6
10

9+ Cara Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya dan Apa Adanya

Cara menjadi diri sendiri apa adanya dan seutuhnya – Apa yang kamu rasakan ketika meniru gaya orang lain? Mungkin rasanya aneh, tidak nyaman, tidak bahagia dan tidak menikmati hidup, benar begitu kan ?

Pastinya, perasaan dan kondisi itu berbanding terbalik jika kamu menjadi diri sendiri yang apa adanya. Mungkin, kamu merasa menjadi diri sendiri itu bukanlah hal yang mudah. Dan kamu belum tau bagaimana cara memulainya.

Tenang saja, dimasfan akan berbagi pengalaman dengan kamu semua agar menjadi pribadi yang lebih baik kedepanya. Untuk membatu kalian mewujudkannya simak 9 cara menjadi diri sendiri yang bisa kamu coba.

1. Ikuti Kata Hati Paling Dalam

Dalam memilih keputusan, terkadang kau menjadi pribadi yang tiba-tiba panik. Padahal Kondisi tersebut justru akan sangat berpengaruh kepada kemampuan kamu untuk berfikir positif kedepanya. Coba deh untuk menjadi lebih tenang dan mengikuti apa kata hati kamu dalam mengambil keputusan.

Selain untuk menghilangkan fikiran negatif, kamu juga bisa mengandalkan firasat yang dapat membantu kamu menenangkan fikiran mu dalam mengambil keputusan berikutnya.

Akan tetapi, kata hati juga harus kamu singkronkan dengan tidakan yang berasal dari diri kamu sendiri. Contohnya kebiasaan olahraga pagi dengan memasang stiki note di dinding kamar agar kamu selalu ingat dan tidak bermalas-malasan ketika mentari sudah memangil.

2. Jangan Memaksakan Diri Sendiri

Sering kali anggapan orang tentang kalimat “bisa karena sudah terbiasa” tidak berlaku untuk semua orang. Di karenakan hal ini mempengaruhi kemampuan pribadi masing-masing. Dan setiap orang memiliki skill yang berbeda-beda jadi jangan sama ratakan.

Apabila kamu tidak ahli dalam satu bidang tersebut contohnya matematika, maka kamu tidak perlu memaksa dan bersih keras untuk menghafal semua rumusnya.

Mengapa demikian ? di khawatirkan nanti mental yang ada dalam diri kamu melemah, usaha yang kamu bangun dari sejak lama akan menghasilkan kesia-sian, mau seperti itu? tentu tidak bukan.

3. Jujur Terhadap Diri Sendiri

Diantara 2 tips di atas yang sudah disebutkan tadi, poin yang ketiga ini menempati posisi nomor satu sebagai cara menjadi diri sendiri apa adanya. Cara ini sudah terbukti ampuh dan InsyaAllah bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik kedepanya.

Jujur terhadap kemampuan yang ada di dalam diri sendiri contohnya. Hal ini memang terasa pahit namun harus bagaimana lagi. Namun kamu harus melakukanya supaya tidak terbayang-bayang oelh penderitaan atau penyesalaan pada akhinya nanti.

Jujur pada diri sendiri akan membawa kamu berada di fase paling nyaman pada saat itu. Apalagi dalam menentukan pilihan atau tindakan. Jadi tanamkan pada diri kamu sifat jujur baik pada diri sendiri maupun orang lain.

4. Keyakinan

Poin nomor 4 inilah yang harus kamu tekankan dalam diri kamu yah benar keyakinan. Ini adalah alasan kenapa kamu harus tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan tegas dalam menentukan pilihan.

Ciri-ciri orang dengan kepercayaan yang tidak main-main juga di dukung oleh mental yang kuat. Mungkin hanya sebagian kecil saja bagi mereka untuk menyerah saat menghadapi tantangan yang berat.

Jadi kamu harus yakin pada diri kamu sendiri bukan pada anggapan atau kritikan yang di berikan oleh orang lain. Karena tidak semua tanggapan yang diberikan atau yang ditujukan kepada kita itu positif.

