5
5

√ Cara Membersihkan Ac | Cara Mencuci Ac yang Mudah, Baik dan Benar

Cara membersihkan AC rumah dapat dibilang susah-susah gampang jika kita tidak pernah memperbaiki ac sebelumnya. Jadi kita harus mengenali karateristik dari merk AC contohnya AC Panasonic, Ac Mitsubishi, AC LG, dan masih banyak merk yang lainya.

Di daerah yang padat penduduk seperti ibu kota Jakarta sering udara didalam rumah terasa panas baik siang maupun malam hari. Hal ini biasa disebabkan oleh kepadatan penduduk, atau karena dekat dengan area industri seperti pabrik.

Bagi anda yang memiliki ac harus merawatnya sebaik mungkin jika anda berada di ibu kota Jakarta. Nah bagaimana cara merawat ac, mencuci ac, membersihkan ac yang baik dan benar? ikuti tutorial berikut agar nanti jika anda sudah bisa, anda bisa buka jasa service ac di daerah anda masing-masing.

1. Cara Mencuci AC dengan Alat Pembersih AC

Selain banyaknya tumpukan debu yang terlihat oleh mata dan bau yang tidak sedap keluar dari AC, ditambah berisiknya juga mengindikasikan bahwa AC anda sudah waktunya dibersihkan dan diperbaiki. Meski AC yang tetap beroperasi seperti hari-hari biasa dan tidak menunjukan tanda-tanda rusak, bukan berarti AC anda tidak dirawat ya!. Idealnya atau minimal AC dibersihkan sebulan sekali.

Berikut adalah cara membersihkan AC untuk unit yang berada di dalam rumah :

  1. Pastikan AC dalam kondisi mati dan cabut kabelnya dari sumber listrik.
  2. Gunakan alat pembersih AC contohnya seperti mesin penyedot debu, lap kering dan bisa juga menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu yang ada di ventilasi AC.
  3. Jika baru pertama kali membersihkan ac, bisa membuka buku panduan untuk mengetahui cara melepas dan acara membersihkan filter AC yang ada di rumah anda.
  4. Singkirkan debu pada filter dengan mesin penyedot debu atau kuas cat untuk membersihkan debu di bagian luar ac.
  5. Bilas filter AC di bawah aliran air yang mengalir. Jika terlihat sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair yang biasa anda gunakan untuk mencuci piring. Kemudian bilas hingga kotoranya bersih.
  6. Keringkan filter di tempat yang teduh tanpa menjemurnya di tengah terik matahari karena itu tidak di sarankan ya!

Selain filter, unit AC yang ada di dalam rumah juga ditambah kumparan evaporator dan kipas. Di pasaran produk cairan pembersih AC berupa semportan yang berguna untuk membersihkan kumparan evaporator yang tidak dibuka dari unit AC.

Maka dari itu, anda perlu memberi wadah pada bagian bawah lantai agar tidak terkena tumpahan kotoran. Jika masih bingung bagaimana cara menggunakanya anda bisa mengikuti aturan pakai produk tersebut.

Membersihkan AC adalah rutinitas tiap bulan, anda juga perlu merawatnya secara profesional setiap tahunya jangan di biarkan nempel di dinding ya hehe. Cara bersihkan AC yang sudah dijelaskan di atas tidak mencakup unit AC yang berada di luar rumah ya, apalagi sampai ke mesinya.

2. Cara Merawat AC Rumah yang Tepat

Ada beberapa cara untuk melakukan perawatan terhadap Ac yang akan menjaga keawetan AC tersebut, simak caranya di bawah ini :

  1. Ganti filter AC setiap 3 bulan sekali, apabila ada salah satu penghuni rumah yang memiliki alergi, penggantian filter AC perlu dilakukan lebih sering misalnya sebulan sekali untuk menghindari hal yang tidak di inginkan nantinya.
  2. Matikan AC sebelum rumah dikosongkan atau di tinggal pergi dalam jangka waktu yang lama. Dan baru nyalakan kembali ketika penghuni tiba kembali di rumah atau saat dibutuhkan.
  3. Pada saat menyalakan AC, menyetel suhu langsung ke yang paling rendah tidak disarankan seperti ini ya. Karena hal tersebut tidak akan membuat ruangan lebih cepat dingin. Tetapi hanya membuat kinerja AC menjadi semakin berat.
  4. Periksa kemali kedua saluran yang menghubungkan unit dalam dan unit luar rumah untuk memastikan tidak ada kebocoran. Kebocoran pada saluran yang berbahan dasar logam bisa diatasi dengan menyegel lubang dengan isolasi khususnya pipa AC. Tapi disarankan jika ada kebocoran anda alangkah baiknya menggantinya dengan yang baru.
  5. Kumpulkan air hasil kondensasi yang menetes di dekat unit luar rumah untuk menyiram tanaman yang ada di teras rumah atau di halaman belakang rumah.

3. Cara Terbaik Merawat AC Bagian Unit Outdoornya

Tidak perlu khawatir ketika anda mengalami masalah di bagian outdoor AC dimasfan InsyaAllah kami punya solusinya. Pada umumnya masyarakat merasa tidak yakin untuk melakukan pembersihan AC yang berada di bagian luar.

Untuk memulai merawat unit AC yang ada di luar rumah, alangkah baiknya copot terlebih dahulu sambungan kabel yang terhubung langsung dengan listrik agar tidak terjadi resiko yang besar.

Jangan ragu untuk menyemprotkan air ke arah unit outdoor karena bagian tersebut sudah di desain sedemikian rupa, supaya air tidak mudah masuk ke bagian dalam sistem yang berhubungan dengan arus listrik.

Penyemprotan berguna unutk merontokan debu dan kotoran yang bersarang di unit tersebut. Oleh karena itu sangat di anjurkan penyemprotan dengan sedikit tekanan yang bertujuan untuk memaksimalkan proses pembersihan kotoran yang ada di unit Ac Tersebut.

Proses ini tidak perlu di lakukan terlalu sering cukup 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Semoga dengan informasi ini dapat membantu anda dan menambah wawasan anda. Jika menurut anda ini konten yang bermanfaat anda bisa membagikan kepada teman, saudara, atau kerabat anda semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply