Apa Itu SEO? Pengertian SEO Lengkap Untuk Pemula !

Bagi seseorang yang memiliki bisnis online atau yang mempunyai blog, perlu buat mereka belajar seo wordpress. Karena SEO sendiri sangat banyak sekali manfaatnya salah satunya dengan memperkenalkan produknya atau jasa yang sedang di kembangkan melalui mesin pencari Google. Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini sudah di jelaskan secara detail apa itu SEO.

Pengertian SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization, suatu cara yang dilakukan para Internet Marketer untuk membuat website yang mereka optimasi berada di halaman satu Google. Jadi pada saat orang lain memasukan kata kunci di Google, maka website merekalah yang akan tampil di halaman satu Google.

Misalnya, ketika seseorang memasukan kata kunci : pengertian HAM, apabila mereka sudah pandai dalam mengoptimasi website yang mereka bangun dengan teknik SEO, maka yang tampil pada halaman satu Google adalah website mereka. Jadi, banyak orang yang tertarik untuk membuka website dan membeli produk atau menggunakan jasa yang di tawarkan pada website tersebut.

Contoh penggunaan teknik SEO, sehingga website ada pada halaman pertama Google

Jenis Teknik SEO

Pada teknik optimasinya terbagi menjadi 3 macam, diantaranya :

  • White Hat SEO

Teknik ini sering disebut dengan main bersih, atau tidak curang, teknik yang pertama ini cara kerjanya dengan mentaati peraturan-peraturan Search Engine. Cara kerja teknik ini pada saat penulisan artikel, tulisan yang kita buat asli bukan hasil dari copy paste dari tulisan orang lain, pada saat kita membuat artikel pastikan tulisan kita mudah dibaca dan dipahami oleh orang yag membaca. Kesesuaian antara isi dan judul baik itu tulisan sangat mempengaruhi kualitas dari artikel yang kita buat.

Pada intinya saat optimasi website menggunakan cara ini kita harus menyiapkan artikel ori asli buatan kita sendiri, yang sudah sesuai dengan peraturan dengan itu popularitas website kita akan naik dengan perlahan. Teknik SEO ininmembutuhkan keuletan dan konsentrasi yang tinggi, namun tetaplah yakin karena pada saat kita menggunakan teknik ini, akan ada keberhakan didalamnya karena usaha yang kita keluarkan murni menggunakan cara yang baik.

  • Black Hat SEO

Teknik yang kedua ini sering disebut dengan istilah Black Hat yakni berbanding terbalik dengan White Hat Seo. Pengertian dari Black Hat Seoini adalah meningkatkan popularitas website dengan tidak menerapkan peraturan yang sudah di tetapkan oleh Search Engine. Apabila anda melakukan teknik ini dapat dibilang anda sedang melanggar aturan. Ada beberapa contoh dari teknik yang satu ini diantaranya : ternak link, spamming comment di website/blog, dan masih banyak yang lainya.

Apabila kalian melakukan teknik ini, maka teknik ini dapat mendatangkan traffic dengan sangat cepat, akan tetapi tidak ada akibatnya pasti ada dengan traffic yang datang begitu cepat maka tidak bertahan lama traffic tersebut akan hilang dengan cepat juga.

  •  Gray Hat SEO

Pada teknik yang ketiga ini adalah gabungan dari teknik white hat dan black hat seo. Teknik ini bisa dikatakan kejahatan yang di lakukan oleh Black Hat Seo ditutupi dengan White Hat Seo.

Teknik Seo ini dapat mendatangakan banyak sekali traffic pada website yang sedang anda optimasi. Keuntungan dari menggunakan teknik ini adalah traffic tidak cepat hilang karena masih adanya campuran teknik white dan black Seo.

Jenis Teknik Optimasi Seo

Pada saat optimasi website/blog dengan menggunakan teknik SEO, terdapat 2 jenis optimasi yang bisa kalian gunakan diantaranya Seo Onpage dan Offpage. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mencermati penjelasanya dibawah ini.

1. Seo Onpage

Pengertian Seo Onpage merupakan teknik optimasi yang dikerjakan dalam suatu website dengan cara memodifikasi beberapa faktor yang ada di dalamnya. Contohnya beberapa hal yang harus di modifikasi dalam sebuah artikel diantaranya : Title, Meta Description, Heading, URL, Image, dan Link to Site Authority.

2.  Seo Offpage

Pengertian Seo Offpage adalah teknik optimasi yang sistem pengerjaanya dikerjakan diluar website. Misalnya dengan cara membuat backlink yang berkualitas, atau saling bertukar link dalam sebuah komunitas.

Apa Saja Yang Bisa di Pasarkan di SEO?

Sepertinya hampir semua bisa dipasarkan lewat ilmu SEO, akan tetapi pada prinsipnya Seo sering digunakan untuk orang yang sedang mencari barang atau jasa. Biasanya orang yang mendalami dunia Internet Marketing ada dua sisi yang bisa mereka gunakan.

Pertama orang tersebut menggunakan cara SEO hanya ingin mendatangankan sebuah traffic visitor yang masuk kedalam website yang dioptimasi. Kemudian mereka hubungkan dengan Google Adsense, untuk mencairkan penghasilan yang mereka peroleh dari Google.

Kedua teknik SEO juga bisa digunakan untuk berjualan atau membangun toko online, baik itu jualan produk atau penawaran jasa. Pada intinya kedua teknik SEO ini bisa kalian gunakan cara optimasinya mudah hanya butuh kesabaran saja untuk menuggu hasilnya. Kurang lebih 3 bulan web/blog yang kamu optimasi mulai mendapatkan traffic.

Tinggalkan komentar