Salah satu cara untuk menjadi diri sendiri apa adanya ini dapat kamu lakukan dengan yakin bahwa kamu bisa menggapai semua mimpi mimpi kamu yang masih belum tercapai.

5. Apa Passion Mu?

Saat kamu berhasil menjalankan segala sesuatu dengan rasa nyaman, senang dan tidak merasa terbebani. Ya, bisa saja kegiatan tersebut menjadi bagian dari salah satu passion yang ada dalam diri kamu.

Keinginan yang menggebu dengan bakat dan minat inilah yang bisa mendorong kamu menjadi pribadi yang sukses dan maju di masa depan.

Berbeda dengan menunda pekerjaan, menjalankan sebuah passion yang dilandasi dengan pemikiran dan bakat sama sekali tidak menimbulkan keluhan. Yang kamu rasakan nantinya kamu akan menemukan siapa jati diri kamu sesungguhnya lewat semua karya-karyamu.

Beberapa orang sudah mengetahui passion nya berada dimana, ada yang waktu SMP, SMA dan bahkan waktu Sekolah Dasar. Emang ada? ada contohnya penyanyi dangdut yang top sekarang via vallen. Via sejak kecil sudah mengetahui passion nya adalah bernyanyi dengan genre pop awalnya.

6. Jangan Bandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Poin nomor 6 ini masih ada sedikit hubunganya dengan poin nomor 6 yakni keyakinan. Nah kamu harus yakin seiring berjalanya waktu kamu akan meraih kesuksesan, baik itu kecil atau besar harus tetap kita syukuri.

Contohnya, dikarier penulisan, kamu mampu menulis 3 artikel di website setiap hari. Syukuri hal tersebut dan jangan bandingkan kamu dengan penulis yang lain yang dalam setiap hari mampu menulis 4 sampai 5 konten di websitnya.

Mengapa demikian? karena jika kamu memaksa diri untuk menulis 4 konten dalam sehari, kamu mungkin belum siap. Bisa jadi kondisi kamu dengan dia berbeda yang mengharuskan dia menulis 4 sampai 5 konten sehari.

7. Cintai Apa yang Kamu Kerjakan

Terkadang di tengan situasi yan rumit kita sering lengah dan iri dengan pekerjaan orang lain, apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini? komen di bawah jika pernah. Nah maka dari itu kita harus konsisten pada kerjaan kita, ya memang sulit untuk istiqomah tapi insyaAllah kalau kita sudah terbiasa maka akan enak dalam menjalankanya.

Ingatlah masih banyak orang diluaran sana yang masih mencari pekerajaan, dan sekarang sulit sekali mencari lapangan kerja. Konon katanya kalau gak punya duit belum tentu bisa kerja katanya begitu tapi saya tidak tau menau soal hal seperti ini.

Jadi apapun pekerjaan kita saat ini syukuri, nikmati, jalani saya, siapa tau nanti bisa berkembang dan menjadi bisnis kedepanya, semua tidak ada yang tau maka dari itu bersyukur dengan posisi kita yang saat ini.

8. Tulis Target Yang Ingin Kamu Capai

Poin nomor 8 ini adalah cara yang bisa membuat kamu semangat dalam bekerja atau berbisnis. Kamu dapat menulis di kertas, note, atau di papan tulis yang ada di tempat tidur atau ruang kerja.

Meskipun terbilang spele, tindakan ini sudah banyak orang yang mencobanya. Dimana tulisan-tulisan itu dapat membangkitkan semanagat kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, perencanaan yang matang juga harus disiapkan untuk menghadapai kekosongan ide atau problem yang sudah menunggu kita di depan sana.

Sebagai alternatif atau solusinya, kamu juga dapat menerapkan cara menjadi diri sendiri apa adanya dengan menempel stiki note di dinding yang berukuran sedang.

9. Ingat Target yang Sudah Tercapai

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply