9
7

15 Cara Menenagkan Pikiran dan Hati yang sedang Galau

Merasa tidak tenang, panik, atau gugup ini adalah perasaan yang wajar dan dialami oleh semua orang. Pemicunya bisa bermacam-macam, contohnya menjelang presentasi, wawancara kerja, menunggu hasil tes dan berkenalan dengan orang baru.

Meski rasa cemas dianggap sudah biasa, akan tetapi jangan dibiarkan begitu saja nanti dapat menurunkan semangat dan percaya diri. Ketika rasa panik menghampiri anda harus bisa mengontrol emosi. Nah bagaimana cara menenangkan pikiran pada saat emosi?

Berikut 15 cara menenagkan pikiran dan hati yang terbukti ampuh dan sudah di kutip dari beberapa sumber yang ada.

Jangan Pernah Berfikir Negatif Thinking

Cobalah untuk menganggap bahwa semua rasa cemas itu sebagai persepsi saja, bukanlah sebuah hal yang nyata. Sebenarnya pada saat kita merasa cemas, pikiran kita sedang berusaha melindungi diri dengan memprediksi kemunginan-kemungkinan yang mungkin bisa terjadi.

Namun hanya karena sesuatu bisa terjadi, bukan berarti kecemasan itu akan mewujudkan kenyataan. Tetaplah anda berfikiran positif agar tetap fokus dan optimis dalam menentukan sesuatu.

Baca Juga : 9+ Cara Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya dan Apa Adanya

Berhenti Tenggelam dalam Pikiran yang Rumit

Pada saat dihampiri rasa cemas, pikiran negatif kita pasti akan muncul dengan sendirinya dalam benak, yang nantinya akan mengacaukan pikiran.

Usahakan untuk mencoba mengalikan perhatian dengan melakukan hal hal atau aktivitas yang positif dan menyenangkan seperti menikmati liburan, bermain musik atau bermain sepak bola bersama kawan.

Baca Juga : 17+ Cara Ampuh Memotivasi dan Menyemangati Diri Sendiri

Fokus Pada Pengalaman yang Bersifat Positif

Ketika kalut, pikiran akan bekerja dan seakan-akan mengarang cerita atau membayangkan suatu hal yang tidak karuan. Padahal itu hanyalah asumsi anda saja karena kecemasan yang dirasakan. Yakinlah bahwa itu semua tidak benar adanya.

Terkadang pikiran kita dipengaruhi oleh pengalaman negatif kita di masa lalu. Kita tidak perlu mengingat kembali pengalaman yang sudah terjadi di masa lalu.

Kenapa seperti itu? karena nanti akan sangat mempengaruhi mental dan rasa kepercayaan diri kita bisa semakin down.

Menenagkan Pikiran yang Sedang Kacau dengan Memperluas Ilmu Pengetahuan

Apakah anda sering terlalu fokus dengan aspek-aspek yang mengancam dari pada melihat keseluruhan permasalahan? Kecemasan dapat membuat pikiran kita beraksi dan fokus pada ancaman tanpa mempertimbangkan konteks yang luas.

Pertimbangkan apakah situasi itu sepadan dengan waktu dan tenaga anda untuk memikirkanya. Apakah anda masih punya rasa peduli dengan masalah yang ada. Kurangilah rasa kekhawatiran tersebut.

Bangkitlah Masa Depan Jauh Lebih Indah dari Masa Lalu

Menghawatirkan sebuah masalah tanpa dibarengi oleh solusi tidak akan membantu menyelesaikan masalah. Mungkin malah memperkeruh kecemasan, pada saat pikiran terjebak dalam satu kondisi yang membuat cemas, sadar dan bangkitlah untuk menatap masa depan yang indah.

Jangan biarkan rasa cemas menguasai diri anda, alihkan dengan melakukan aktivitas yang positif. Dengan cara ini, anda diharapkan memperoleh prespektif yang berbeda dan bertindak lebih tegas kedepanya.

Berdoa Meminta Jalan Keluar Kepada Sang Pencipta

Berdoa adalah cara menenangkan pikiran yang paling tepat dan bisa di lakukan oleh semua orang. Dan ada beberapa waktu yang mustajab kalau anda tau untuk kita berdoa sesuai agama masing-masing ya.

Cara menenangkan pikiran dan hati yang satu ini bisa dikatakan mujarab karena sudah banyak dari orang yang mengatakan, cara yang satu ini sangat ampuh.

Meluapkan Semua Unek-unek yang Ada Dalam Diri Sendiri

cara menenagkan pikiran dan hati bisa anda berbagi pengalaman atau bercerita tentang unek unek yang anda simpan selama ini kepada teman, shabat atau keluarga dekat.

Pastikan untuk memberitau dia untuk tidak mencoba untuk mengatasi apapun, tetapi hanya perlu pendengar. Setelah anda selesai menyampaikan unek-unek yang anda pendam, sangat disarankan untuk melepasnya kembali dan jangan mengingatnya ikhlaskan dia pergi.

Jangan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

Jujur, kadangkala menyalahkan diri sendiri itu lebih sulit dari pada memafkan kesalahan orang lain. Sebaiknya jika anda mempunyai masalah, apapun itu jangan menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.

Jangan pernah memiliki pemikiran seperti itu, setiap orang pernah melakukan kesalahan dan setiap orang berhak mendapatkan kesempatan. Dengan anda memberikan maaf terhadap diri sendiri, kemudian mencoba bangkit untuk menenangkan pikiran dan hati.

Lakukan Senam Yoga untuk Menjaga Kesehatan dan Relaksasi Pikiran

Salah satu jenis olahraga yang dapat membantu anda menenagkan pikiran dan hati adalah senam yoga. Ada banyak manfaat dari senam yoga ini diantaranya merengangkan otot-otot tubuh, melancarkan alirah darah, dan menenangkan sistem syaraf.

Ketiga hal tersebut tentunya tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan fisik namun dapat menenangkan hati dan juga pikiran yang sedang tegang.

Namun tidak semua senam yoga diperuntukan untuk penghilang stress atau depresi ya.

Liburan itu Perlu Loh !! untuk Menghilangkan Rasa Stress

Cara menenangkan pikiran bisa dengan melakukan perjalanan ke wisata alam seperti naek gunung, ke pantai atau ke air terjun contohnya. Alam akan selalu menjadi jawaban yang tepat untuk kita menenangkan hati dan pikiran.

Melihat karya Tuhan yang begitu mempesona itu sangat menyenangkan, jadi anda harus mencobanya!!

Kalau anda tidak memiliki budget yang cukup untuk liburan buat saja agenda berkumpul dengan kawan dan bermain gitar di sore hari itu sudah lebih dari cukup kalau versi saya hehe.

Hibur Diri Sendiri dengan Shopping atau Hunting Kulineran

Trik Berikut adalah cara menenangkan pikiran pada saat ada masalah dengan cara hunting kuliner. Bagi anda yang suka menjelajah makanan bisa menggunakan cara ini untuk menenangkan pikiran.

Supaya aktivitas anda semakin menyenangkan, jangan lupa ajak teman-teman anda tapi ingat ya jangan terlalu boros!!

Jangan sampai rasa khilaf menghampiri anda hehe, lalu membeli segala cemilan atau jajanan di tempat tersebut. Bukanya menenangkan pikiran malah membuat pikiran tambah stress nantinya.

Nonton Film yang Bergenre Komedi atau Action

Nonton Film komedi juga dapat menjadi penghibur lara pada saat hati dan pikiran anda sedang gundah gulana. Anda tinggal searching dan mencari film yang lucu memiliki rating tertinggi.

Biar nontonya makin seru anda ajak kawan dan sediakan cemilan bisa buah, snack atau makanan ringan lainya ya. Dengan begitu anda bersama kawan pasti akan menghabiskan waktu dengan rasa gembira tidak galau lagi.

Jangan Pernah Lari dari Masalah, Anda Harus Menghadapinya

Pada saat anda marasa kaacu dan dihadapkan dengan suatu masalah cara menenangkan pikiran yang paling efektif adalah dengan cara menghadapinya.

Lari dari sebuah permasalahan tidak hanya membuat anda seperti pengecut, namun hati akan semakin tidak terntram atau merasa cemas.

Maka dari itu jadilah seseorang yang bertanggung jawab. Apabila memang anda salah, maka mengakulah, selesaikan apa yang telah anda lakukan.

Yakinlah Badai Pasti Berlalu Jadi tidak Perlu Menyiksa Diri

Yang namanya orang hidup pasti akan selalu berhadpan dengan berbagai masalah, itu wajar!!. Tidak ada satu manusia di dunia ini yang luput dari cobaaNya.

Maka dari itu anda harus bisa menyikapi dan tidak usah berlarut dalam kesedihan. Yakinlah badai pasti berlalu dan ada pelangi yang muncul setelahnya,

Tidak peduli sepahit dan seberapa sulit masalah yang sedang menerpa, itu apsti akan terlewati seiring berjalanya waktu. Toh anda tidak sendirian, semua orang di dunia ini memiliki ujianya masing-masing.

Maka dari itu ikhas dan bersabar itu cara menenangkan pikiran dan hati yang sangat ampuh. Serahkan semuanya kepada sang Tuhan dengan begitu anda akan merasa lebih tenang.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply