151

Apa Itu Ekspedisi? dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Menurut KBBI, pengertian atau definisi ekspedisi yakni pengiriman barang atau perusahaan pengangkut barang. Ekspedisi sendiri juga dapat penyelidikan ilmiah ke wilayah tertentu atau pengiriman logistik perang untuk para tentara.

Sangat banyak sekali pengertian dari kata ekspedisi yang pasti saat ini kita akan bahas secara detail tentang apa itu ekspedisi?

Pengertian Ekspedisi

Ekspedisi adalah pengiriman barang berdasarkan berat barang dan jarak kota yang ditempuh. Semakin berat barang yang diantar maka biayanya juga semakin mahal pula. Semakin jauh jarak yang dituju juga akan semakin mahal ongkos kirimnya.

Dengan adanya jasa ekspedisi memudahkan kita yang sering berbelanja online atau transaksi online untuk pengiriman barang yang kita pesan dari konsumen.

Setiap jasa ekspedisi memiliki kelas masing-masing misalnya kelas regular, atau express. Pasti kalian pernah bukan menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, JNT, WAHANA, TIKI, dan INDAH CARGO untuk mengirimkan barang yang kalian beli via online.

Nah kamu tau tidak perbedaanya pengiriman barang ekspedisi dan pengiriman cargo? Berikut penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Pengiriman Barang Ekspedisi dan Cargo

Sebenarnya tidak ada perbedaan di antara keduanya, meskipun pada dasarnya keduanya mempunyai tujuan yang sama yakni mengirimkan barang, baik itu secara dokumen maupun barang yang berskala besar.

Pengiriman barang sudah lama adanya yang dilakukan oleh para pebisnis dalam mengirimkan produk atau yang masih ada hubunganya dengan ekspor dan impor.

Berikut Perbedaan kecil antara keduanya :

Pengiriman Barang Ekspedisi

Pengiriman ritel dengan jumlah barang yang relatif kecil atau sedikit, dari jumlah juga disebut sebagai ekspedisi regular.

Pengiriman Barang Cargo

Sedangkan untuk pengiriman barang cargo adalah pengiriman barang dalam jumlah banyak. Hal ini lah yang kebanyakan orang menggunakan pengiriman cargo karna harganya jauh lebih murah.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Ekspedisi dalam Pengiriman Barang?

Setiap perusahaan pada saat menjalankan usaha ekspedisi pasti memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berbeda-beda. Ada yang mempermudah dalam pengiriman barang dan ada juga yang memiliki peraturan yang sangat ketat.

Namun dengan adanya peraturan ini akan menjamin pengiriman barang yang aman di bandingkan dengan peraturan yang mudah. Lantas bagaimana cara kerja ekspedisi-ekspedisi itu? simak caranya dibawah ini.

1. Barang yang Akan Dikirimkan

Tahap pertama dalam perusahaan ekspedisi adalah tersedianya barang yang akan dikirim, jika tidak perusahaan tidak akan bisa berjalan. Akan tetapi barang yang akan dikirim harus sudah sesuai peraturan dan bukan barang yang melanggar hukum.

2. Packing atau Pengemasan Barang

Untuk memastikan keselamatan barang yang akan dikirim tanpa ada kerusakan, jasa ekspedisi menetapkan metode atau pengemasan barang dengan hati-hati.

Namun ada beberapa barang yang harus dipacking dengan perlakuan khusus contohnya barang yang mudah pecah, atau berbentuk cairan yang mudah membusuk. Karena ada study kasus satu perusahaan tidak mau menerima barang jika tidak di kemas dengan baik.

3. Administrasi Dokumen

Nah dokumen yang dimaksud disini adalah pengurusan surat-surat administrasi dari bea cukai ataupun dari pihak terkait. Disini biasanya perusahaan jasa ekspedisi akan menguruskan semua kebutuhan administrasi dokumen yang anda perlukan.

Semoga dengan adanya artikel atau konten ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan bisa menambah wawasan anda cek artikel lainya di kumpulan artikel bisnis terbaru 2020.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply