5+ Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Baik dan Benar

Kaca mobil merupakan satu dari banyaknya komponen penting pada sebuah mobil. Tentunya kondisi kaca sangat penting untuk anda perhatikan keadaanya. Jika kaca mobil tergore, buram, berminyak dan terkena jamur pasti sangat tidak nyaman bukan perjalanan anda.

Cara membersihkan kaca mobil sebenarnya tidak begitu susah asal anda tau cara membersihkan yang baik dan benar itu seperti apa. Memang sekarang banyak service mobil atau tempat pencucian mobil dimana-mana.

Nah untuk menghebat pengeluaran kenapa anda tidak mencoba membersihkanya sendiri. Dimas sudah merangkum 15 cara ampuh untuk membersihkan kaca mobil berikut informasi lengkapnya dibawah ini.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berminyak

cara-membersihkan-kaca-mobil
sumber gambar : https://dimasfan.com

Kaca mobil yang sering berminyak biasanya terjadi pada mobil yang sering dibawa ke perkotaan. Di karenakan kaca mobil yang berminyak disebabkan banyaknya polusi. Lapisan minyak yang muncul di kaca sangat menganggu perjalanan anda.

Tidak hanya dibagian depan biasanya di kaca samping dan belakang juga memang sedikit menyebalkan tapi mau gimana tinggalnya dikota. Berikut adalah cara membersihkan minyak yang menempel di kaca mobil.

1. Pertama Cuci Kaca Mobil Berminyak Sampai Bersih

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yakni mencuci kaca mobil dengan air sampai bersih. Setelah itu baru keringkan kaca mobil menggunakan kanibo sampai tidak ada sisa-sisa air yang menempel pada bagian kaca mobil.

2. Semprotkan Cairan Pembersih Kaca Mobil

Setelah menunggu kaca mobil kering, baru anda bisa semprotkan cairan pembersih kaca mobil yang sudah tersedia. Usahakan dalam menyemprotkan cairan tersebut secara merata ya, jangan sampai ada bagian yang terlewat.

3. Tunggu Kurang Lebih 15 Menit

Selesainya menyemprotkan cairan pembersih ke kaca mobil tunggu kurang lebih 15 menit untuk menunggu reaksinya supaya bekerja secara maksimal.

4. Berishkan Kaca Mobil Menggunakan Kanibo

Setelah cairan pembersih kaca bekerja dalam kurung waktu 15 menit, baru anda bersihkan kaca mobil meggunakan kanibo. Kanibo yang dipakai dimas sarankan menggunakan kanibo yang dikhususkan untuk mobil ya jangan yang lain.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Baret

cara-membersihkan-kaca-mobil-dari-baret
sumber gambar : https://dimasfan.com

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi baret pada mobil diantaranya karet wiper, power window dan alat pembersih yang tidak benar cara pemakaiannya. Untuk membersihkan atau menghilangkan baret kaca mobil ada beberapa cara yang diantaranya sebagai berikut.

1. Cara Pertama Menggunakan Pasta Gigi

Untuk membersihkan baret pada kaca mobil yang halus dapat menggunakan pasta gigi. Caranya cukup ambil pasta gigi secukupnya untuk dioleskan pada bagian kaca yang terkena baret.

Selesai dioleskan, usahakan olesan pasta gigi merata ke bagian baret yang ada dikaca. Langkah berikutnya siram dengan air bersih pada bagian olesan pasta gigi. Bagaimana mudah bukan?

2. Cara Kedua Menggunakan Cairan Amonia

Cara mengatasi kaca mobil yang baret bisa menggunakan cairan amonia. Cairan ini dapat anda beli ditoko bahan kimia terdekat di sekitar anda. Langkah pertama, campurkan cairan amonia 15ml ke dalam air berukuran setengah liter.

Aduk sampai rata, kemudian ambil kain katun yang bersih, celupkan kain katun kedalam campuran cairan amonia yang sudah tercampur air. Lalu gosok-gosokan kain katun tersebut ke bagian kaca mobil yang baret. Ingat anda harus menggosoknya secara perlahan, halus dan jangan terburu-buru agar hasilnya maksimal.

Cara Membersihkan Kaca Mobil Bagian Dalam

cara-membersihkan-mobil-bagian-dalam
sumber gambar : https://dimasfan.com

Bukan bagian luar saja yang mendapatkan perawatan secara ekstra namun kaca bagian dalam juga perlu loh. Kaca mobil bagian dalam juga sering kotor dan karena lemak yang berada ditangan atau jamur yang menempel pada kaca.

Lalu bagaimana solusi dan cara membersihkanya? Nah anda tinggal ikuti saja cara yang sudah kami siapkan dibawah ini.

1. Hindari Pemakaian Glass Cleaner

Sebagian besar kaca mobil yang saat ini sudah menggunakan kaca film, sehingga tidak diperbolehkan untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam menggunakan Glass Cleaner. Karena Glass Cleaner memiliki zat pelarut yang dapat membuat kaca film rusak dan juga melar.

2. Bersihkan dengan Menggunakan Lap yang Bersih

Untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam anda hanya perlu menggunakan lap bersih. Pastikan lap tersebut atau kain yang terbuat dari katun ya agar tidak menimbulkan goresan.

3. Bersihkan dengan Menggunakan Air Hangat

Apabila kotoran yang menempel pada kaca mobil anda belium hilang, anda dapat menggunakan air hangat. Caranya cukup dengan air menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Terkena Jamur

cara-membersihkan-kaca-mobil-dari-jamur
sumber gambar : https://dimasfan.com

Mungkin prespektif orang apabila kaca mobil terkena jamur sudah sulit untuk dihilangkan, tetapi semua itu salah. Caranya sangat mudah, baik itu mobil anda merk, mitshubisi, toyota, honda, suzuki dll.

Asal mula jamur bisa muncul biasanya berasal dari bagian dalam mobil. Umumnya bagian dalam mobil terdapat sisa-sisa makanan yang tidak langsung dibuang dan interior mobil yang jarang dibersihkan. Berikut cara mengatasi jamur pada kaca mobil.

1. Sediakan Lap Khusus untuk Kaca Mobil

Gosok terlebih dahulu bagian kaca secara perlahan menggunakan lap kering yang bersih usahakan baru ya. Gosok sampai jamur memudah agar mudah untuk membersihkanya.

2. Siapkan Air Soda Secukupnya

Jika jamur masih membandel atau belum hilang, maka gunakan air soda untuk cara kedua. Dengan cara menyelupkan lap bersih ke air soda. Selesai itu baru lap bersih dapat digunakan untuk mengelap kaca mobil yang terindikasi terkena jamur.

Mengapa harus menggunakan air soda untuk membersihkan jamur pada kaca mobil? karena sifat jamur akan memudar jika terkena air soda.

3. Menggunakan Air Tembakau

Cara membersihkan kaca mobil dari jamur yang ke tiga bisa menggunakan air tembakau. Caranya siapkan daun tembakau, kemudian rendam dengan air biasa kurang lebih 20 menit. Lalu cuci mobil dengan bersih menggunakan air biasa kemudian keringkan.

Siapkan lap bersih yang siap digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Setelah lap sudah siap, anda dapat menyelupkan ke dalam cairan tembakau tadi untuk dioleskan kebagian kaca mobil yang terkena jamur, mudah bukan?.

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Buram

cara-membersihkan-kaca-mobil-yang-buram
cara membersihkan mobil yang berminyak

Kaca mobil anda pasti pernahkan terlihat kusam, buram dan sedikit kabur. Yaps ada beberapa hal yang disebabkan oleh banyaknya debu yang menempel pada kaca. Bisa tetesan air hujan yang membekas pada kaca, itu pasti sangat mengganggu perjalanan kita.

Lalu bagaimana cara mengatasi jika terjadi masalah seperti ini? Apakah ada solusinya? tenang saja Dimasfan punya cara yang efektif untuk kaca mobil yang buram. Berikut 8 cara mengatasi kaca mobil yang buram, kusam dan berdebu.

  • Pertama anda dapat membersihkan kaca mobil sebelum piknik atau mudik. Pastikan posisi mobil berada di tempat yang teduh ya.
  • Sediakan bahan untuk membersihkan kaca bisa dengan kain, pasta gigi, atau cairan pembersih.
  • Bahasai kaca mobil dengan air biasa lalu campur dengan cairan pembersih atau pasta gigi.
  • Gosok secara perlahan ya agar tidak menimbulkan goresan pada kaca jika anda menggosoknya terlalu keras takutnya nanti akan timbul hal yang tidak kita inginkan.
  • Setelah kaca mobil terlihat bersih, anda dapat melakukan penyiraman untuk membilas mobil.
  • Kemudian lap dengan lap kering yang sudah anda sediakan.

Tinggalkan komentar