jika tidak akan berantakan semuanya. Jangan lupa teman yang tidak tau tentang hal ini di kasih tau supaya nanti pada hari ulang tahun aisyah ramai dan meriah. Sekian Terima kasih.

Sahabat mu

Dimas

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply