Berikut Cara Ternak Kambing Khusus Untuk Pemula

 

Pada ulasan sebelumnya kita sudah pernah membahas jenis kambing yang populer di indonesia. Pada ulasan kali ini kita akan membahas cara ternak kambing yang dimana belum di ketahui oleh banyak orang.
Banyak sekali jenis kambing yang bisa dijadikan hewan ternak contohnya sebagai berikut:

– Kambing Etawa
– Kambing Boer
– Kambing Gibas

Namun bukan hanya 3 kambing di atas saja yang bisa di jadikan hewan ternak tapi masih ada lagi yang lainya. Di beberapa daerah di negara indonesia memang sebagian masyarakatnya peternak kambing dan hewan ternak lainya.

Kambing sendiri banyak sekali manfaatnya untuk manusia contohnya adalah daging, susu, dan tulangnya sangat berguna untuk kebutuhan manusia. Harga kambing sendiri berbeda-beda ada yang mahal dan ada juga yang relatif murah. Semua itu tergantung jenis dan usia kambing yang di jual.

Cara Ternak Kambing Etawa

cara ternak kambing

Hal pertama yang harus di perhatikan ketika pertama beternak kambing adalah dari sisi tempat tinggal kambing (kandang kambing). Kenapa harus dari sisi kadang? Karena kambing akan cepat berkembang jika tempat tinggalnya bersih dan juga terawat dengan baik.

Harus anda ketahui tidak semua kambing bisa hidup dalam satu tempat atau tempat yang baru. Langkah awal jika anda ingin beternak kambing adalah siapkan terlebih dahulu kandang atau tempat untuk kambing yang nantinya anda ternak.

Pastikan kandang tersebut aman dan nyaman untuk kambing karena itu juga akan mempengaruhi perkembangan kambing. Jika tempat tinggal dari si kambing nyaman nantinya akan memudahkan kita untuk mengawasi kambing yang berada pada kandangnya.

Alangkah lebih baiknya kandang yang nantinya kita buat jaraknya tidak begitu jauh dari rumah kita minimal jaraknya kurang lebih sekitar 10 meter. Agar bau yang di hasilkan dari kotoran kambing tidak tercium sampai ke rumah yang kita tempati.

Kandang kambing akan terlihat lebih bagus jika anda buat seperti panggung yakni sedikit lebih tinggi dari pada kandang yang pada umumya. Nah untuk bagian tempat pakan kambing bisa di letakan atau di taruh tepat di depan kandang kambing dengan posisi yang menempel pada kandang.

Pakan Kambing

pakan kambing

Pakan kambing anda bisa mencarinya di sekitar rumah anda atau jika tidak anda bisa membelinya di jual pakan kambing. Pakan kambing yang baik adalah dedaunan yang berwarna hijau ataupun bisa membelinya dengan pakan kambing yang organik.

Pakan kambing yang baik untuk kambing sebaiknya di jemur dengan panas matahari terlebih dahulu. Waktu penjemuran kurang lebih memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam lamanya untuk menghasilakn pakan kambing yang baik dan berkualitas.

Tujuan di jemurnya daun yang berwarna hijau ini adalah untuk menghilangkan sebagian racun yang berada pada daun tersebut. Nah bukan hanya rumput serta dedaunan yang bisa dijadikan pakan kambing namun ampas tahu bisa juga di jadikan makanan tambahan untuk kambing.

Ampas tahu sendiri memiliki manfaat yang cukup baik untuk kambing yang masih berusia muda. Selain ampas tahu bekatul juga bisa dijadikan makanan tambahan untuk kambing. Pada pemberian makanan tambahan seperti bekatul dan juga ampas tahu ini jangan terlalu banyak alangkah baiknya bila secukupnya saja.
Untuk waktu pemberian pakannya harus teratur supaya kambing tumbuh dengan sehat. Alangkah baiknya jika pemberian makan pada waktu pagi hari dan juga sore hari.

Kandang Kambing

kandang kambing

Ukuran dari kandang kambing sendiri tidak perlui besar-besar cukup sedang yang penting berguna dengan baik. Jika anda menginginkan ukuran kandang yang terpisah alangkah baiknya menggunakan ukuran 1 ½ meter untuk satu ekor kambing yang sudah berusia dewasa.

Apa bila ukuran dari kambing tersebut tidak begitu besar bisa anda masukan 2 kambing dalam satu kandang. Gunanya untuk memnimalkan bahan dasar yang digunakan untuk kandang kambing. Usahakan kandang yang di buat tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar agar kambing nyaman untuk menempatinya.

Memilih Bibit Kambing

bibit kambing

Nah pada hal ini pemilihan bibit kambing bias kalian lihat dari ukuran badan kambing. Jika ukuran dari badan kambing yang gemuk dan bulunya bersih maka itu adalah ciri dari bibit kambing yang bagus untuk di jadikan hewan ternak.

Untuk hal ini apabila anda tidak tau menau soal kambing lebih baik mengajak seseorang untuk memilih bibit kambing yang baik. Karena bibit kambing begitu mempengaruhi hasil dari peternakan yang anda buat dari awal hingga nanti.

Namun jika anda ingin mencoba memilih sendiri pilihlah bibit kambing yang ciri-cirinya seperti di bawah ini :
– Bulunya bersih dan dominan warna aslinya
– Mempunyai bentuk tubuh yang tegap
– Tidak cacat
– Tidak buta
– Pada bagian anus serta hidung terlihat bersih tidak kotor

Itu tadi adalah ciri-ciri kambing yang kondisinya sehat dan bisa di jadikan hewan ternak. Untuk pemberian pakan sama seperti kambing yang sudah berukuran dewasa yakni pagi dan juga sore.

Cara Produksi Kambing

reproduksi kambing

Kambing pada umumnya melahirkan pada setiap 7 bulan itupun jika perawatan terhadap kambing terjaga dengan baik. Cara produksi kambing yang baik pada saat anakya berusia sekitar 4 bulan alangkah lebih baiknya di pisah terlebih dahulu dari induknya. Karena pada tahap itu kambing harus memerlukan adaptasi terhadap lingkungannya.
Kambing yang sudah bisa dikatakan sebagai kambing dewasa adalah kambing yang berusia kurang lebih satu tahun.

Nah pada usia 1 tahun kambing sudah bisa di pasarkan kembali atau dijual dengan harga yang bisa terbilang tinggi jika musim penjualan kambing lagi ramai pada saat itu.

Mungkin itu saja yang bisa saya share ke anda semua semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share ulasan ini supaya orang yang di luar sana juga sukses menggunakan cara ini.

Tinggalkan komentar