Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Gambar Beserta Fungsinya

Bagian Bagian Mikroskop – Seperti yang sudah kalian ketahui mikroskop merupakan alat bantu manusia untuk melihat benda-benda yang sangat kecil yang mata kita tidak bisa melihatnya secara langsung. Mikroskop terdiri dari dua kata yang memiliki arti yakni mikro yang artinya kecil dan scopein artinya melihat.

Dari dua kata tersebut bisa disimpulkan bahwa mikroskop adalah alat yang digunakan untuk membantu manuisa untuk melihat benda yang lebih kecil. Mikroskop di temukan pertama kali pada tahun 1600 oleh Zacharias Janssen.

Alat ini mampu melihat lebih jelas dan bisa di besarkan 40 kali, 100 kali, 400 kali dan hingga 1000 kali. Perbesaran akan semakin meningkat dengan perkembangan jaman yang begitu canggih pada saat ini. Berikut adalah bagian-bagian mikroskop yang bisa kalian pelajari :

Cara Menggunakan Mikroskop

bagian bagian mikroskop
pexels.com

Nah untuk kalian yang belum mengetahui cara menggunakan mikroskop dengan baik serta apa saja kegunaan bagian bagian mikroskop kalian bisa simak cara berikut ini dan melakukanya :

– Pertama adalah letakan benda di atas kaca preparat atau bisa di letakan pada meja mikroskop. Kemudian langkah selanjutnya adalah putar okuler dengan perlahan untuk melakukan perbesaran pada benda yang sedang di amati tersebut.

– Kedua kalian bisa putar bagian makrometer ingat ya makrometer bukan mikrometer. Arahkan ke belakang lalu geser pemutar lensa. Langkah berikutnya adalah atur posisi lensa supaya dapat sesuai dengan posisi cahaya yang masuk. Pada awal percobaan bisa lakukan 10x sampai 20x perbesaran

– Ketiga kalian bisa mengubah kondensornya dengan cara menaikan bagian kondensornya. Lalu buka diafragma tujuanya supaya cahaya yang masuk bisa tersimpan secara sempurna. Kemudian kalian bisa putar secara perlahan dan sudah bisa melakukan pengamatan namun pastikan kalian sudah dapat melihat cahaya gelap dan terang pada mikroskop tersebut.

– Langkah terakhir yakni kalian bisa memutar bagian mikrometer untuk di dekatkan ke meja mikroskop. Lalu atur posisi lensa objektif yang begitu dekat dengan benda preparat tersebut. Nah sampai sini kalian sudah bisa mengamati benda yang berukuran sangat kecil.

– Untuk selangkapnya kalian bisa mencobanya sendiri dengan menambah ukuran perbesaran yang kalian inginkan. Jika kalian belum mengerti fungsi dari bagian bagian mikroskop bisa membacanya terlebih dahulu ulasan di bawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop

bagian bagian mikroskop
pixabay.com

Mikroskop adalah alat yang sangat penting dalam belajar ilmu biologi. Nah untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolah menengah ke atas perlu belajar tentang bagian bagian mikroskop terlebih dahulu. Pastinya kalian bertanya-tanya ada berapa bagian-bagian mikroskop dan apa saja fungsinya.

Sedikit bocoran bagi kalian yang belum mengetahui jumlah bagian bagian mikroskop. Jumlah dari bagian bagian mikroskop sendiri terdiri dari 15 bagian. Pada setiap bagian bagiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Berikut adalah bagian bagian mikroskop yang perlu untuk kalian ketahui :

1. Lensa Okuler

bagian bagian mikroskop
pexels.com

Bagian yang pertama adalah lensa okuler yakni lensa ini letaknya di bagain atas dan berdekatan dengan mata pengamat. Fungsi dari bagian pertama adalah gunanya untuk memperbesar bayanagn yang terdapat pada lensa objektif. Dengan rata rata perbesaran 4 hingga 50 kali.

