42

6+ Cara Membersihkan Kaca Aquarium dari Kerak yang Membandel

Trend memelihara ikan hias memang sedang booming akhir-akhir ini. Apalagi jika dihias dengan berbagai macam terumbu karang yang cantik di dalam aquarium.

Sedang asyiknya bermain dengan ikan hias terkadang ada beberapa orang yang suka lupa cara membersihkan aquarium yang benar. Jika kaca aquarium dibiarkan secara terus menerus maka akan muncul jamur dan kerak pada aquraium.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Tenang saja kali ini kita akan membahasnya sampai tuntas, berikut adalah 11 cara membersihkan kaca aquarium dari kerak, jamur dan juga lumut. Simak ulasan berikut :

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Bagi anda pecinta ikan hias pasti pernah memiliki kendala saat membersihkan kaca aquarium benar bukan? ada yang jamuran sudah dibersihkan masih saja ada, ada kerak yang membandel dan adanya lumut menjadi pelengkap masalah ini.

Namun tenang saja kali ini kita akan membagikan tips atau cara kepada anda semua, cara yang ampuh dalam membersihkan kaca aquarium diantaranya sebagai berikut.

1. Membersihkan Bagian Luar Kaca Dengan Lap

Bagian luar kaca memang tidak bersentuhan dengan air, akan tetapi ukan berarti bagian ini tidak dibersihkan. Bagian luar kaca juga dibersihkan dengan menggunakan lap yang sudah di campur dengan air hangat.

Anda bisa menggunakan kain yang halus untuk membersihkan permukaan kaca bagian luar tersebut. Anda juga bisa membaca cara membersihkan kaca yang buram disini.

2. Membersihkan Kaca Aquarium Dengan Sitrun dan Air Hangat

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membersihkan kaca aquarium yakni menyiapkan alat-alat pembersih. Jika sudah tersedia siramkan sitrun ke area yang berjamur.

Kedua sikat menggunakan sikat yang sudah disiapkan hingga benar-benar terlihat bersih. Terakhir bilas kaca dengan menggunakan air hangat. Apabila masih membandel anda bisa mengulang cara ini sampai bersih.

3. Membersihkan Kaca Aquarium Dengan Pemutih Pakaian

Pertama-tama siapkan alat untuk membersihkan kacanya seperti sikat dan pemutih pakaian dan deterjen. Kemudian campurkan deterjen dan pemutih pakaian, lalu siram kebagian yang berkerak.

Sikat hingga benar-benar bersih, setelah di rasa cukup bersih, siram menggunakan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisa kerak yang masih menempel.

4. Membersihkan Kaca Aquarium dengan Pembersih Lantai

Pembersih lantai katanya bisa untuk membersihkan kaca aquarium? apa benar begitu? kata pepatah tidak ada salahnya untuk mencoba.

Berikut cara membersihkan kaca aquarium menggunakan pembersih lantai yang katanya ampuh dan mujarab.

  • Pertama siapkan alat-alat untuk membersihkan kaca aquarium.
  • Kedua Siapkan cairan pembersih lantai.
  • Ketiga siramkan cairan pembersih lantai pada area kaca yang berkerak atau yang ingin dibersihkan.
  • Tunggu sampai kurung waktu 20 menit an.
  • Lalu siram kembali menggunakan cairan pembersih lantai di iringi dengan sikat.
  • Untuk tahap terakhir bisa dengan menggunakan air hangat untuk proses pembilasan agar bau yang dihasilkan dari pembersih lantai cepat hilang.

5. Membersihkan Kaca Aqurarium dengan Pasta Gigi

Pasta gigi adalah bahan yang sudah banyak dikenal orang, ampuh dalam segala metode pembersihan, baik itu membersihkan sisa makanan pada gigi, atau yang lain.

Nah kalau anda tau, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca aquarium loh berikut caranya :

  • Siapkan alat alat yang akan digunakan seperti air bersih, pasta gigi, dan spons.
  • Kemudian bilas permukaan kaca dengan air bersih.
  • Oleskan pasta gigi secukupnya ke permukaan kaca yang berkerak.
  • Diamkan selama beberapa menit untuk membiarkan efek yang ada pada pasta gigi bereaksi.
  • Gunakan spons yang sudah dicampur dengan air bersih untuk membersihkan kerak.

Selain pasta gigi, anda juga bisa membersihkan kaca aquarium dengan bahan-bahan kimia lainya seperti soda api, cuka dan soda kue.

6. Membersihkan Kaca Aquarium dengan Ikan Pembersih Kaca

Apa itu ikan pembersih kaca? ikan pembersih kaca sering kali kita sebut dengan ikan sapu-sapu yang berukuran kecil. Sebenarnya ikan pembersih kaca seperti ini tidak bisa membersihkan kerak pada kaca.

Namun, ikan pembersih dapat mencegah dan mengurangi munculnya kerak pada kaca aquarium. Bukanya lebih baik mencegah dari pada mengobati hehe.

Membersihkan Kaca Aquarium dengan Jeruk Nipis

Apakah jeruk nipis bisa membersihkan noda atau kerak pada kaca aquarium? tentu saja bisa, lantas bagaimana caranya?

Kandungan asam yang ada pada jeruk nipis ternyata dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada kaca. Berikut urutan cara menghilangkan kerak pada kaca aquarium.

  • Siapkan bahan dan alat untuk membersihkan aquarium.
  • Pertama siram seluruh bagian aquarium dengan air sebelum dibersihkan.
  • Kemudian gosok secara perlahan pada area kerak atau noda pada kaca aquarium.
  • Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian sama besar dan teteskan airnya ke area yang berkerak dan tambahkan sedikit bubuk soda kue.
  • Tunggu hingga beberapa menit, untuk menunggu efek dari jeruk nipis.
  • Jika di rasa cukup, bilas sampai bersih setelahny dan lihat hasilnya.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya, jika menurut anda konten ini apik dan bisa dijadikan referensi, anda bisa share ke sosial media atau ke teman anda.

Baik nantikan konten berikutnya di hari yang akan datang ya,,,

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply