√ 17+ Cara Ampuh Memotivasi dan Menyemangati Diri Sendiri

Sepertinya hampir semua orang pernah merasa stress, yang pada akhirnya bikin bad mood seharian. Entah itu karena masalah ditempat kerja atau masalah rumah tangga, sampai-sampai bertengkar dengan teman dan sahabatnya.

Setiap hari terasa rasanya berat sekali, berapa banyak dari kamu yang hobbi menyalahkan diri sendiri dan memendam emosi dengan mengurung diri di kamar. Hati-hati memendam emosi itu bahaya loh..!

Dari pada terus-terusan Bad Mood, yuk mulai bangkit masih ada banyak kegiatan di luar sana yang bikin kamu bahagia. Indonesia punya tempat indah loh untuk kita datangi kenapa ngga mencoba liburan? menikmati ciptaan tuhan.

Kenapa, Sih, Kita Harus Menyemangati Diri Sendiri?

cara-ampuh-menyemangati-diri-sendiri
sumber gambar : https://dimasfan.com

Tanpa kamu sadar, setiap kata yang keluar dari mulut itu hanya sebatas kalimat yang dapat membentuk pola pikir kita. Jika kamu mengucapkan hal negatif contohnya ” Emang aku yang salah, aku gak punya apa apa”. Maka tanpa kamu sadari, kamu justru sedang memandang rendah diri sendiri.

Lama-kelamaan fikiran negatif itu terus berkembang dan menimbulkan patah semangat dalam melakukan sesuatu. Akibatnya kamu gampang nyerah, mudah stres, tidak produktif.

Coba ganti pemikiran negatif ke pemikiran positif contohnya “aku pasti bisa, aku yakin bisa menyelesaikan masalah ini”. Nah dengan pemikiran yang positif kamu insyaAllah bisa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bahagia, lebih produktif dan lebih optimis pastinya.

Namun tenang saja bagi kamu yang masih bad mood dimasfan ada beberapa cara menyemangati diri sendiri :

1. Aku Mampu, Aku Yakin Aku Pasti Bisa

Kegagalan adalah hal yang wajar. Ingat bahwa manusia itu hidup di dunia untuk terus belajar dan beradaptasi. Jangan biarkan pikiranmu dipenuhi dengan skenario-skenario negatif yang makin membuat drop kepercayaan yang ada pada dirimu.

Percayalah bahwa semua hal yang kamu lakukan itu berhasil. Jadi jangan ragu untuk melakukan sesuatu, bahkan itu sesulit apapun ya. Tepis atau buang jauh-jauh tepis dengan doa ” Aku mampu dan aku pasti bisa “.

2. Tantangan Merupakan Sebuah Kesempatan

Saat kamu dipertemukan dengan cobaan atau tantangan yang belum pernah kamu hadapi sebelumnya jangan ragu. Kebanyakan diantara kalian pasti berkata dalam hati ” Kenapa harus aku yang mengalami ini “?

Perlu kamu ingat bahwa tantangan merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan. Mungkin kamu belum pernah mendapatkan cobaan seberat ini, tapi bukan berarti kamu lari dan bersembunyi.

Jangan biarkan ketakutan dalam hati dan pikiran mu merasuki dirimu dan membuatmu mudah putus asa. Oleh karena itu buka tangan mu dan selesaikan tantangan itu yakin kalau kamu bisa ok.

3. Semua Orang Sayang dan Cinta Sama Kamu Kok

Saat kamu disakiti dan dibuat kesal oleh orang-orang yang ada disekitarmu, katakan pada diri kamu sendiri bahwa orang-orang tersebut juga orang yang dicintai dan ia mampu untuk berubah.

Namun tidak secepat yang kamu pikirkan semua berjalan seiring dengan waktu. Kamu dapat memilih orang-orang seperti apa yang kamu inginkan ada dalam hidupmu sampai selamanya.

4. Namanya Manusia Tidak Luput dari Kesalahan

Manusia memang tempatnya salah dan dosa namun itu bukanlah alasan yang tepat untuk menyerah. Kesalahan dan kegagalan adalah hal yang wajar terjadi dalam kehidupan. Jangan malu untuk memperbaiki dan mengakuinya.

Kesalahan bukan alasan untuk menjadi seseorang yang lemah. Maka dari itu terus kasih kata kata motivasi, kata kata semangat kepada diri-sendiri. Kalau perlu cari tahu cara menyemangati diri sendiri, dengan cara tanya ke teman, sahabat atau kamu bisa searching di google.

5. Aku Bisa Sukses dan Sukses Perlu Diusahakan Bukan di Bicarakan

Sukses berawal dari usaha yang terus-menerus dilakukan tanpa kenal menyerah. Gagal sekali coba lagi, gagal dua kali coba lagi, gagal tiga kali coba lagi, jangan menyerah ketika gagal di awal. Tidak ada namanya penggangguran sukses tidak ada, itu semua cuma mimpi.

Jika kamu ingin sukses lawan semua kegagalan dengan kalimat positif setiap harinya. Lama-kelamaan otak akan menciptakan kenyataan ini untuk kamu. Luangkan waktu sebentar untuk mengulangi semua ucapan positif pada diri sendiri.

6. Tanamkan Dalam Diri Punya Mimpi Yang Besar

Motivasi lebih cenderung akan muncul sebuah mimpi dan konsep kehidupan yang besar. Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah punyailah mimpi yang tinggi. Sering kita mendengar ejekan dari kawan “udah deh jangan mimpi cita-cita atau keinginanmu terlalu tinggi”.

Jangan hiraukan anggap saja itu motivasi untuk kita, mari kita buktikan kepada mereka yang pernah bilang seperti itu kepada kita. Ya, mimpi merupakan abstraksi yang harus kita buat. Dari mimpilah akan timbul tindakan nyata yang disebut hidup.

7. Punya Alasan yang Kuat Dalam Diri

Mempunyai alasan yang kuat adalah termasuk cara menyemangati diri sendiri yang bisa dikatakan cukup ampuh. Mengapa seperti itu, karena pada saat seseorang menemukan alasan kuat untuk melakukan tindakan, pasti mereka lebih condong akan melakukanya dari pada harus bengong terlebih dahulu.

Pastinya setiap individu berbeda-beda dan memiliki cara masing-masing untuk menyemangati atau memotivasi dirinya sendiri. Coba resapi dan renungi apa yang ingin kamu buktikan kedunia dengan kesuksesan kamu di masa yang akan datang.

8. Mempunyai Tekat yang Kuat di Dalam Diri

Kesuksesan dalam hidup yang lebih baik hanya dapat diraih dengan tekad dan pemikiran yang positif. Nah tekad inilah yang bisa menjadi pembeda dari orang yang lemah.

Mereka yang mempunyai tekad akan cenderung melakukan usaha sebaik dan sekeras mungkin untuk mendapatkan apa yang ia cita-citakan dari pada keinginanya.

9. Mempunyai Sebuah Target Dalam Kesuksesan

Hal ini dapat menjadi cara menyemangati diri sendiri yaps target. Target merupakan poin yang penting dan harus kamu camkan dengan baik. Tanpa sebuah target maka hidup hanya akan seperti layang-layang yang outus ia akan bergerak sesuai apa yang menerpanya.

Namun, pada saat kita mempunyai target, maka cerita hidup akan berbeda. Nah target apa yang sejauh ini kamu terapkan pada diri kamu. Jika belum ada mulai pikirkan sekarang, agar nanti di masa yang akan datang kita sama-sama sukses.

10. Fokus Dalam Mencapai Tujuan

Jika kamu ingin mendapatkan kesuksesan, maka harus fokus pada satu tujuan. Seringkali seseorang gagal meraih apa yang ia inginkan gara gara tidak bsia fokus dan terlalu memikirkan banyak hal.

Nah disini adalah tantangan baru buat kamu yang harus kamu hadapi. Kamu haris bisa memilih mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Jangan biarkan hal-hal yang tidak penting menggangu produktivitasmu.

11. Jangan Pernah Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Tidak perlu iri terhadap kesuksesan orang lain karena itu adalah salah satu penyakit yang harus kita lawan. Memang, perasaan tidak bisa dibohongi rasa iri itu wajar. Namun kamu harus yakin bahwa dirimu juga bisa seperti mereka.

Maka dari itu sebisa mungkin hindari untuk membandingkan kualitas diri-sendiri dengan orang lain. Kamu nantinya akan merasakan kekecewaan dan mungkin bisa minder jika terlalu sering membanding-bandingkan. Saran dimasfan alangkah baiknya kamu menjadi diri-sendiri dan tetap fokus.

12. Sebuah Kegagalan Bukanlah Akhir Dari Semuanya

Kegagalan merupakan mimpi buruk semua orang, banyak orang yang mengalami kegagalan lalu kehilangan semangat hidupnya. Nah jangan sampai kamu menjadi salah satunya ya.

Salah satu cara untuk menyemangati diri-sendiri cukup mudah dengan membentuk mind set jika kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada banyak sekali kesempatan dan hikmah yang dapat diambil setelah kegagalan terjadi.

13. Melupakan Masa Lalu yang Kelam

Masa lalu juga bisa mempengaruhi kesuksesan kamu jika kamu pernah mempunyai masa lalu yang kelam. Namanya masa lalu perlu dilupakan jangan sampai menjadi belenggu dirimu sendiri nantinya.

Dengan masa lalu yang kelam, seseorang dapat bertinjak maju dan berfikir lagi dalam menentukan pilihan. Nah PR kamu yang pertama adalah kamu harus melupakan semua masa lalu dan membuka lembaran baru bersama pebisnis lainya belajar, belajar dan belajar.

14. Carilah Inspirasi yang Kreatif

Untuk mendapatkan semangat yang baru, kamu bisa mencari inspirasi. Dengan cara melihat beberapa orang yang sudah sukses, ambil pelajaran atau hikmahnya. Kalau bisa pelajari ilmunya bagaimana mereka mendapatkan kesuksesan tersebut.

Cara ini dapat memberikan motivasi yang baru, dengan demikian kamu akan lebih semangat dalam mencapai target dan cita-cita kamu kedepanya.

15. Kalimat Penyemangat yang Wajib Kamu Katakan Kepada Diri Sendiri

  • Ingat kamu itu punya kemampuan yang lebih dari semua teman teman mu, kamu harus yakin bahwa kamu pasti bisa.
  • Kalau kamu mau menyerah sekarang, semue perjuanganmu yang bertahun-tahun akan sia-sia dan terlalu menyedihkan bila di ingat.
  • Ingat lah bahwa menyerah atau putus asa bukan tujuan dari semua kerja keras dan jerih payahmu selama ini.
  • Ayolah bangkit, kamu belum mengeluarkan semua kemampuan yang ada dalam diri kamu, ingat kamu bukan orang payah ayo kamu bisa!!.
  • Kalau kamu saja dapat memulai semua ini, sudah pasti juga kamu mampu menyelesaikan semua nya ayo semangat!!.
  • Katanya mau membanggakan orangtua, masa iya mau menyerah sekarang? yakin coba pikir sekali lagi?
  • Jangan pernah mengucap kata menyerah, biar tak perlu ada rasa menyesal apa lagi bersalah dalam prosesnya.
  • Lelah itu manusiawi, sementara menyerah itu hal yang harus benar benar kamu jauhi.
  • Kalau mereka mampu dan bisa kamu pun pasti bisa, bahkan lebih baik dari mereka.
  • Kalau harus gagal, setidaknya kamu sudah berjuan dan sebaik mungkin.

Semoga konten ini sangat bermanfaat untuk kamu semua yang lagi galau, putus asa, di fase yang gak mood. Coba deh praktekin salah satu nya dan tanamkan dalam diri kalian mulai sekarang. InsyaAllah bisa ayo semangat gak ada yang sia-sia jika kalian terus mau berjuang.

Terima kasih telah berkunjung ke website ini dan temukan ide-ide kreatif tentang bisnis, dan pendidikan lainya Disini.

Tinggalkan komentar