2. Tabung Mikroskop

bagian bagian mikroskop
pixabay.com

Tabung mikroskop ini berguna untuk pengubung antara lensa okuler dengan lensa objektif mikroskop. Nama lain dari Tabung Mikroskop ini adalah Tubus.

3. Revolver

bagian bagian mikroskop

Bagian Mikroskop ketiga ini bernama revolver yang fungsinya adalah mengatur besar kecilnya lensa. Caranya dengan memutar lensa secara naik turun mengarah ke benda preparat tersebut.

4. Lensa Perbesaran Objektif

bagian bagian mikroskop

Letak dari lensa perbesaran objektif ini berada paling dengak dengan benda yang sedang di amati. Fungsi dari lensa perbesaran objektif ini mampu membentuk sebuah bayangan terbalik, nyata dan mampu untuk di perbesar.

Untuk pengaturan semua jarak di atur oleh Revolver tadi yang sudah saya jelasakan di nomor 3. Nah untuk kelipatan perbesaran mampu hingga 10x 50x 100x ukuran pada umumnya.

5. Klip Mikroskop

bagian bagian mikroskop

Untuk bagian bagain mikroskop yang satu ini tidak kalah pentingnya. Fungsi dari Klip sendiri adalah mengapit kaca preparat supaya tidak bergeser apabila mikroskop sedang di gerakan.

6. Meja Mikroskop

bagian bagian mikroskop

Bagian mikroskop nomor 6 ini adalah meja mikroskop yang berfungsi untuk menaruh benda yang nantinya akan di teliti.

7. Cermin

bagian bagian mikroskop

Cermin Mikroskop memiliki fungsi dan peran yang sangat penting berikut fungsi dari cermin tersebut. Fungsi dari cermin mikroskop adalah menerima cahaya dan mengarahkan cahaya dengan cara memberi pantulan cahaya.

Cermin ini mempunyai 2 bagian yakni cekung dan juga cembung keduanya bisa di lepas. Cermin seperti ini hanya digunakan pada mikroskop yang lama. Sendangkan untuk mikroskop keluaran terbaru sudah tidak menggunakan cermin seperti ini lagi.

Lihat Juga

8. Kaki Mikroskop

bagian bagian mikroskop

Sebuah alat yang berperan penting dalam sebuah metode penelitian. Kaki ini fungsinya untuk menjaga keseimbangan dari mikroskop tersebut.

9. Lengan Mikroskop

bagian bagian mikroskop

Bagian mikroskop ini adalah bagain utama yakni fungsinya menahan semua bagian bagian mikroskop lainya. Serta ukuran dari lengan mikroskop ini lebih besar jika di bandingkan dengan bagian mikroskop yang lainya.

10. Bagian Diafragma

bagian bagian mikroskop

Nah untuk bagian ini berguna untuk mengatur cahaya gelap atau terang cahaya yang masuk pada area pengamatan mikroskop.

11. Mikrometer

Mikrometer berfungsi sebagai alat yang berperan menaik turunkan tabung mikroskop secara lambat. Tujuanya agar tidak melenceng lebih jauh dan hasilnya sudah tidak di ragukan lagi.

12. Makrometer

Makrometer merupakan sebuah bagian yang berguna untuk menarik dan menurunkan tabung mikroskop. Sebenarnya fungsi diantara keduanya masih hampir sama.

13. Reflektor

Bagian Mikroskop ini terletak di bagian bawah dari mikroskop. Reflektor merupakan bagian bagian mikroskop yang masih tergolong cermin cekung dan cermin datar. Bagian ini berfungsi memantulkan cahaya ke meja mikroskop.
Tujuan dari di pantulkannya cahaya tersebut supaya benda yang berada di mejar mikroskop bisa teramati dengan baik.

14. Kondesor

bagian bagian mikroskop

Bagian yang bernama kondesor ini berfungsi sebagai alat yang mengumpulkan cahaya yang masuk. Letak dari sebuah kondesor ini berada di bawah meja mikroskop. Bagian mikroskop ini bisa di gerakan naik dan turun menggunakan mikrometer dan juga dapat di putar 360 derajat.

15. Sendi Inklinasi

bagian bagian mikroskop

Sendi inklinasi adalah bagain terkahir dari sebuah mikroskop fungsi dari bagian ini adalah mengatur kemiringan dari sebuah menda yang akan di amati. Sehingga dengan adanya bagian ini dapat memudahkan kalian ketika sedang melakukan sebuah pengmatan terhadap suatu benda.

Fungsi Dari Mikroskop

bagian bagian mikroskop

ikroskop adalah sebuah alat pengamatan yang sering di gunakan di laboratorium. Berikut adalah fungsi dari mikroskop yang perlu kalian ketahui.
– Berguna untuk mengamati benda yang berukuran sangat kecil dan tidak dapat di lihat oleh mata secara langsung.
– Fungsi berikutnya dari mikroskop akan masih berhubungan dengan fungsi yang pertama. Perbedaan hanya terdapat pada fungsi yang lebih lengkap. Misalnya ada beberapa mikroskop yang hanya bisa digunakan untuk melihat satu obyek saja tidak bisa lebih.

Jenis Jenis Mikroskop Gambar Beserta Keterangan

jenis jenis mikroskop

Jika tadi kita sudah membahas bagian bagian mikroskop, serta fungsi dari mikroskop rasanya kurang lengkap jika belum membahas jenis-jenis mikroskop. Berikut adalah gambar beserta keterangan dari jenis jenis mikroskop :

1. Pengertian dan Gambar Mikroskop SEM (Scanning Electron Miscroscope)

bagian bagian mikroskop

Mikroskop ini adalah salah satu mikroskop varian electron yang perbesaranya mencapai 0.1nm. Apabila mikroskop ini digunakan cahaya yang di hasilkan electron akan di arahkan ke lensa magnet lalu di lanjutkan ke pemindai objek pada koil detector.

Soal hasil dari pengamatan akan langsung di tampilan pada layar monitor. Namun pada saat memakai mikroskop ini pastikan berada di tempat yang vakum. Mikroskop jenis ini sering digunakan untuk melihat permukaan sel atau jaringan palisade.

2. Pengertian dan Gambar Mikroskop Pendar

bagian bagian mikroskop

Mikroskop pendar adalah sebuah mikroskop yang cara kerjanya menggunakan teknologi cahaya fluorescence. Mikroskop ini akan mengamati struktur protein yang berada pada antigen mahluk hidup.

Mikroskop ini juga sering digunakan untuk kegiatan penelitian yang masih ada kaitanya dengan teknologi untuk mencari sebuah obat dari sebuah penyakit tertentu.

3. Pengertian dan Gambar Mikroskop Monokuler

bagian bagian mikroskop

Jenis mikroskop monokuler ini hanya menyediakan satu jenis lensa okuler dan pengoperasianya mengguanakan cahaya. Cara untuk mendapatkan perbesaran secara optimal, bagi kalian yang menggunakan mikroskop ini harus bisa memutar fokus perbesaran yang sudah tersedia.

Lantaran hanya mempunyai satu jenis lensa, mikroskop yang satu ini hanya dapat melihat benda yang sederhana contohnya seperti melihat sel tumbuhan dan jaringan otot.

4. Pengertian dan Gambar Binokuler

bagian bagian mikroskop

Jenis mikroskop binokuler ini mempunyai dua lensa yang dapat membatu untuk menyempurnakan pada saat penerimaan cahaya. Untuk perbesaran pengamatan benda juga akan lebih sempurna jika menggunakan dua jenis lensa dalam satu mikroskop.

Jika kalian menggunakan mikroskop binokuler ini semua objek benda yang berukuran sangat kecil dapat bisa dilihat dan di amati dengan baik. Mikroskop binokuler ini dapat kalian jumpai di sekolah, rumah sakit dan laboratorium lembaga penelitian.

5. Pengertian dan Gambar Mikroskop TEM

bagian bagian mikroskop

Jenis mikroskop yang ini berbeda dengan yang lain karena mikroskop ini mampu melakukan perbesaran lebih tinggi dari pada mikroskop yang lainya. Ukuran perbesaran dari mikroskop ini adalah 1.01-0.02nm.

Hasil dari cara kerja mikroskop ini lebih baik dan lebih akurat. Jadi mikroskop elektron sering di pakai untuk melakukan pengamatan berbagai macam patologi sel maupun morfologi.

6. Pengertian dan Gambar Mikroskop Ultraviolet

bagian bagian mikroskop

Mikroskop ultaviolet ini adalah salah satu jenis dari banyaknya jenis mikroskop yang sering dipakai. Mikroskop yang satu ini cara kerjanya menggunakan panjang gelombang ultraviolet untuk melihat benda perparat yang ukuranya sangat kecil.

Perbesaran dari mikroskop ultraviolet ini lebih besar dari mikroskop pada umumnya. Hasil dari mikroskop ultraviolet ini dapat di lihat memakai photografi plate. Mikroskop jenis ini sering digunakan untuk melihat patologi sebuah penyakit dalam tubuh seorang manusia.

7. Pengertian dan Gambar Mikroskop Stereo

bagian bagian mikroskop

Jenis mikroskop ini sama dengan mikroskop TEM dan mikroskop SEM yang merupakan sebuah mikroskop elektron. Perbesaran dari mikroskop stereo ini 7x sampai 30x sangat ideal. Mikroskop ini memiliki akurasi yang lebih tinggi di bandingkan mikroskop TEM dan SEM.

Hasil dari pengamatan melalui mikroskop ini berupa sebuah gambar dengan kualitas 3D. Pada bagian-bagian mikroskop tetap sama seperti pada umunya.

8. Pengertian dan Gambar Mikroskop Terang

bagian bagian mikroskop

Jenis mikroskop yang satu ini merupakan sebuah mikroskop cahaya yang fungsinya untuk melihat dan mengamati sebuah benda yang berukuran sangat kecil. Contoh benda yang sering diamati menggunakan mikroskop terang ini adalah sel atau nano.

Mikroskop Terang ini mempunyai sebuah keunikan yang berada pada lensa khusus yang hanya dapat menampilkan efek terang pada benda tersebut. Jadi bila benda yang sedang di amati itu bergerak, benda itu akan berganti menjadi warna gelap.

9. Pengertian dan Gambar Mikroskop Face Kontras

bagian bagian mikroskop

Mikroskop ini masih sama denga mikroskop terang yakni merupakan jenis mikroskop cahaya. Mikroskop ini bisa melakukan perbesaran hingga 1000x dari ukuran aslinya. Fungsi dari mikroskop ini digunakan untuk mengamati sebuah bakteri atau virus.

10. Pengertian dan Gambar Mikroskop Medan Gelap

bagian bagian mikroskop

Mikroskop ini mempunyai cara kerja yang berbeda dengan mikroskop pada umumnya. Ada bagian yang tidak semua mikroskop memilikinya yakni kondensor. Namun mikroskop medan gelap ini memilikinya dan mempunyai kemampuan membentuk sebuah kerucut yang di hasilakan dari bekas cahaya.

Cara kerja dari mikroskop medan gelap ini pada saat cahaya masuk, berkasnya secara cepat di pantulkan pada gelas perparat menggunakan sudut yang begitu kecil. Sehingga nanti perbesaran dan beberapa rincian yang di tunjukan di gelas preparat akan mendekati gambaran asli organisme.

Sekian ulasan dari dimasfan tentang bagian bagian mikroskop, semoga nantinya bisa bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa share ke teman-teman kalian supaya mereka mengerti apa saja bagian bagian mikroskop dan bagaimana cara kerja dari mikroskop tersebut.

Terima kasih

Tinggalkan komentar