11+ Cara Menghilangkan Fikiran Negatif Terbukti Ampuh dan Efektif

Sebagian orang pasti pernah merasakan depresi, yakni perasaan putus asa, marah, menderita, kurang bahagia dan merasakan gagal dalam menjalankan sesuatu. Depresi merupakan reaksi normal, pada saat merasa kecewa dalam hidup.

Pikiran negatif akan membuat kita percaya kalau masalah itu ada, padahal kenyataanya tidak. Pikiran negatif akan menghentikan langkah kita untuk melangkah. Pikiran negatif biasanya datang dari pengalaman yang pahit dalam hidup.

Apakah anda tidak bosan dengan pikiran negatif yang selalu melintas dalam kepala anda sepanjang hari? Anda ingin bukan menyingkirkanya. Apakah sudah tau caranya? berikut cara menghilangkan pikiran negatif yang sudah terbukti ampuh dan efektif.

A. Bergaul dengan Orang-Orang Yang Berpikiran Positif

Bergaul atau berteman dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif akan mempermudah kita dalam menghilangkan pikiran negatif. Maka dari itu dalam memilih teman kita harus lebih selektif lagi agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah.

Pikiran negatif juga bisa dihilangkan dengan cara Hang out atau holiday sama teman-teman. Secara tidak langsung mereka membawa energi positif kepada anda. Jadi kuncinya adalah lebih berhati-hati dalam memilih teman.

B. Buang Pikiran Negatif Jauh-Jauh ke Tempat Sampah

Menurut sebuah studi pada tahun 2012 di Ohio State University, menuliskan pikiran negatif di selembar kertas dan membuangnya ke tempat sampah efektif untuk menghilangkan pikiran negatif. Ini mungkin akan sedikit konyol bahkan tidak masuk akal.

Tetapi percaya tidak percaya sebuah universitas yang berada di Amerika telah melakukan penelitian tentang hal ini. Tidak ada salahnya untuk mecoba bukan ?

C. Alihkan Pikiran Negatif Anda ke Hal-Hal yang Positif

Pada saat perasaan sudah mulai mengarah ke pemikiran yang negatif, memang sedikit sulit untuk menghilangkanya. Namun jangan menyerah begitu saja alihkan semua pikiran negatif ke hal yang positif. Dengan cara berfikir yang perspektif.

Jangan menggunakan sudut pandang orang kebanyak berfikir hanya satu arah saja. Mengapa kita harus melihat suatu masalah hanya dari satu arah sedangkan kita masih punya banyak arah yang kita tuju.

Mengarahkan pikiran merupakan cara terbaik untuk melawan pikiran negatif. Contohnya memikirkan gelas yang setengah kosong, anggap saja itu setengah penuh. Dengan cara inilah anda akan lebih mudah menghasilkan lebih banyak pikiran positif dari pada pemikiran negatif.

D. Buat Jurnal atau Buku Diary

Anda dapat membuat jurnal atau buku harian untuk menulis pikiran negatif yang selalu menghantui anda. Dengan menulis beberapa pikiran negatif ini bisa membantu anda dalam mengidentifikasi apa yang menjadi penyebabnya.

Jangan terkejut apabila ahsilnya adalah pikiran-pikiran negatif tadi ternya hanya fiktif belaka, atau tidak benar-benar terjadi. Karena fikiran negatif tadi terus menghantui di kepala anda tanpa disadari kita telah mengubahnya menjadi sebuah kebiasaan.

Setelah anda selesai mencatat semua pikiran negatif, coba analisis dan renungkan. Bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif yakkni dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri contohnya seperti di bawah ini.

” Bagaimana saya melihat diri saya sendiri? apakah saya benar-benar orang yang tidak berguna atau saya hanya mencoba membuat orang lain senang, sedangkan saya lupa pada kebahagiaan saya sendiri?”

E. Pikiran Anda Tidak Mendefinisikan Siapa Sebenarnya Diri Anda

Selalu ingat diri anda bahwa apa yang anda pikirkan di kepala anda akan tetap ada. Yakin saja ini hanyalah sebuah pikiran bukanlah sebuah fakta. Pikiran negatif hanyalah produk dari sebuah imajinasi yang tanpa kita sadari telah anda latih menjadi sebuah kebiasaan.

Dengan cara ini anda bisa memprogram ulang pikiran anda untuk memunculkan kembali pikiran-pikiran positif demi menghindari pemikiran yang negatif.

F. Evaluasi Dari Mana Asalnya Pikiran Negatif itu Muncul

Cara menghilangkan pikiran negatif yang terbilang efektif lainya dengan cara mencari tau dari mana datangnya pikiran negatif ini berasal. Menurut sebuah penilitian, pemikiran negatif ini mungkin telah diwarisi dari orang tua.

Sebagian besar proses evolusi manusia yang condong terus waspada kepada mara bahaya. Depresi dan pengalaman yang pahit juga dapat menajdi salah satu penyebab munculnya pikiran negatif dalam diri kita.

G. Coba Nilai Sendiri Diri Anda

Contohnya dalam dunia kerja, jika anda tidak mendaptkan promosi jabatan seperti teman anda, pasti akan timbuk pemikiran yang sedikit negatif.

Contohnya : ” Cara kerjaku pasti buruk, aku orang yang tidak berkompeten”

Jangan sekali-kali anda mempunyai pemikiran yang seperti ini. Nantinya pemikiran seperti ini akan membantu anda terjerumus kedalam pemikiran yang negatif.

H. Mengakui dan Menyadari Pikiran Anda Sendiri

Cara menghilangkan pikiran negatif yang ada pada diri sendiri bisa dengan cara mengakui pikiran anda sendiri. Menurut sebuah penilitian, mengakui pikiran negtif anda lebih ampuh dari pada melawanya. Mengaku pada diri sendiri bahwa anda mempunyai pikiran negatif akan membantu anda menyadari bahwa ini hanyalah pikiran saja dan bukanlah sebuah fakta yang benar adanya.

I. Berdebat dengan Diri Sendiri Tentang Pikiran negatif

Yakinlah pikiran itu tidak selamanya benar dan cenderung tidak akurat. Jangan menganggap semua yang ada dipikiran anda itu benar dan akan terjadi. Cobalah anda berkomunikasi dengan pikiran anda sendiri.

Menurut sebuah penelitian bahwa seseorang yang sering berbicara dengan dirinya sendiri adalah salah satu tanda orang itu memiliki kecerdasan. Jangan mudah menyerah ketika pikiran negatif itu datang.

J. Ekspresikan Pikiran Negatif Anda dengan Cara yang Lucu

Anda mungkin pernah mendengar kalimat ini ” Jangan terlalu serius dalam hidup ini kawan!”, tapi anda hanya mengganggapnya tidak penting. Padahal kalimat itu benar dan anda harus mencobanya sekali-kali.

Hidup ini tak perlu dibawa susah, cukup nikmati saja. Hidup ini tidak hitam putih apalagi abu-abu, masih banyak warna lainya. Ekspresikan diri anda seperti yang anda mau. Selama itu baik dan tidak menganggu orang lain kenapa tidak?.

Ketika pikiran negatif datang, coba pikirkan sesuatu yang lucu sesuatu yang dapat membuat anda tertawa dan bahagia.

Tinggalkan komentar