45

√ Apa Arti dan Pengertian COD dalam Transaksi Bisnis Online?

Apa arti COD ? – Pada kesempatan kali ini dimas akan membahas apa arti cod. Kata COD sering kali kita dengar dalam transaksi jual beli online, jika kamu adalah seorang pebisnis online maka sudah tidak asing dengan kata ini. Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya apa itu cod?

Pada artikel ini kita akan membahasnya secara detail arti cod dalam online shop. COD sendiri memiliki kepanjangan yakni Cash On Delivery. Baik kita tidak usah berlama lama mari simak penjelasan singkatnya dan bagaimana cara melakukan cod.

Apa Arti Cod Dalam Online Shop ?

apa-arti-cod-dalam-online-shop
sumber gambar : dimasfan.com

Di awal kita sudah bahas bahwa cod adalah salah satu layanan transaksi jual beli online. Dengan cara pembeli bersedia untuk membayar barang yang sudah di pesan, jika pihak penjual sudah mengantarkan barang sampai ke tempat atau alamat tujuan. Pengantaran bisa di tujukan ke rumah, kantor, sekolah, pesantren, hotel, apartement yang sudah tertera di form pemesanan.

Baca Juga : Nama Online Shop Yang Belum Terpakai

Bahkan tidak sedikit orang yang mengartikan bahwa cod hanya ketemuan saja, padahal Cash On Delivery ini adalah salah satu pelayanan yang bisa di bilang sangat ekstra. Karna penjual harus mengantarkan barang sampai ke alamat tujuan.

Ketika kamu transaksi barang online baik itu di instagram, marketplace (tokopedia, shopee, bukalapak) biasaya sering melihat tulisa free ongkir , nah itu juga menjadi salah satu keuntungan kita jika memesan barang dengan gratis ongkos pengiriman. Jadi jangan lupa ya manfaatkan fitur yang satu ini.

Pengertian COD (Cash On Delivery)?

pengertian-cod
sumber gambar : dimasfan.com

Dari pengertian atau penjelasan singkat diatas sekarang kita beralih ke pengertian cod. Cod berasal dari dua kata “Cash” dan “Delivery”, untuk penjelasan nya cod adalah satu layanan yang dilakukan konsumen memiliki kesepakatan dengan customer untuk membayar jika barang yang dipesan itu sudah sampai ke alamat tujuan.

Jangkauan Layanan COD (Cash On Delivery)

jangkauan-layanan-cod
sumber gambar : dimasfan.com

Nah pengetahuan yang satu ini sangat penting untuk kamu yang baru melakukan transaksi online atau beli barang di toko online. Cod tidak bisa dilakukan di seluruh wilayah. Kenapa seperti itu? logikanya barang yang kita pesan berada di kota Yogyakarta sedangkan kita berada di Jakarta.

Apakah kamu mau menanggung biaya tiket PP Yogyakarta – Jakarta? tentu tidak bukan?. Jadi, layanan cod hanya dapat dilakukan di satu kota saja atau satu kabupaten. Terkadang ongkir yang sudah di tetapkan lebih, contoh yang sudah di tetapkan 15.000 tapi kita disuruh tambah 2.000, itu bisa terjadi.

Mengapa seperti itu? Tentu hal ini sangat wajar, bisa jadi lokasi kamu jauh dari jangkauan layanan cod yang sudah di tetapkan oleh penjual atau perusahaan, namun tergantung kesepakatan juga di awal bagaimana.

Keuntungan Layanan COD (Cash On Delivery)

keuntungan-cod
sumber gambar : dimasfan.com

Jika kamu menggunakan layanan cod ini ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan. Contohnya seperti kamu langsung melihat kondisi barang, bahkan bisa mencobanya terlebih dahulu. Berbeda dengan transaksi menggunakan jasa ekspekdisi seperti cargo, jne, jnt kita tidak bisa melihat bagaimana kondisi barang yang kita pesan.

Keuntungan cash on delivery berikutnya adalah kamu bisa menawar harga atau melakukan negosiasi dengan penjual. Dan yang terpenting pembeli tidak kehilangan uang untuk biaya ongkos kirim dan tidak takut tertipu ketika beli di online shop (hal ini berlaku untuk layanan cod ya).

Keuntungan bagi penjual juga ada, dengan menyediakan layanan cod penjual atau online shop tersebut menjadi terpercaya bahwa ia terpercaya tidak abal-abal. Dan siapa tau kalau customer tadi mempromosikan toko online anda ke sanak saudaranya, teman, sahabatnya, pacarnya.

Namun semua pasti ada keuntungan kerugian, risiko dari penjual jika menyediakan layanan cod ia harus merelakan ongkos untuk jalan dan baran yang diantar tidak jadi dibeli oleh customer. Nah itu tadi pembahasan singkat dari pengertian cod.

Semoga bermanfaat buat kamu yang baru mengenal dunia online atau baru bermain online shop. Jangan lupa share ke teman-teman kalian ya. Karna sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply