9+ Cara Melihat Peluang Usaha di Lingkungan Kita untuk Para Pemula

Seseorang yang awam tentang dunia usaha pasti akan mengalami kesulitan dalam melihat peluang usaha. Banyak pemula yang masih bingung akan memilih usaha yang cocok untuk mereka jalakan. Sebuah peluang tidak datang begitu saja, sehingga anda harus bekerja keras untuk mencarinya.

Permasalahan lainya yang kerap muncul yakni belum mencoba sudah takut gagal. Kedua tidak memiliki modal yang cukup dan merasa tidak percaya diri dalam menjalankanya.

Apabila anda salah satu diantara banyak orang yang kurang PD berikut dimasfan sudah menyediakan 11 cara melihat peluang usaha yang ada disekitar anda.

1. Melihat Peluang Usaha dari Diri Sendiri

Melihat peluang usaha dari diri sendiri tentu lebih mudah dibandingkan kita memikirkan hal yang belum pasti lainya. Karena hanya diri sendiri yang mengerti soal potensi apa yang kita miliki.

Coba anda ingat-ingat, mungkin anda pernah memiliki untuk buka toko al quran atau punya keinginan mendirikan pabrik pallet. Membayangkan suatu usaha tertentu pasti karena anda merasa mampu untuk mencoba usaha tersebut.

Maka dari itu, terus gali potensi apa yang ada dalam diri anda sekarang. Siapa tau ada salah satu usaha yang benar-benar anda ingin jalankan. Terkadang dari potensi yang ada dalam diri sendiri inilah yang akan memberikan sebuah peluang usaha yang menjajikan.

2. Mencari Tau Kebutuhan Masyarakat Sekitar

Cara melihat peluang usaha yang kedua yakni mengamati kebutuhan masyarakat sekitar atau melihat potensi di sekitar tempat tinggal anda. Misalkan daerah anda adalah daerah pertanian yang memerlukan kebutuhan contohnya seperti pupuk, bibit dan alat pertanian lainya.

Dengan membuat usaha yang beradasarkan kebutuhan lingkungan disekitar tentunya anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Kenapa begitu karena pasar dan konsumen anda sudah jelas dan tertarget.

3. Menjalin Kerja Sama dengan Usaha Lainya

Apabila anda mempunyai lokasi atau tempat usaha yang strategis maka anda bisa bekerja sama dengan pemilik usaha-usaha lainya. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik usaha dengan cara menitipkan barang atau produk anda kepada mereka.

Untuk memperoleh barang atau produk tersebut anda bisa dengan cara memproduksi sendiri atau mengambil barang dari suplier anda.

Misalkan anda mempunyai jasa travel kediri surabaya namun anda belum memiliki kendaraan, anda bisa bekerja sama dengan travel lain dengan brand anda. Agar brand travel anda ramai dan dikenal banyak orang.

4. Memulai Bisnis dari Hobbi

Apabila anda masih bingung untuk mencari peluang usaha yang menjajikan, maka anda bisa memulai bisnis dari hobi anda. Dengan memanfaatkan hobi anda sebagai usaha tentunya banyak keuntungan yang akan anda dapat.

Untuk memulainya anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu dengan daerah sekitar. Contohnya anda hobi bermain gitar, maka anda bisa membuat usaha seperti kursus gitar atau jualan gitar dan alat musik lainya.

Jadi pada intinya anda harus mencari kebutuhan masyarakat sekitar yang masih berhubungan dengan hobi yang anda miliki.

5. Mencari Peluang Usaha dari Internet

Mungkin cara ke 5 ini adalah cara paling mudah, simple dan semua orang pasti bisa jika dibandingkan cara sebelum dan sesudahnya. Dengan internet maka anda dapat mencari ide-ide yang cemerlang.

Dengan demikian anda bisa membuka sebuah peluang ushaa yang benar-benar unik disekitar anda. Akan tetapi anda harus mempertimbangkan bahwa ide bisnis tersebut bisa berkembang di daerah anda.

6. Memulai Bisnis dengan Menciptakan Hal yang Baru

Poin ke 6 ini masih ada kaitanya dengan poin ke 5. Namun poin ini anda lebih dituntut untuk mempunyai kreatifitas yang tinggi dan kemampuan dalam membaca pasar.

Maka dari itu anda harus memperhatikan banyak hal di lingkungan sekitar dan mencari permasalahan yang banyak dihadapi di lingkungan sekitar. Dan disinilah sering timbul ide-ide atau pemikiran baru yang bisa anda kembangkan menjadi sebuah peluang usaha yang menjajikan.

7. Mencoba Bisnis yang Sekarang Sedang Ramai

cara melihat peluang usaha memang tidak semudah yang kita bayangkan. Maka dari itu anda dapat mencoba mencari di internet bisnis apa yang sedang trend. Lalu anda bisa mencobanya via media sosial atau market place. Contohnya yang sedang trend di bidang elektronik, makanan, atau fashion.

Kita ambil contoh makanan, kita pasti kenal dengan brand GEPREK BENSU iya sudah ratusan oultet berdiri di kota kota besar di Indonesia. Nah anda bisa meniru dengan membuka outlet ayam geprek dengan brand anda sendiri.

Bagaimana apakah anda akan mencobanya? InsyaAllah recommended dan valid, disekitar anda pasti ada kan ayam geprek hehe.

8. Menciptakan SomeThing yang Baru

Cara melihat peluang usaha yang memiliki potensi besar, alangkah baiknya anda mencoba ide-ide baru. Salah satu resep bisnis yang cepat sukses adalah belum banyak dilakukan oleh pengusaha lain disekitar wilayah anda.

Kalau misalnya ada sebisa mungkin modifikasi sekreatif mungkin agar terlihat beda dari yang lain. Usaha anda harus memiliki keunggulan atau value yang dapat ditonjolkan dan menarik di mata para pembeli.

Memang butuh ide dan pemikiran yang kritis dalam menciptakan hal yang baru. Tapi jika usaha tersebut sudah sukses dan anda juga yang akan menikmati hasilnya, bangga atas kerja keras dan diri sendiri.

9. Setelah Mendapatkan Ide, Segera Action

Setelah anda mendapatkan beberapa ide usaha yang tepat, jangan anda menunda-nunda karena lebih cepat lebih baik. Memang dalam memulai bisnis perlu strategi usaha startup yang matang. Namun anda dapat melakukan uji sampel dengan membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

Jika prospeknya cukup menjajikan, baru anda bangun dalam skala yang lebih besar. Namun jika usaha tersebut peminatnya tidak terlalu ramai, maka anda dapat mencari usaha lain yang dapat memberikan kesuksesan dimasa mendatang.

Tinggalkan komentar