96

11+Cara Membersihkan Kaca Buram Agar Kinclong Seperti Baru

Di setiap rumah pasti mempunyai kaca, entah itu kaca jendela, kaca spion mobil atau kaca cermin. Pastinya setiap kaca mempunyai bentuk yang berbeda-beda begitu juga fungsinya. Tidak hanya model atau desain dari kaca itu sendiri yang harus kita perhatikan, namun faktor kebersihanya juga perlu.

Nah untuk kaca sendiri memilik penyebab-penyebab kenapa kaca itu bisa buram? diantaranya debu, noda tangan, bedak atau cairan sabun mandi. Anda sendiri termasuk orang yang cepat akan membersihkan kotoran atau yang nanti dulu deh gua bersihkan, nanti dulu itu merupakan kata yang duh gimana ya hehe.

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kaca buram yang ada di rumah kita? Berikut ada beberapa cara membersihkan kaca yang buram dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di bawah ini.

Cairan Pemutih Pakaian

Cara yang pertama dalam membersihkan kaca yang buram anda bisa menggunakan pemutih pakian untuk membersihkanya. Untuk cara nya anda siapkan terlebih dahulu lap bersih yang berbahan lembut.

Cara membersihkanya yakni gosokan ke seluruh permukaan kaca yang buram hingga bersih. Setelah itu, bersihan kembali kaca atau istilahnya bilas agar noda noda yang menempel bersih secara keseluruhan.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kaca Aquarium dari Kerak yang Membandel

Air Perasaan Buah Lemon

Buah lemon juga bisa loh untuk membersihkan kaca yang buram. Tapi bukan buahnya ya, melainkan air perasanya, kandungan asam yang ada pada lemon mampu hilangkan lemak yang menempel pada perabotan dapur.

Istimewanya, perasaan air lemon juga sudah banyak dikenal oleh warganet ampuh dalam membersihkan cermin dalam sekejap dari noda-noda yang membandel.

Bagaimana caranya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Siapkan wadah, selagi menyiapkan wadah peras lemon secukupnya saja ya.
  • Gunakan kapas untuk mengoleskan air lemon ke permukaan cermin secara merata.
  • Siapkan lap kering yang bersih untuk mengelap air leom yang sudah menempel di permukaann cermin.

Larutan Kaporit

Apa kaporit bisa untuk membersihkan cermin dari noda? tentu bisa. Diantara anda ada yang belum tau apa itu kaporit? pastinya sudah tau lah ya. Benda yang satu ini dikenal untuk membersihkan kolam renang dari bakteri atau kuman yang ada pada kolam.

Lalu, apakah kaporit bisa digunakan untuk membersihkan cermin? Caranya bisa dibilang begitu rumit jika kita bandingkan dengan penggunaan bahan lainya.

Meski demikian, cara yang satu ini tergolong sangat ampuh loh, bagaimana apakah anda sudah pernah mencobanya, kalau belum anda wajib untuk mencobanya.

  • Buat larutan kental dari bubuk kaporit yang dicampur dengan sedikit air.
  • Oleskan larutan tersebut pada permukaan cermin yang akan anda bersihkan.
  • Diamkan kurang lebih 30 sampai 45 menit.
  • Bilas cermin dengan air bersih, lalu gunakan lap kering yang masih bersih untuk membersihkanya.
  • Pastikan cermin benar-benar kering pada saat dilap jangan sampai ada noda air yang tertinggal ya !!

Kumpulan Koran Bekas

Siapa yang belum pernah mencoba membersihkan cermin menggunakan koran bekas? pasti yang ada di benak anda semua, apakah bisa?

Eits jangan salah koran bekas dikenal ampuh untuk membuat cermin terlihat seperti baru. Selain koran bekas, kamu juga membutuhkan sedikit air yang bersih untuk membersihkannya.

Langkah selanjutnya anda bisa ikuti perintah di bawah ini :

  • Semprotkan air bersih secara menyeluruh ke permukaan cermin.
  • Remas koran bekas dan langsung gunakan untuk menggosok permukaan cermin. Gunakan sedikit tekanan agar debu ikut terangkat.

Pasta Gigi

Cara yang hemat lainya untuk membersihkan kaca yang buram bisa menggunakan pasta gigi. Selain hemat, cara menggunakanya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan kain bersih dan oleskan pasta gigi dibagian atasnya.

Gunakan lap bersih untuk mengoleskan pasta gigi supaya lebih merata di semua bagian permukaan cermin. Setelah itu, diamkan kurang lebih 15 sampai dengan 30 menit agar pasta gigi benar-benar kering.

Ketika pasta gigi sudah kering bilas dengan lap setengah basah, kemudian bersihkan dengan kain lap kering, Artikel Terkait bathroom curtain ideas

Face Tonic

Face tonic juga bisa loh digunakan untuk membersihkan debu di wajah, nyatanya, ada kegunaan lain dari face tonic yakni membersihkan kaca dirumah untuk terlihat seperti baru lagi.

Bagaimana caranya ?

  • Pertama tuangkan face tonic secukupnya pada kapas bersih yang sudah anda siapkan di awal, lalu oleskan ke permukaan cermin.
  • Kedua bersihkan dengan menggunakan lap kering untuk membuat cermin tampak seperti baru.

Cuka Makan

Cuka makan bisa digunakan yang biasanya untuk menambah cita rasa ketika menyantap sejumlah makanan seperti bakso, kini juga memiliki fungsi lain yakni membersihkan kaca yang buram.

Selain menggunakan cuka, anda juga bisa menggunakan air sabun, caranya sederhana, anda bisa mencapurkan air sabun sebanyak 45 ml cuka makan dan 500 ml air panas.

Anda dapat mengaplikasikan bahan ini dengan cara menyemprotkan larutan ini ke bagian permukaan kaca, lalu usap kaca dengan kain bersih. Anda bisa menggunakan masker hidung atau tidak ya tapi alangkah baiknya menggunakan untuk menghindari debu.

Tepung Maizena

Selain digunakan untuk bahan memasak, tepung maizena ini sangat ampuh untuk membersihkan kaca jendela rumah loh kawan. Caranya dengan mencampurkan 45 gram tepung maizena dengan 125ml air.

Kemudian, celupkan kain ke dalamnya dan gosokan pada kaca jendela rumah anda. Yang pada awalnya akan terbentuk lapisan tipis pada kaca jendela, setelah tu gosok terus sampai kaca benar-benar terlihat seperti baru kembali.

Campuran Air Teh

Cara membersihkan kaca buram selanjutnya bisa menggunakan campuran air teh. Anda bisa menfaatkan limbah-limbah rumah tangga seperti ini. Apabila teh celup dapat didinginkan dengan cara di masukan ke dalam kulkas maka ampas teh nya bisa digunakan untuk membersihkan kaca.

Pertama, seduh ampas teh hitam yang sudah tidak terpakai dengan 200ml air bersih dan tambahkan campuran cuka sebanyak 40 ml. Selain itu, saring bahan-bahan tersebut ke dalam botol spray.

Pengaplikasiannya bisa dibilang mudah, yakni dengan menyemprotkan cairan tersebut pada kaca jendela, kaca lemari, kaca spion mobil / motor, dan ke cermin yang ada di rumah anda.

Kapur Tulis

Kapur tulis memang banyak digunakan di runag kelas yakni sebagai media untuk guru menulis di papan tulis. Selain itu kegunaan dari kapur tulis bisa untuk membersihkan kaca buram loh.

Anda bisa menggunaan kapur tulis yang berwarna putih dengan jumlah 5 sampai 10 batang. Siapkan air bersih di dalam baskom kecil, setelah itu celupkan kapur kapur ke dalam air.

Gunakan kapur yang sudah basah tadi dengan menggosok-gosokan ke permukaan kaca. Kemudian, bersihkan sisa kapur yang masih melekat menggunakan koran bekas yang sudah di bahasi air. Usap sampai bersih dan pastikan tidak ada noda yang tersisa.

Tembakau

Siapa yang tidak tau tentang tembakau? pasti tau ya identik dengan rokok yaps bahan dasar dari rokok. Tidak perlu tembakau yang harganya fantastis untuk membersihkan kaca, tembakau yang berkualitas rendah sudah cukup kok.

Apa benar tembakau bisa di gunakan untuk membersihkan kaca?

Bisa, cara penggunaanya sangat mudah, yakni dengan meredam sekitar 200 gram daun tembakau ke dalam air selama 30 menit. Tembakau tersebut untuk membersihkan kacajendela, kaca cermin maupun kaca spion motor anda.

Terakhir, bersihkan dengan kain bersih yang masih kering hingga seluruh tembakau yang ikut melekat di permukaan kaca menjadi bersih dan terlihat baru seperti baru beli hehe.

Demikian cara membersihkan kaca buram yang harapan saya bisa membantu anda dalam membersihkan kaca di rumah anda sekian terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply