8
11

8+ Cara Membersihkan Layar Laptop Yang Baik dan Benar

Layar laptop merupakan salah satu komponen penting di dalam seperangkat laptop. Mengapa dianggap penting karena layar laptop ibarat jendela yang menghubungkan manusia sebagai user dengan laptop.

Layar laptop cenderung mengumpulkan debu, partikel-partikel, dan kotoran-kotoran lain yang mulai terlihat dalam waktu yang singkat. Jika anda ingin membersihkan layar laptop, anda harus menggunakan peralatan yang lembut karena permukaan LCD mudah rusak.

Apa saja alat yang bisa digunakan untuk membersihkan layar laptop, bisa minyak kayu putih, lap serat mikro, dan larutan sederhana dari air dan cuka, yang dapat memberikan hasil yang kita inginkan. Berikut cara membersihkan atau merawat layar laptop agar tidak mudah rusak.

A. Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Lap Serat Mikro

cara-membersihkan-layar-laptop
sumber gambar : https://dimasfan.com

1. Pastikan komputer atau laptop dalam kondisi mati dan tidak dalam kondisi di cas ya.

Membersihkan layar yang masih dalam penggunaan dapat menghasilkan kerusakan secara permanen, jadi alangkah baiknya kita shut down semuanya.

2. Sediakan lap yang terbuat dari serat mikro.

Apabila anda menggunakan kaos, atau jenis lap lain, maka dapat meninggalkan serpihan serat tambahan pada kulit atau bahkan menggores layar laptop.

  • Jangan menggunakan barang dari kertas, jangan menggunakan serbet, tisu dapur, tisu kamar mandi atau barang yang permukaanya kasar untuk membersihkan layar laptop. Karena barang-barang tersebut akan meninggalkan goresan pada layar laptop anda nantinya.
  • Lap serat mikro ini sangat bermanfaat untuk membersihkan segala jenis layar baik layar hp, layar laptop, layar tablet bahkan juga bisa untuk membersihkan lensa camera jika mempunyai camera di rumah.

3. Sekarang bersihkan layar laptop menggunakan lap secara pelan-pelan.

Usahakan dalam satu gerakan dapat menghilangkan debu pada layar laptop. Bersihkan secara pelan tanpa menggunakan banyak tekanan, apabila ditekan dengan keras takutnya nanti malah layarnya rusak dan eror.

  • Pada saat menyekanya dengan gerakan memutar pelan dan lembut, Anda akan mampu membersihkan atau menghapus noda-noda yang lebih sulit pada layar laptop anda.
  • Jangan gosok bagian layarnya, dikarenakan dapat menyebabkan gangguan pixel pada laptop anda.

4. Bersihkan bagian pinggir layar laptop atau pinggir laptop dengan larutan pembersih yang lembut.

Jika area di sekitar layar kotor, anda dapat menggunakan larutan pembersih yang ada di rumah anda dan dikombinasikan dengan tisu dapur, berhati-hatilah jangan sampai menyentuh atau mengenai layar laptop.

B. Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Minyak Kayu Putih

cara-membersihkan-layar-laptop
sumber gambar : https://dimasfan.com

Di atas tadi sudah di jelaskan cara membersihkan layar laptop dengan lap serat mikro, untuk menambah lebih luas wawasana anda dimasfan akan membagikan satu cara lagi yakni membersihkan laptop dengan minyak kayu putih.

Langkah-langkah yang perlu di perhatikan sebelum membersihkan laptop dengan minyak kayu putih diantaranya sebagai berikut .

1. Pastikan Laptop dalam Kondisi Mati

Sebelum anda memulai membersihkan layar laptop, pastikan laptop harus dalam kondisi off terlebih dahulu. Kenapa harus off? Langkah ini akan menghindari jika ada trouble atau konsleting pada laptop anda ketika proses pembersihan laptop dilakukan.

2. Dilarang Menyentuh Langsung Layar Laptop

Pada saat proses membersihkan layar, anda di larang menyentuh langsung layar laptop anda. Dikarenakan tangan anda dapat meninggalkan jejak noda dan sidik jari pada layar laptop anda yang sudah dibersihkan.

3. Siapkan Kain Halus dan Minyak Kayu Putih

Sediakan kain bersih yang terbuat dari serat halus, atau anda bisa menggunakan kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata. Jangan menggunakan kain yang kasar nanti akan menimbulkan goresan pada layar.

Ada satu alat lagi yang direkomendasikan untuk membersihkan layar laptop yakni menggunakan kertas tisu, namun tisu yang halus ya jangan tisu toilet atau tisu yang permukaan kasar tidak direkomendasikan.

4. Bersihkan Dahulu Layar Tanpa Minyak Kayu Putih

Sebelum membersihkan layar laptop menggunakan minyak kayu putih, bersihkan terlebih dahulu layar laptop anda dari debu-debu yang menempel menggunakan kain lap bersih.

Loh kenapa kok tidak menggunakan minyak kayu putih? Jika anda pernah pel lantai kurang lebih hasilnya sama. Dimana anda harus membersihkan debu terlebih dahulu dengan cara menyapunya baru mengepel lantai.

Tujuannya agar debu yang terkena cairan tidak meninggalkan bekas setelah dibersihkan dengan cairan minyak kayu putih.

5. Basahi Kain dengan Minyak Kayu Putih yang Sudah Ada

Basahi kain halus yang sudah ada siapkan dengan minyak. Cara membasahinya teteskan minyak kayu putih secukupnya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Ingat jangan membahasi semua bagian kain yang akan digunakan. Nanti hasilnya tidak maksimal jika terlalu banyak.

6. Jangan Usapkan Langsung ke Layar Laptop Anda!

Mungkin anda bertanya kenapa tidak boleh menyemprotkan cairan langsung ke layar laptop secara langsung? Aduh, jangan pernah mencoba hal konyol seperti ini ya. Meskipun tujuanya untuk membersihkan layar laptop.

Jika anda masih melakukan hal ini, anda bisa membuat noda yang ada pada layar menjadi lebih sulit dibersihkan. Dan anda akan menambah resiko kerusakan layar laptop.

Mengapa demikian? memang anda dapat melakukan pada layar yang masih berteknologi CRT atau berbahan dasar kaca tebal. Nah kalau di era sekarang layar nya sudah pada pakai LED yang lapisanya berbahan dasar plastik dan tampilanya halus.

Jadi bahaya jika anda langsung menyemprotkan cairan ke layar monitor. Meskipun cairanya nanti akan menguap dan area yang blank akan berkurang, namun kerusakan tidak dapat dihilangkan.

7. Bersihkan Layar Laptop Secara Perlahan

Nah tiba saatnya kita masuk ke tahap pembersihan layar laptop. Usap secara perlahan kain yang ke layar laptop anda. Usahakan juga anda melakukannya dengan gerakan satu arah yaitu dari atas ke bawah.

Pastikan anda tidak menekan layar laptop pada saat pembersihakan di lakukan. Karena tindakan tersebut akan menimbulkan terjadinya kerusakan yang signifikan pada layar laptop anda. Apabila anda kurang berhati-hati layar laptop anda yang terbuat dari LCD bisa pecah.

8. Diamkan Laptop Beberapa Saat Kemudian Baru digunakan

Setelah layar laptop selesai dibersihkan, biarkan beberapa menit 10 sampai 15 menit laptop kondisi terbuka. Tujuanya agar minyak atau bekas usapan tadi mengering sebelum anda menggunakan kembali laptop anda.

Jangan sekali-kali layar laptop masih basah anda menutupnya karna bisa fatal bisa saja laptop anda mengalami kerusaka salah satunya bisa mati total.

Dengan beberapa info diatas semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Bisa dicoba di rumah atau bagi anda yang layar laptopnya sudah saatnya dibersihkan bisa coba 2 cara diatas terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply